Monday, December 7, 2009

Mama Menang Yamaha Mio!

Siang-siang yang panas, waktu lagi nungguin kakaKeni tidur, si mama tiba-tiba manggil keluar dari kamar,"Deeeeeeeeeeeeeee... mama ditelpon sama Telkom, katanya menang motor"..
gue yang lagi asik-asik main Rollercoaster Ride, ngangkat pantat dengan sangat malas.. hhmmm, another penipuan lagi, pikir gue langsung.. maklum, dasar manusia kan pikiran negatifnya nongol duluan..

Trus, ceritalah si mama, katanya orang Telkom nelpon bahwa telepon rumah di Cibubur menang Rejeki Tumpah nya Telkom.. mama katanya harus menghubungi seseorang dengan nama Bapak Haji Suhendar di nomor telepon 50296343.. gue semakin curiga, karena modus operandi kita diharuskan menelepon nomor tertentu juga udah common di dunia per-ndobos-an..

Mama langsung nyuruh gue untuk nelpon ke nomor tersebut, tapi gue ngga mau, soalnya banyak juga yang pernah terhipnotis lewat telepon, nanti kita disuruh ke ATM lah, suruh ini itu lah.. jadi, gue bilang yaa mama aja yang nelpon.. tapi okelah, karena mama agak sedikit "ngotot" akhirnya gue ikut mendengarkan percakapan mereka..

Awalnya, si bapak haji ini (nanti di akhir cerita gue kasi tau kenapa gue menekankan kata"haji" disini) "pura-pura" mengecek (kedengeran dari suara kertas yang dia bolak-balik) apakah benar mama adalah pemenang Yamaha MIO.. dan dia mengucapkan selamat bahwa memang benar mama adalah pemenang ke-2 dari Telkom.. hhmmm.. oke...
lalu dia bilang, kami tidak memungut biaya apapun, ibu siapkan saja:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi tagihan terakhir
3. Ibu harus membantu untuk promosi program yaitu dengan membeli voucher Simpati nominal Rp 100.000,- sebanyak 4 buah..
DUUUUAAAAAAAAAAAAARRRRR!!!!!

Sampai disini emak gue langsung gue tinggal, karena gue makin yakin kalau ini hanya penipuan aja.. penasaran gue langsung cek ke www.telkom.co.id dan benar aja kalau namanya mama BUKAN merupakan pemenang..
langsung gue tunjukkin halaman web-nya..
tapiiiii, si mama masiiih ngotot juga karena dia terus terang bilang sama si pak haji kalau dia masih ngga percaya.. tapi apa kata si bapak Suhendar??
"Ibu, siapkan saja semua persyaratannya, nanti penyerahan motor langsung diliput TV dan diserahkan langsung oleh DESI RATNASARI.. saya ini KEPALA TELKOM DIVRE JAKARTA TIMUR, dan saya ini SEORANG HAJI, saya tidak mungkin berbohong, masa Ibu tidak percaya sama saya??"

Maaf yaaa.. gue eneg banget kalau orang bawa-bawa predikat Haji, tapi jelas-jelas digunakan untuk tujuan yang ngga bener.. karena tetep penasaran, gue pun telpon langsung ke 147.
Yup.. semakin mendapat konfirmasi bahwa memang nama mama bukan pemenangnya.. dan gue juga melaporkan nomor telepon si penipu ini..

Akhirnya, mama pun percaya.. dan sekali lagi, penipuan makin marak dengan modus yang sangat beragam.. ngomongnya pun janji surga yang manis-manis aja..

CASE CLOSED!

Update terakhir:
Orangnya nelpon lagi, nanya gimana persyaratannya apa sudah dipenuhi.. langsung aja mama bilang, kalau dia sudah lihat di internet namanya tidak ada.. tau apa kata orang itu?
"ohh ya sudah" katanya enteng.. hhgggghhhhh..
ngga lama, gue ambil henpon, SMS ke 1717
"Pak, saya ingin mengadukan upaya penipuan undian mengatasnamakan PT Telkom, yang dilakukan oleh seseorang yang mengaku Kepala Telkom Divre Jakarta Timur, bapak Haji Suhendar di nomor telepon 50296343, mohon ditindaklanjuti, terima kasih"

DONE DEAL!!!!

26 comments:

  1. huh, ikutan gemessss ...untung mamanya-mamanya keni- (eyangnya keni dong ya)didampingi anaknya yg cek ricek dulu ya ...

    ReplyDelete
  2. itu dia shan, ngerinya kalo pas gue pelesir di kota, ilang deh duit ngga tau berapa lagi penipuan.. amit-amiiit jabang baby deh...

    ReplyDelete
  3. and u know what, mrk nyari2 telp yang udah lama pasang sehingga mostly yg ngangkat adalah orang yang udah sepuh...yang akan dengan mudah terkena tipuan krn hati mereka yang bersih...
    mertua sempet kena juga, disuruh ke ambas, akhirnya setelah dijelasin sama abi, baru ngerti...daaannn mereka nelp dooong ke rumahku yang emang sebenernya rumah nenek, expecting old people yg ngangkat, pas mereka ngomong blablabla...langsung aku blg: suruh ngambil di ambas ya? penipuan ya?
    mrk jawab: enggak, blablabla...
    aku tanya lg: ini kantornya di mana? biar sekalian saya bawa keluarga yang orang telkom...
    ditutup dunk telpnya hihihi...

    ReplyDelete
  4. untung gpp ^_^
    thanx to anaknya mama yang ngerti ^_~

    ReplyDelete
  5. jangankan via telpon...yang pemberitahuan tertulis ajah nipu..
    di depok pernah dapet surat pemberitahuan menang honda jazz dari karfur (kalo gak salah)....
    hihihi..lsg dibuang aja dah..

    ReplyDelete
  6. nah itu dia nad.. justru orang-2 sepuh memang perlu orang-2 kayak kita yang selalu punya pikiran negatif kali yaa.. (hanya untuk kasus kayak gini).. gue curiga dari awal adalah karena nomer telpon itu UDAH LAMA MATI dan baru aktif pas kita pindah aja, sekitar 1 bulan lalu.. kan aneh.. yaaah namanya orang nipu kalo ditanya maahh mana ngakuuu.. cape deeeeeehhh

    ReplyDelete
  7. iya mba.. nilainya ngga seberapa, tapi gedeg karena mau ditipu itu lhooh..

    ReplyDelete
  8. hahahaaa.. aku pernah mas... menang honda Jazz dari NOKIA.. hebatnya lagi, mereka punya POTONGAN KARTU GARANSI-nya.. ngambil dari pemulung kali yaa....

    ReplyDelete
  9. dasaaaaaaaaaaar penipuuuuuuuuuuuuuuu... ikut gemes juga,, soalnay mereka memang suka ngerjaain org tua.. jadi ingat, pernah ada teman yg mamanya sampe nangis2 telp, gara2 dibilang anaknya kecelakaan n lagi koma.. untung mamanya gak kena serangan jantung...

    ReplyDelete
  10. smoga dia mendapat ganjaran yang setimpal di dunia dan akhirat ....

    ReplyDelete
  11. hohoho mamanya sampe ngotot gitu.. heran ya masih gitu ada orang dengan berbagai cara menipu.. pake status haji pula..
    moga2 jadi pengalaman buat mama.. adikku juga kena tuh.. berhubung yang dihubungi orang "cerdas".. jadi adikku balik ngerjain.. :D

    ReplyDelete
  12. Kalau udah mulai pake bayar2, langsung deh slepeeetttt

    ReplyDelete
  13. akur mba Nad !
    Iya, pakde saya juga pernah kena' dan apesnya ... PERCAYA !!
    gubraks deh ....

    ReplyDelete
  14. tukang kebun dirumah pernah dapet tiket pemenang undian dari dalam bungkus sabun cuci R...so. Kasian krn udah seneng banget dia dapat uang puluhan juta. Waktu tiketnya saya periksa ternyata hasil print-an printer deskjet dg tinta suntik yg luntur. No yg harus dihubungi juga nomer henpun. waktu itu juga sulit sekali meyakinkan si pak kebun kalau itu penipuan.

    ReplyDelete
  15. nah yang kayak gini pakde ku pernah mba, sampe dia disuruh matiin henpon alesannya mau ada pengecekan padahal biar keluarganya ngga bisa ngehubungin dia..

    ReplyDelete
  16. aku pernah ditelpon tukang tipu gitu.. tak bacain ayat kursi mbaaa... :D :D :D

    ReplyDelete
  17. mbeerr.. persyaratan 1&2 sih meyakinkan..

    ReplyDelete
  18. padahal yang korban beginian udah banyak ya jeng..

    ReplyDelete
  19. nah biasanya mereka rela pinjam sana sini buat bayar "pajak"nya..

    ReplyDelete
  20. Skali lagi gebok aja pake bola boling biar nyaho..ho..ho!!!

    ReplyDelete
  21. nah itu dia salah satu kelemahan sistem undian pake' kertas2 yg mencantumkan data pribadi. yg waktu itu dapet surat palsu dari karfur juga ada potongan kertas tulisan tanganku, ada alamat, no telp dan no ktp segala
    harusnya kalau undian sudah selesai dilaksanakan, kertas undian yg gak menang tuh dimusnakahkan (disleder atau dibakar gitu) biar gak dimanfaatkan orang gak bertanggung jawab

    ReplyDelete
  22. skarang FWA tuh kayak nomer telpon biasa sih..

    ReplyDelete
  23. iihh.. mau banget.. kalo ketemu orangnya langsung tak gelontorin bola dah...

    ReplyDelete
  24. skarang mungkin udah banyak yg ngelaksanain shan.. jaman dulu belum musim penipuan mereka ngga kepikir sampe segitunya..

    ReplyDelete