Gue yakin, pasti di antara kita hampir semua pernah punya pengalaman belanja online. Senangnya bisa belanja tanpa harus pegel kaki ngelilingin ITC demi mendapat barang murah. Sebenarnya sih, harga yang ditawarkan sesama penjual online untuk jenis barang yang sama, kerapkali beti alias beda beda tipis.. makanya kita sebagai konsumen dituntut untuk lebih teliti dan rajin hunting kiri kanan demi mendapat barang yang murah.
Sebagai online buyer yang lumayan sering malang melintang mesen barang di dunia Online Shop (selanjutnya disebut OS), tidak semua seller mampu melayani pembelinya dengan baik.. ya hampir mirip seperti kalau kita pergi ke suatu toko tapi penjualnya lagi asik-asik SMS-an atau duduk-duduk ngobrol sambil makan kacang.. mereka ngga menyadari bahwa pelayanan yang baik dan memuaskan pastinya akan menjadikan pemasukan lebih untuk mereka.. tapi Alhamdulillah, jarang banget dapat penjual yang begitu.. alias paling hanya segelintir saja.. tapi itu ngga menjadikan gue kapok untuk berbelanja online..
Masih inget ngga? barang apa yang pertama dibeli secara online dan belinya dimana? Semenjak melek belanja secara online, barang pertama yang gue beli apalagi kalau bukan BUKU, beli di inibuku.com. Waktu pertama belanja online, MP belum memperbolehkan secara resmi adanya OS, jadi belum terlalu menjamur seperti sekarang, karena masih pada takut MP-nya ditutup. Tapi, semenjak kira-kira setahun lalu, akhirnya MP "menyerah" dengan tuntutan keadaan OS yang semakin banyak.
Dari berbagai pengalaman sebagai buyer, gue punya inputan penting buat penjual online, biar pembeli seneng belanja di OS-nya. Ini hanya sharing pengalaman, terutama yang sering menjadi penyebab, kenapa gue sebagai pembeli seneng window shopping kemana-mana dulu, sebelum memutuskan untuk membeli di satu tempat. Dan biasanya, gue akan setia belanja disitu.
1. Pisahkan OS dengan blog pribadi.
Blog pribadi memang tidak boleh dicampur-adukan di OS, karena ibarat kita punya toko, kehidupan pribadi kita tidak perlu selalu harus diketahui pembeli tooh.
2. Set OS for everyone.
Gue pernah menemukan OS yang harus menjadi teman dulu sebelum kita melihat-lihat produknya.. dan parahnya, kita yang harus add mereka, ibaratnya, kalo kita dateng tokonya tutup yaa pasti langsung balik badan tokh? Sok eksklusif.
3. Jangan berdagang melalui PM / postingan orang
Inget, PM adalah singkatan dari Personal Message, yang berarti, pesan-pesan yang ditujukan kepada si empunya secara personal, alias memang ada urusan dengan yang punya, bukan sekedar "nyebarin brosur", ngga etis. Apalagi masang iklan di dalam postingan orang. Maksud loe?
4. Pajang dagangan dengan lengkap.
- Paling enggak, ukuran foto tidak kurang dari 500x500 pixels, biar yang liat juga ngga jereng, detail musti lengkap, apalagi kalau barang 2nd, harus dikasi tau cacatnya dimana.
- Harga musti jelas
- Kelengkapan produk musti terlihat, apabila produknya ada beberapa item (biasanya barang elektronik), sebutkan isinya apa aja dengan jelas
- Untuk baju, detil baju terlihat, cacat dimana, bahannya apa, panjang berapa, lingkar dada berapa, warna sama seperti foto/terlihat lebih terang/gelap
5. Sebutkan cara pembayaran dengan detil
Mana pemesanan yang lebih diinginkan, lewat SMS kah, email kah, PM kah atau YM kah atau mengisi order form yang tersedia.
6. Balas pesanan dengan segera.
Terkadang, sebagai pembeli, pasti kita maunya serba cepat. Cepat pesen, cepat bales, cepat transfer, barangpun cepat dateng. Ngga perlu nunggu lama, ngga perlu pake lama. Karena, keinginan kita akan suatu barang, bisa ilang kalo setelah let say seminggu baru dibales, udah ilfil duluan plus lupa barang apaan yang pernah dipesen.
7. Pasang batas waktu booking yang jelas.
Kadangkala, ketidak-tegasan penjual bisa disalah gunakan sama pembeli.
8. Ramah sama pembeli.
Ngga perlu jutek, ngga perlu marah. Memang yang namanya pembeli ada seribu satu sifat, tapi kalau OS-nya tegas, pembeli juga segen kok, inget, OS ada jutaan di dunia internet ini, dan mereka pun menjual barang yang kita mau. Kalau belum apa-apa udah jutek, masih banyak kok OS lainnya.
9. Pelayanan after sales yang baik.
Terutama kalau beli barang elektronik. Gue pernah punya pengalaman, beli barang elektronik di salah satu OS, ternyata barangnya rusak. Ngga pake nanya apa-apa lagi, spare part barang yang rusak langsung diganti besoknya. Nilai plus plus plus banget buat gue.
Beberapa OS favorit gue (ngga papa kan sedikit mengiklankan jerih payah penjual? ibarat kata, "kalau Anda puas, beritahu teman-teman, kalau Anda lemas (eh tidak puas) beri tahu kami")
Buku: Toko-nya mba Titin
Kue: Kotak Kue punyanya Keluarga Sirkus
Baju Muslim: Faris Collection nya mba Mila
Tas/Dompet: Sarah Collections nya mba Lena
Mainan: Toko-nya mba Putri
Nah, kalau masih ada yang perlu ditambahkan, monggo lhoo.. tapi ingat, ini gue beberkan berdasarkan pengalaman pribadi sebagai BUYER.. Next part, gue akan bikin pengalaman pribadi gue sebagai SELLER. Biar balance tokh.. :)
Semangaaat semangat jualaaaan!!!
*gambar digeret dari sini
mb, aku pasang di link-ku, ya ...
ReplyDelete*kebetulan sering geuleuh ngadepin OS yang hobby melakukan kesalahan #3
sama mba.. aku seringkali lapor ke pihak Multiply dengan alasan tidak tau etika. bodo amat
ReplyDeleteUdah ta' taruh, mb ...
ReplyDeletejust in case: ini link-nya.
http://revinaoctavianitadr.multiply.com/links/item/14/Wajib_dibaca_oleh_para_seller
*maaf, gak pake href-href an.
ribet sambil nenenin keiva, niy. :p
loh, kok jadi mba sih, mba?! :p
ReplyDeletetrus ditanggepin enggak?
ReplyDeletethanks ya vin..
ReplyDelete*ngga mba lagi :p
lha iya thoo.. mosok mas? :D
ReplyDeleteya ditanggepin nya cuma salam tengkyu aja kalo laporannya diterima, selanjutnya tauk deh
ReplyDeleteHa ha berbalas pantun.
ReplyDeletekemarin sempet klik os langsing tanpa diet, dan diset just for contact :D
laporan, mb!
ReplyDeleteyang melirik link-ku itu udah sekitar 15 orang (sampe detik aku nulis reply yang ini). FYI: disana komennya emang sengaja aku tutup. :p
oke, aku naruh keiva dulu, ya ...
dah tepar dia!
*gantian ngelonin m'Agus :p
triaaa...tambahin satuu..
ReplyDeletejangan iklan lewat QN berkali2 atau berturut2 dlm 1 hari
bikin org/calon buyer sebel & malah meremove OS kita dr daftar contact-nya
itu Ida kotak kue kan yg dimaksud?
ReplyDeleteknapa dibilang keluarga sirkus?
pd ngebadut semua ya?
**kaboorrrr**
sama.. ku juga suka beli di inibuku.com.. selain dapat korting gede pun ga sampe seminggu udah sampe bukunya.. kalu ada yang tulalit (kertas kosong or robek), ga pake ribet udah diganti bukunya deh..
ReplyDeletesetuju tuh jeng, ga suka deh kalu mo dagang pake pm dan pamer diblog orang..
yuhuuu mamaK&K pidatonya mempan deh sampe sini..
nih setuju.. sering bete terima ginian..
ReplyDeleteiya dipostingan orang, ga etis ya..
ReplyDeletepaling tidak di guessbook sih gapapa..
naah iya.. sebenernya niat jualan ngga yaa kang? :)
ReplyDeletewalaah, mari ramai-ramai berkomen dimari... gitu yaakk..
ReplyDeletelaah kalo ngelonin mas Agus, Kayla kemanaa?
naaaahhh iya bener mbaa.. kadang malah QN nya ngga ada hubungannya sama jualannya, tapi menuh-2in inbox.. siip noted.
ReplyDeletehuuussshhh..jgn tanya2 ituuu...sensooorr..**lirik2 vina**
ReplyDeletelengkap mba, ngga cuma badut kok disitu.. hihihiiii
ReplyDelete*mumpung orangnya ngga liat komen*
iya mba.. selain di tempatnya mba Titin yang aku tulis ini, inibuku.com, kutukutubuku.com juga favoritku.. karena pilihan bukunya BUANYAAAAKKKKKK
ReplyDeletekalo QN menuh-2in Inbox doang sih mba Tin, tapi teteup ajaaa
ReplyDeletesometimes itu memang jd trik dagang sih
ReplyDeletebiar ga bosen/sebel sama QN yg isi jualan terus
di guestbook pun ada aturannya, ngga perlu pake ribet gambar, glitter-glitter ngga penting, cukup tulisan aja
ReplyDeleteihihihiiiiikkkkk... aku pun mauuuu dikeloniiiiiiiiiiiiinnn
ReplyDeleteemang ada apa lagi?
ReplyDelete**mumpung orgnya lagi ga liat**
pokoknya lengkap mbaa sampe tenda-tendanyaaa adaa..
ReplyDeleteuni cek semua nih link..hahaha
ReplyDeletebtw.. uni inget pertama kali belanja online itu beli sprei.. heheh sama mbak yuni. skrang masih kontak di MP..
beli baju pertama kali .. hem.. sama dirimu deh kayaknya.. :) puas bangeeet..
beli buku pertama kali.. gak mau disebut ah.. gak puas karena ada buku yang sesuai pesanan.. sekarang nyaman beli sama online book store yang di MP, yang udah jadi kontak duluan sebelum jadi penjual..^_^
makasih sharingnya buu..
tgl 31 juli ikutan kopdar MPID gak ?
dikelonin sapa? vina? **muka polos**
ReplyDeletehaaahhh? yg bener? **mlongo**
ReplyDeleteHigh five, m'Tintin!
ReplyDeleteService mereka memang wouke.
Pertama kali belanja dari mereka pas jaman m'Agus ada conference di Denpasar.
Jadi dari sini aku heboh milih-milih buku (yang mo aku list sebagai upetinya m'Agus), trus mereka (inibuku) ngirim pesenanku itu ke hotel tempat m'Agus nginep di Denpasar.
Kualitasnya enggak kalah jika dibandingin jaman sekitar 10 tahun yang lalu ketika aku masih rajin pesen buku via internet ke Gramedia. *_*
Corongnya lebar soalnya, mb. :p
ReplyDeleteEugh, kalo buat aku mah pa pa banget, mb.
ReplyDeleteYang jelas, kalo emang niat promosi ya jangan di halaman rumah orang lah.
Invest waktu dan energi dengan menulis PM, kek.
Atau minimal (pura-pura) mo kenal dengan si pemilik MP yang mo ditebengin iklannya itu atau gimana. Pinter-pinternya si seller aja lah.
Karena ibarat orang jualan di dunia nyata, kita juga pasti bakal sebel kalo tau-tau ada bakul yang nyanggongin rumah kita dan lalu ketok-ketok seenak udelnya minta dibukain pintu meminta waktu buat jualan, kan?
berita terkini:
ReplyDeletem'Agus batal dikelonin.
ternyata beliau udah tepar duluan.
hihi, selameeet (batinku girang! :p)
Sementara Kayla, udah mapan sejak jam 8.30-an tadi, mb.
Makanya aku berani ribut dimari sambil nenenin Keiva (tadi).
Karena satu persatu tanggunganku udah pada tumbang.
Nah, jadi giliran emaknye online sampe jereng, dooooong ...
(plus ngerusak jurnal orang lain juga!)
psst, kalo cuma kelon enggak perlu disensor, mb.
ReplyDeleteNah, kalo yang lebih pulgaro baru deh boleh direpan.
*dengan asumsi m'Maya dan m'Tria udah baca jurnal Pulgaro-ku, sehingga aku merasa enggak perlu ng-link :p
nyengir baca komen ini ...
ReplyDeletekarena jujur aja, kadang mataku emang suka perih kalo liat blog yang kebanyakan asesoris gitu, mb. Bahkan sampe ada yang komen reply pun nggak keliatan, loh! Saking ketutup ama background atau gambar yang bling-bling terlalu semangat itu.
Siniiiiii ...
ReplyDeleteKenapa?!
ReplyDeletem'Maya mau juga?
Ongkirnya mahil enggak siy, Ni?
ReplyDeletehehe, maklum! Dulu jaman di Bandung aku hobby nggresek ke Pasar Baru.
(uni tau arti kata nggresek kan, ya?)
Nah, trus suatu saat gitu aku liat ada temen yang jualan sprei.
Iseng lah aku browse jualannya itu.
Whedew, ternyata dia ngambil marginnya kebanyakan.
Udah gitu, ongkirnya mahil banget, pulak!
Wah, mending aku nggresek ke Pasar Baru aja lah ketimbang belanja online, pikirku waktu itu. Ehk, biasa emak-emak. Hitungannya detail pisaaaan ...
eh... ini MP nya tria apa vina sih ? hihihi
ReplyDeletebtw.. selameeet kenapa ituuuu ? hihihihi
aneeeh.. hahahahaha
sekarang uni milih beli langsung aja vin.. soalnya deket ama rumah :) di depan pasar modern BSD itu ada toko sprey lumayan..:))
ReplyDeleteiya pernah baca juga cerita vina yang ini.. trus buku2nya ditaroh di tas golfnya mas agus kan.. :D nyengir onta deh bacanya..
ReplyDeletehebat ke hotel juga mereka mau, tepat waktu pula..
paling tidak ku cuekin doang.. melirik ogah2..
ReplyDeletewalah semua tumbang jadi merdeka.. ntar giliran mereka sekolah dan masagus kerja, emaknya yang tumbang.. :D
ReplyDeletetahu ga vin, dari tadi ngakak baca bahasa mu itu loh.. di bambang disini juga..
ReplyDeletekebayang nasgor rasa evulgari apa tihai ya? eh disini ada corong lebar2.. bahasa maya banget gitu loh secara ini juga omongan maya2an kan?
paling asik kalu udah bulan diskon.. :D sampe 70% masa.. udah ga perlu keluar dan ga pake ongkos kirim pula, eh didiskon.. asik juga belanja online.. kalu diprotes malah diganti gratis lagi.. kaya gini kita jadi manja ya..
ReplyDeleteeh ada loh udah jadi temen, setelah ku ga pernah belanja malah diremove sama dia.. lucu juga.. kalu orang bertanya2 produk kan pengen tahu ya, blom tentu juga pengen beli..
ReplyDeleteIni MPnya m'Tria.
ReplyDeleteTapi kan aku udah (merasa) jadi anak buahnya m'Ari di Aliansi Perusak Jurnal. :p
di guessbook ku ga ada yang gliter2 gitu deh ato bling2.. selama ini baru iklan baik2 saja.. kalu penuh2in mah mending tegorlah.. tapi justru malah kontak yang suka kirim kembang2 gitu segede gaban, selebar screeeeeeeeeeeeennn komputer.. udah protes malah dikirim lebih gede lagi.. untung masih sabar, kalu ga sabar tuh temen di remove aja kali ya..
ReplyDeletehaha!
ReplyDeleteInget aja niy m'Tintin.
Salut deh ama memorinya.
Eh, tapi tau enggak siy, mb?
Ternyata sebulan kemudian (entah kebetulan atau karena pihak-pihak terkait sempat membaca jurnalku itu -idih, GR banget!) ternyata tas golf mulai diperketat quota-nya. Asem beneeeer! Jadi ribet lagi deh kalo mo nyelundupin buku, mb.
monggo jeng.. sirupnya diminum.. ini, cobain lhoo mpek-mpek, saya baru beli di OS yang asli palembang..
ReplyDeleteUni: waah, bajunya beli dimana jeng?
Tria: oooo, ini di OS toko baju
mba Tintin: ada cemilan ngga jeng Tria
Tria: ada mba, silakan opak langsung dipesen dari Bandung lhoo, dikirim sehari sampe..
Vina: yuk Keiva, tante Tria udah beli tuh kolam renang di OS intex, main air yuuk sama kakaKeni..
whahahaaaa.. kenapa jadi pada ngerumpi disindang yaakkk... hihihihiiiii
Wakakak...:-D
ReplyDeletedaptar dulu tauuuu...
ReplyDelete*narik upeti dari calon anak buah*
Eemang jurnal apa yang dirusak siiih!!? Siapa perusak jurnal ituuuh?
ReplyDeletehaha!
ReplyDeleteUntung semalem bablas ketiduran ketika Keiva nglilir.
Jadi jurnal ini enggak semakin rusak oleh orang yang (merasa) sudah menjadi anggota Aliansi Perusak Jurnal (ngelirik ke ownernya aliansi)
Syarat adminnya apa aja, mb?
ReplyDeletePlease, PM ya ...
Sumpe, tertarik banget pengen jadi member.
sori OOT, maaf, mbak tria jadi order kaos kakinya ngga yahh? tolong reply PMku kalau memang ga jadi, biar kita sama2 enak, makasih.
ReplyDeleteTerima kasih atas infonya, meski aku kagak jualan.
ReplyDeleteSoalnya aku digiring ke sini oleh mba revinaoctavianitadr
hehehe tria beli kaos kaki ya ? titip ya ? hihihi
ReplyDeleteAku jugaaa ...
ReplyDeleteYang ada tempat buat jari-jari kakinya ya, mb!
Punyaku udah buluk, niy.
hihi, sempet mampir ke link saya itu ya, Pak?
ReplyDeleteJadi gimana tips-tips yang ditulis oleh ibu Tria ini?
Pas banget untuk dibaca para OS yang belakangan ini makin menjamur di MP, kan?
jadi mbaaaa... belum sempet liat lapaknya lagiii.. mau beli buat ponakanku juga.. sabar yaakk hihihiii :p
ReplyDeletebeneran nih? lucu-lucu lhoo kaos kakinyaa
ReplyDeletebeneran nih uni? kaos kakinya lucu-lucu dan murmer.. buruan gih kesana :)
ReplyDeleteokay, ditunggu yakk :)
ReplyDeletePM nya dah dibales mbaa..
ReplyDeleteko aku belum terima PM-nya yaaa??
ReplyDeletemakasih tips2-nya Mbak Tria *penting dicatet juga oleh saya yang punya OS juga hihihihi*
ReplyDeleteudah dari tadi mbaaa.. aku liat foldernya kok udah ngga ada yaa yg isinya kaos kaki semua?
ReplyDeleteapa tuuuh OSnyaaaah??
ReplyDeleteudah daritadi juga engga ada PM dari sis tria. kaos kaki readystock saat ini tinggal motif ben10 ama princess aja, duhh sori kalo reply disini cuz ga pernah nongol PMnya :(
ReplyDeletekok bisa gitu yaa? mp lg error kah? soalnya ada yg mau aku tanya niih :((
ReplyDeleteinfonya keren mbak..thanks banget yaaaaa
ReplyDeletemy pleasure.. sama-sama mba..
ReplyDeleteAbis baca postingan ibu keni, aku langsung belanja online.... 700 rb.... Hehehhehee... Emang peralatan kue sih. Di tengah hujan yg gak jelas, thnx GOD ada OS. 3 jam nganclep di warnet, telpon2an... Kelar juga. Tanpa harus desek2an di pasar dan jajan yg gak perlu. Keluar warnet hujan brenti. Enaknya sampe rumah barang sampe yaaaa
ReplyDeletewaaaaah.. asik asiiik.. aku belum pernah niih pesen kue di umi-nya adilia.. pengen deh nyobain black forest-nya yang konon oke betuuull.. :p enaknya belanja online ya gitu ra.. udah dapet harga murah, dengkul ngga perlu anjlok keliling ITC, barang nyampe di rumah tinggal unpacked deh.. hihiiii...
ReplyDeletejadi kangen opak beneran..
ReplyDeletegara2 ada yang taroh ganja diselang2 golf dan stik2 golf gitu jadi diperketat tuh..
ReplyDelete