Monday, August 17, 2009

Ibu Hamil boleh puasa kok.. Asaaaall....

Banyak sih memang pertanyaan yang pernah gue denger, mengenai boleh atau tidaknya bagi ibu hamil untuk berpuasa.. kalau gue pribadi, waktu hamil Kenisha, gue mencoba untuk tetap puasa di hari Senin dan Kamis.. karena memang dalam Islam, ibu hamil dan menyusui tidak diwajibkan untuk berpuasa..

“…Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin…” (Qs. Al-Baqarah [2]:184)

Begitu pula jawaban Ibnu ‘Umar radhiallahu’anhu ketika ditanya tentang wanita hamil yang khawatir terhadap anaknya, beliau menjawab, “Hendaklah berbuka dan memberi makan seorang miskin setiap hari yang ditinggalkan.”

Saat gue hamil, walaupun berpuasa, tapi gue tetap membayar fidyah sebulan penuh.. yaa semua gue pasrahkan kepada Alloh SWT.. karena gue merasa kuat untuk hamil.. tapi ada juga beberapa dalil yang mengharuskan untuk mengqada puasanya apabila sudah bisa berpuasa..

Begitu juga pada saat menyusui.. apabila dikhawatirkan akan membahayakan jiwa sang anak, maka berpuasa pun tak lagi wajib.. Alhamdulillah, tahun kemarin, gue bisa puasa full, karena juga gue belum mendapat menstruasi.. :))

Nah, gue pernah baca di salah satu majalah ibu dan anak, boleh saja berpuasa.. asalkan:
1. Kondisi Ibu dan bayi dalam keadaan sehat wal afiat..
2. Memperhatikan asupan makanan baik jenis maupun jumlahnya
3. Jangan lupa mengkonsumsi vitamin pada saat sahur, terutama asam folat yang baik untuk pertumbuhan otak bayi
4. Banyak minum pada saat sahur dan berbuka
5. Kurangi makan manis
6. Minum susu
7. Berolahraga ringan, tidak boleh lebih dari 30 menit sehari
8. Langsung hentikan puasa apabila tubuh dirasa sudah tidak kuat..
Alloh pun tidak menyukai segala sesuatu yang dipaksakan bukan??

Well, pro kontra berpuasa semasa hamil pasti ada.. tapi kalau kita memang kuat menjalani, kenapa tidak? itung-itung mengajari si kecil untuk berpuasa sejak masih dalam kandungan.. segitu dulu tips bagi bunda yang ingin berpuasa pada saat hamil.. semoga bermanfaat yaaa...

9 comments:

  1. dulu aku puasaaa.. alhamdulillah kuat :-)
    selamat puasa ya buuu!

    ReplyDelete
  2. Dan sampe detik ini masih inget secara detail lalu kemudian me-repost-nya di blog? Gileeee, keren banget memorimu, mb. Serius, i envy u ...

    ReplyDelete
  3. okeee buuuu...
    makasih tipsnya...
    selamat berpuasaaa

    ReplyDelete
  4. karena aku langsung praktekin waktu puasa.. jadi masih inget jeng..
    semuanya make sense kaan? ngga hamil aja juga harusnya seperti itu tokh :p

    ReplyDelete
  5. sama-sama mbak May... 3F udah puasa juga belum nih??

    ReplyDelete
  6. wah hebat mamakeni tetep puasa.. ku jadi sirik kapan bisa hamil hikkzz.. semoga ibadahnya nambah berkah ya.. keni sudah bisa diajak puasa setengah hari kah?

    ReplyDelete
  7. Amin.. Insya Alloh mbaaakk... kalau Keni sih belum tau deh nih planning nya gimana, musti diskusi dulu deh sama papinyah.. :p

    ReplyDelete
  8. puasa besok, pas lagi hamil gak ? :-D
    pengalaman hamil Bram, pas fit ya puasa, pas ditengah2 hari kok lemes banget ya berbuka
    tetep bayar fidyah full, untuk mengganti puasanya, masih ngutang niy, belum lunas ...hihi *bandel*

    ReplyDelete
  9. hahahaaaa.. ngga tau deh buuu... jangan dulu aahh.. :p
    samaaa aku jg masih ngutaaang..
    *ssttt... jgn bilang-bilang yaaak..*

    ReplyDelete