Sunday, April 11, 2010

Sini tak kerokin..

kalimat di atas adalah kalimat favorit nyokap gue kalau ngeliat gue udah pusing-pusing, mual dan keringet dingin.. idiihh.. paling males kalo udah dikejar-kejar (literally, beneran dikejar) nyokap buat dikerokin.. menurut gue, aktifitas dikerokin adalah aktifitas menyakiti diri sendiri yang meninggalkan tanda merah-merah ngga penting, yang mem
buat si pengerok "bangga" dengan hasil kerjanya, sementara yang dikerokin meringis-meringis kesakitan.. walaupun katanya siih, kalo ngeroknya bener, ngga bakalan sakit.. makin merah, makin semangat dah tuh yang ngerokin..

kalau kita mengalami gejala masuk angin, yang ditandai dengan gejala seperti yang gue alamin di atas, memang di masyarakat jawa khususnya, dipercaya bisa disembuhkan dengan kerokan.. karena masuk angin, yang gue denger karena pembuluh darah mengalami penyempitan yang menyebabkan sekujur tubuh ngerasa sakit, naah, dengan kerokan, diharapkan pembuluh darah dapat membuka akibat gosokan antara koin dengan kulit..

aktifitas kerokan biasanya diawali dengan mengoleskan minyak kayu putih/minyak tawon atau segala jenis minyak pijet lainnya termasuk balsem, ke seluruh bagian punggung.. setelah itu, baru deh dikerok punggungnya dari atas kanan sampe ke bawah baru sebelah kiri.. setelah itu dikerok juga tengah-tengah punggung ke arah bawah.. ada juga yang mau dikerokin di dada bagian atas atau lengan atas.. jarang tuh ada yang minta kerokin di pantat atau paha sebelah dalem..

naah, setelah menikah, voila.. ternyata suami pun penggemar kerokan sejati.. masuk angin, badan ngerasa ngga enak, langsung deh minta dikerokin.. nah, kalau ngerokin orang, gue udah gape, akibat suka ngerokin nyokap yang emang hobi minta dikerokin.. pas deh.. okelah gue ngerokin asal jangan dikerokin.. heheee..

ternyata, soal kerokan ini punya cerita yang ironis juga.. temen gue pernah cerita, tantenya dia yang tinggal di Amerika, suatu ketika anaknya (usia SMP-an) masuk angin.. karena ngga enak badan, trus ijin dari sekolah pulang ke rumah.. sampe rumah, si anak mungkin udah terbiasa, yaa minta dikerokin sama ibunya.. besok paginya, si anak udah sekolah lagi.. mungkin karena pengaruh sakit kemarin, badan masih agak lemes.. dan betapa terkejutnya si guru ngeliat punggung anak itu merah-merah .. langsung dia disuruh ngaku bahwa dia di-abuse sama orang tuanya.. dan saat itu juga si ibu dijemput polisi di rumah.. walaupun si ibu udah ngasi penjelasan, kalau hal tersebut biasa dilakukan di Indonesia, tetep mereka ngga percaya.. akhirnya kedutaan sampe turun tangan menjelaskan masalah ini.. heheeee..

well, percaya ngga percaya, akhirnya, gue sekarang percaya kalau kerokan bisa "membuat kita merasa lebih baik" kalau masuk angin.. abis kerokan, minum teh anget, trus pasti bisa tidur pules..

foto nyomot di sini

13 comments:

  1. Mama (ku) juga sama aja, mb ...
    Dan percayalah, bahwa di keluargaku cuma aku yang paling enggak bisa menerima kasih sayang (or u can say:bentuk perhatian) dalam bentuk kerokan saat masuk angin.
    Thanks, but no thanks!

    *btw, itu foto anak siapa, yak?

    ReplyDelete
  2. tadinya aku juga gitu jeng.. tapi kalo udah tepar banget, pusing dan mual yg hebat, langsung dah dirayu suami.. hihiii..
    oiya.. itu udah aku link comotan fotonya.. :p lupa aku..

    ReplyDelete
  3. ya ampyun kejadian beneran kayak gini ya ?! :O
    bingung kali, metode apa pula ini ? :D

    ReplyDelete
  4. dari dulu ampe skrang, gue paling serem yg namanya kerokan...
    makanya pas suami minta kerokan, gue suka pura2 budeg hikss...

    ReplyDelete
  5. sama aja tuh, mas Alan juga kalau masuk angin minta kerokan
    dia siy kalau dikerokin merah2 wong kulitnya putih
    lha yg kulit coklat eskotis kek aku gini, mana bisa merah2 :)))) *gak tahan sakit juga*

    ReplyDelete
  6. iya bun.. beneraaan.. baru beres setelah kedutaan turun tangan.. heboh kaan..

    ReplyDelete
  7. nah lhoo.. psikologis atau gimana nih seremnya?

    ReplyDelete
  8. nah lhoo.. psikologis atau gimana nih seremnya?

    ReplyDelete
  9. jangan2 temen yang dilaporin gurunya sampe kedutaan turun tangan itu sodaraku yang di NY ya.. kejadiannya sama tuh disangka nge-abuse anaknya sendiri.. ribet bener budaya kita.. sekarang jamannya internet kasih aja link ini, kalu kerokan tuh udah "biasa" buat orang indonesia.. juga orang vietnam, cina, kamboja..

    asli ku juga lari2 kalu disuruh kerokan waktu kecil, hehehe.. mama tuh dikit2 pasti kerokan, tapi pernah tuh bulan puasa kemaren karena pasrah dan cape banget juga panas dingin, dan kerokan mama emang enak ga sakit2, ternyata abis kerokan seger juga..

    ReplyDelete
  10. aku ga suka bgt kerokan!
    eughhhhh

    *lariiii*

    ReplyDelete
  11. minum aja jahe yg banyak.. ilang deh anginnya...
    kalo ga doyan jahe... jahe nya buat pengganti koin kerok deh :p

    ReplyDelete
  12. hati2 kerikan kalau punya penyakit jantung. bisa lewat.
    hati2 juga kerikan kalau di tengah rel kereta. keretanya ga bisa lewat.

    ReplyDelete
  13. hihiih...kerokan is the best lah kalo masuk angin :) biarpun dokter ga kenal istilah masuk angin..kadang lebih manjur koin plus minyak kayu putih dibanding obat dari dokter tuh..

    ReplyDelete