Wednesday, December 23, 2009

Happy (Belated) Mother's Day!!

Sebagai seorang ibu dari seorang anak centil yang baru berusia 2 taun, gue merasa setiap hari ibu (padahal baru 2 kali ) ngga ada yang spesial.. karena tiap hari pun gue ngerasa spesial kalau dia lagi bermanja-manja sama gue... Pagi-pagi gue juga "cuma" cium pipi nyokap kiri kanan sambil bilang, Selamat Hari Ibu ya mam.. terima kasih sudah mau jadi ibu saya.. heheheeee...

Menyoal hari ibu, gue yakin banget, ngga ada ibu di dunia ini yang pingin anaknya celaka atau sengsara.. tapi tanpa disadari, mungkin ada sekitar 5 persen dari ibu-ibu ini yang ternyata tega mencelakakan atau bahkan mengabaikan anaknya..
Misalnya:
1. Yang paling ekstrim, ibu yang menyiksa anak kandungnya.. Astaghfirullah aladziiiimm... mau ngga mau pada kenyataannya memang ada ibu yang seperti itu..
2. Ibu yang menjual anak kandungnya.. karena masalah ekonomi, ibu ini tega menjual anaknya ke beberapa hidung belang.. bahkan konon keperawanan si anak dijual dengan harga 5 juta rupiah..
3. Ibu yang "secara tidak sengaja" mencelakakan anak

Poin ke 3 ini yang lumayan sering gue liat.. dari mana lagi kalau bukan dari lingkungan sekitar rumah.. selain banyak anak kecil yang naik motor tanpa pengamanan, ternyata banyak juga ibu-ibu yang membonceng anak dengan menempatkan anak di depan yang 99% tidak ada yang dipakaikan helm.. bukannya apa-apa, gue miris ngeliat si anak harus berjuang dari terpaan angin, belum lagi matanya pasti kelilipan debu.. dada anak kan belum sekuat dada orang dewasa, lha wong yang dewasa aja kayak suami gue pernah kena stroke ringan gara-gara kena angin malem naik motor.. (menurut dokternya).. gimana anak kecil sekitar umur 3-6 taunan?? malah tetangga di Bali ada yang anaknya sampai muntah darah.. katanya juga karena angin akibat sering dibonceng di depan... ternyata secara tidak disadari, ibu ini mem"bemper"i dirinya dari angin dengan anaknya.. miris kaan...

Karena gue juga ibu rumah tangga, setiap gue nganter kakaKeni sekolah, gue juga "berteman" dengan nanny-nanny anak yang diantar.. gue maklum kalau memang si ibu bekerja.. yang membuat gue sedikit sedih, di hari Sabtu pada saat si ibu tidak bekerja pun, si anak ditemani oleh sang nanny.. dan si ibu dengan asiknya ber"bb" di pojokan, yang melambai ke anak hanya apabila si anak memanggil dengan malas.. duuhhh...
betapa dia ngga menyadari, hanya sedikit waktu kita untuk bisa bersama anak kita.. banyak teman-teman yang bekerja mengeluh bahkan iri sama gue, karena mereka merasa belum meluangkan waktu yang cukup untuk anak-anaknya.. tapi ini? semoga teman-teman gue ngga ada yang seperti ini...


Well, tanpa disadari, Kenisha mengajarkan gue banyak hal.. dia udah mulai gede, mulai bisa protes, mulai ceriwis, yang pada akhirnya, sebagai seorang ibu, betapa gue baru menyadari banyaknya kekurangan gue sebagai seorang anak.. menjadi ibu adalah hal tersulit dalam hidup gue, tapi gue banyak belajar dari mama gue, yang baik gue ambil, yang jelek ngga gue ikutin.. gue hanya bisa berterima kasih atas semua ajaran yang pernah mama beri buat gue, ngga lupa yang terpenting, berterima kasih kepada Alloh, untuk seorang ibu yang luar biasa...

I Love You Mom..

5 comments:

  1. yup... !! uni pun merasakan hal yang sama setelah jadi ibu ^_^...
    mudah-mudahan kita bisa menjadi yang terbaik sesuai ukuran masing2 untuk anak2 kita ya tri.. amiiin.....

    ReplyDelete
  2. ternyata mirip emaknya.. selamat hari ibu juga buat mamakeni dan mamatria

    ReplyDelete
  3. Insya Alloh ya Uni...
    kiss kiss buat billa yaaa...

    ReplyDelete
  4. macaciiii?? emak ku kayak cina lho mbaaaa... kalo di pasar pasti dikira cina mualaf.. hahaha....

    ReplyDelete