Tuesday, November 17, 2009

Hati-hati ya nak..

Setelah hampir sebulan merasakan nikmatnya jadi warga "pinggiran", gue yang punya nama tengah "penjelajah" ini (halaaah lebay) hampir tiap hari melewati rute-rute aneh, baik itu pergi/pulang mall atau cuma sekedar jalan-jalan berwisata kuliner..

Rute jalan radar AURI, udah sangat jarang gue lewatin, walaupun disitu ada restoran Soto Kwali yang rasanya agak mirip Soto Kudus tapi lebih ber-lada (nanti deh dibikin review sendiri).. atau sembari lewat ambil cucian di kiloan "Umbah-Umbah"..

Sekarang ini, gue lebih seneng lewat jalan yang namanya Taruna Jaya, lebih sering sepi ketimbang harus gambling macet enggak kalau lewat radar AURI.. hanya gue harus mewaspadai waktu bubaran sekolah, karena gue itung ada lebih dari 5 sekolahan yang pastinya kalau pulang atau masuk sekolah menjadi lebih macet dari biasanya.. dari mulai angkot ngetem, mobil berhenti nurunin/naikin anak, sampe anak-anak tanggung ABG yang bikin senewen naik motor dengan sembarangan..

Untuk yang terakhir ini, apa yang bisa gue lakukan saat ini sebagai ibu hamil.. dari pada nyumpah-nyumpah ntar amit-amit nurun ke jabang bayi, mending gue narik napas panjaaaaaaaaaaaaaaaaaang sambil mengelus dada.. yang gue heran, peran orang tua dimana sih, anaknya yang masih SMP jelas-jelas pasti mereka belum punya SIM, udah dibolehin bawa motor sendiri.. kalau mereka dengan tertib bawa motor sih mending.. nah dosa si anak-anak ini yang bikin gue senewen:
1. Naiknya udah pasti ngga pake HELM
2. Bawa temen 2 orang alias 1 motor bertiga
3. Jalannya zig-zag
4. Ngga mau ngalah sama mobil
5. Bawa motor sambil ngerokok!!!

Seperti juga yang pernah gue liat di acara gosip, almarhum aktor sinetron Adi Firansyah, dia naik motor bertabrakan sama motor yang dikendarai oleh anak umur 10 tahun!!
Masya Alloh.. coba deh, kemana orang tua waktu si anak ijin mau jalan naik motor??

Nyokap gue pernah dinasehatin sama mantan bos-nya bokap, katanya, biarpun kamu punya uang atau ngga punya uang, jangan sampai membelikan anakmu motor.. jadi jangan heran, walaupun gue pengen banget bisa naik motor, tetep aja ngga dikasi beli motor, biarpun gue mau beli sendiri..!!
Bukannya gue anti sama orang naik motor, ini lebih spesifik ke anak-anak yang naik motor.. mereka taunya cuma make doang, tapi belum mengerti etika serta tanggung jawab berkendara di jalan raya.. pada akhirnya, apabila terjadi apa-apa, baru orang tua nangis bombay menyesal..

Gue berharap, as a smart parents, kita ngga akan mau membelikan motor atau meminjamkan motor ke anak-anak kita yang belum bisa bertanggung jawab.. lebih baik mencegah, daripada menyesal nantinya..

gambar nyomot di sini

25 comments:

  1. masih anak2 udah nyetir motor ??

    yg gebleg ortunya (maap ye), ngapain siy dikasih ijin ? Kao alasannya supaya praktis dll, ya mbok dikasih nasehat yg mengena di hati anak2 agar hati2 + ikuti aturan.

    gw ngeri, kalau dibiasakan ga pake aturan akan terbawa hingga dewasa, walahhh gimana yaaa ??

    Jangan sampaiiii .. ketok palu 3 kali !

    ReplyDelete
  2. wah masa sih umur 10 tahun boleh naik motor? sembarangan pula sampe nyawa orang lain.. ortunya cuek kali ya sama masalah sendiri sudah mumet dan ga ngawasin anaknya bergaul sama siapa dan kemana saja naik apa saja.. emang kudu bertanggung jawab.. bukan hanya motor.. bersepeda dan bermobil juga punya tanggung jawab.. gara2 biang macet kebanyakan motor.. pemerintah kudu membatasi produsen motor nih..
    pembantuku tuh motornya 4 loh.. anaknya 2.. suami istri punya motor sendiri.. karena kata mereka hanya itu yang mereka sanggup beli dan pun mereka punya kepentingan sendiri2.. tetep kudu tanggung jawab juga..

    ReplyDelete
  3. maen dah kapan-kapan neh ke tempat kuuu

    ReplyDelete
  4. waaaaahhh.. makmur juga jadi asistennya mba tiiiin... huihihiiii.. :))

    ReplyDelete
  5. kagak usah jauh2, dimari juga segudang paku tuh anak2 pada nyetir motor (GRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR !!!)

    ReplyDelete
  6. meskipun mungkin secara skill dah mumpuni tapi secara emosional tentu saja anak-anak belum se-stabil orang dewasa
    cepet panasan, baru disalip, trus ngebut ngejar, gimana kalau tabrakan ? ortu juga yang harus tanggungjawab.
    aku siy rencana nyekolahin SMP dan SMA yg deket rumah aja, kalau gak jalan kaki ya naik sepeda ajah :)

    ReplyDelete
  7. bisa disebar dong, lumayan buka usaha tambal ban.. :pppp

    ReplyDelete
  8. bener, dengan diiringi doa restu sebelum berangkat sekolah..

    ReplyDelete
  9. Setuju. Kl blm berhak dpt sim gak boleh pk mtr.
    Harusnya orang tua yg diksh tau. Anak2 mah seumur gitu msh takut ama ortu.

    ReplyDelete
  10. berartiiiii?? ortunya udah males kali denger rengekan anak yg minta dipinjemin motor..

    ReplyDelete
  11. Iya, aku juga suka kesel banget sama ABG2 yg gak tau aturan di jalanan. Aku mempertanyakan didikan ortunya juga :-(

    Eh, Mba pindah ke mana kah?

    ReplyDelete
  12. maksud gw, tu jumlah anak2 yg pada pake motor ibarat jumlah paku yang ada di gudang paku. Hih pengennya dijitak satu2 deh :P

    Eh jadi inget !! Mobil pernah diseruduk sama motor, udah bisa ditebak yang nyetir motor maih pada abg. Abis deh gw tegor dan sampai gw suruh pada balik ke rumah masing2, jangan diterusin naik motornya. gw tungguin sampai pada balik semua (galak dot com ceritanya niy).

    ReplyDelete
  13. motor emang resiko tinggi kalo ampe kecelakaan..
    sayang suami gue ngerasa ok aja kalo ntar izan mau punya motor..
    tapiii tetep berharap izan nga akan prnah mau pake motor..

    ReplyDelete
  14. tapi kalo motornya kaya digambar sih izan makin cakep bawanya wakakaks..

    ReplyDelete
  15. iya, semua kembali ke didikan ortu..
    aku pindah ke cimanggis ma.. kapan-2 main yaa ke sini..

    ReplyDelete
  16. iya ngertiii buuuuuu... :))
    kmaren tuh gw udah kasi sign mo belok kanan, nyamber aja dari kanan lurus dgn santainyaaa, hggghhhhh...

    ReplyDelete
  17. asal sudah bisa beretika dan bertanggung jawab sih gpp mbak..

    ReplyDelete
  18. hihiii... keren kan fotonyaah.. :p

    ReplyDelete
  19. enaknya gimana tuh ya supaya pada kapok pok pokkk

    ReplyDelete
  20. Nyante aza lagi.....pasrah dah! tar darting bisa brabe loh....!!!

    ReplyDelete