Thursday, July 8, 2010

Tips untuk para Seller!

Gue yakin, pasti di antara kita hampir semua pernah punya pengalaman belanja online. Senangnya bisa belanja tanpa harus pegel kaki ngelilingin ITC demi mendapat barang murah. Sebenarnya sih, harga yang ditawarkan sesama penjual online untuk jenis barang yang sama, kerapkali beti alias beda beda tipis.. makanya kita sebagai konsumen dituntut untuk lebih teliti dan rajin hunting kiri kanan demi mendapat barang yang murah.

Sebagai online buyer yang lumayan sering malang melintang mesen barang di dunia Online Shop (selanjutnya disebut OS), tidak semua seller mampu melayani pembelinya dengan baik.. ya hampir mirip seperti kalau kita pergi ke suatu toko tapi penjualnya lagi asik-asik SMS-an atau duduk-duduk ngobrol sambil makan kacang.. mereka ngga menyadari bahwa pelayanan yang baik dan memuaskan pastinya akan menjadikan pemasukan lebih untuk mereka.. tapi Alhamdulillah, jarang banget dapat penjual yang begitu.. alias paling hanya segelintir saja.. tapi itu ngga menjadikan gue kapok untuk berbelanja online..

Masih inget ngga? barang apa yang pertama dibeli secara online dan belinya dimana? Semenjak melek belanja secara online, barang pertama yang gue beli apalagi kalau bukan BUKU, beli di inibuku.com. Waktu pertama belanja online, MP belum memperbolehkan secara resmi adanya OS, jadi belum terlalu menjamur seperti sekarang, karena masih pada takut MP-nya ditutup. Tapi, semenjak kira-kira setahun lalu, akhirnya MP "menyerah" dengan tuntutan keadaan OS yang semakin banyak.

Dari berbagai pengalaman sebagai buyer, gue punya inputan penting buat penjual online, biar pembeli seneng belanja di OS-nya. Ini hanya sharing pengalaman, terutama yang sering menjadi penyebab, kenapa gue sebagai pembeli seneng window shopping kemana-mana dulu, sebelum memutuskan untuk membeli di satu tempat. Dan biasanya, gue akan setia belanja disitu.

1. Pisahkan OS dengan blog pribadi.
Blog pribadi memang tidak boleh dicampur-adukan di OS, karena ibarat kita punya toko, kehidupan pribadi kita tidak perlu selalu harus diketahui pembeli tooh.

2. Set OS for everyone.
Gue pernah menemukan OS yang harus menjadi teman dulu sebelum kita melihat-lihat produknya.. dan parahnya, kita yang harus add mereka, ibaratnya, kalo kita dateng tokonya tutup yaa pasti langsung balik badan tokh? Sok eksklusif.

3. Jangan berdagang melalui PM / postingan orang
Inget, PM adalah singkatan dari Personal Message, yang berarti, pesan-pesan yang ditujukan kepada si empunya secara personal, alias memang ada urusan dengan yang punya, bukan sekedar "nyebarin brosur", ngga etis. Apalagi masang iklan di dalam postingan orang. Maksud loe?

4. Pajang dagangan dengan lengkap.
- Paling enggak, ukuran foto tidak kurang dari 500x500 pixels, biar yang liat juga ngga jereng, detail musti lengkap, apalagi kalau barang 2nd, harus dikasi tau cacatnya dimana.
- Harga musti jelas
- Kelengkapan produk musti terlihat, apabila produknya ada beberapa item (biasanya barang elektronik), sebutkan isinya apa aja dengan jelas
- Untuk baju, detil baju terlihat, cacat dimana, bahannya apa, panjang berapa, lingkar dada berapa, warna sama seperti foto/terlihat lebih terang/gelap

5. Sebutkan cara pembayaran dengan detil
Mana pemesanan yang lebih diinginkan, lewat SMS kah, email kah, PM kah atau YM kah atau mengisi order form yang tersedia.

6. Balas pesanan dengan segera.
Terkadang, sebagai pembeli, pasti kita maunya serba cepat. Cepat pesen, cepat bales, cepat transfer, barangpun cepat dateng. Ngga perlu nunggu lama, ngga perlu pake lama. Karena, keinginan kita akan suatu barang, bisa ilang kalo setelah let say seminggu baru dibales, udah ilfil duluan plus lupa barang apaan yang pernah dipesen.

7. Pasang batas waktu booking yang jelas.
Kadangkala, ketidak-tegasan penjual bisa disalah gunakan sama pembeli.

8. Ramah sama pembeli.
Ngga perlu jutek, ngga perlu marah. Memang yang namanya pembeli ada seribu satu sifat, tapi kalau OS-nya tegas, pembeli juga segen kok, inget, OS ada jutaan di dunia internet ini, dan mereka pun menjual barang yang kita mau. Kalau belum apa-apa udah jutek, masih banyak kok OS lainnya.

9. Pelayanan after sales yang baik.
Terutama kalau beli barang elektronik. Gue pernah punya pengalaman, beli barang elektronik di salah satu OS, ternyata barangnya rusak. Ngga pake nanya apa-apa lagi, spare part barang yang rusak langsung diganti besoknya. Nilai plus plus plus banget buat gue.

Beberapa OS favorit gue (ngga papa kan sedikit mengiklankan jerih payah penjual? ibarat kata, "kalau Anda puas, beritahu teman-teman, kalau Anda lemas (eh tidak puas) beri tahu kami")
Buku: Toko-nya mba Titin
Kue: Kotak Kue
punyanya Keluarga Sirkus
Baju Muslim: Faris Collection nya mba Mila
Tas/Dompet: Sarah Collections nya mba Lena
Mainan: Toko-nya mba Putri

Nah, kalau masih ada yang perlu ditambahkan, monggo lhoo.. tapi ingat, ini gue beberkan berdasarkan pengalaman pribadi sebagai BUYER.. Next part, gue akan bikin pengalaman pribadi gue sebagai SELLER. Biar balance tokh.. :)

Semangaaat semangat jualaaaan!!!

*gambar digeret dari sini

78 comments:

  1. mb, aku pasang di link-ku, ya ...
    *kebetulan sering geuleuh ngadepin OS yang hobby melakukan kesalahan #3

    ReplyDelete
  2. sama mba.. aku seringkali lapor ke pihak Multiply dengan alasan tidak tau etika. bodo amat

    ReplyDelete
  3. Udah ta' taruh, mb ...
    just in case: ini link-nya.

    http://revinaoctavianitadr.multiply.com/links/item/14/Wajib_dibaca_oleh_para_seller
    *maaf, gak pake href-href an.
    ribet sambil nenenin keiva, niy. :p

    ReplyDelete
  4. loh, kok jadi mba sih, mba?! :p

    ReplyDelete
  5. thanks ya vin..
    *ngga mba lagi :p

    ReplyDelete
  6. ya ditanggepin nya cuma salam tengkyu aja kalo laporannya diterima, selanjutnya tauk deh

    ReplyDelete
  7. Ha ha berbalas pantun.

    kemarin sempet klik os langsing tanpa diet, dan diset just for contact :D

    ReplyDelete
  8. laporan, mb!
    yang melirik link-ku itu udah sekitar 15 orang (sampe detik aku nulis reply yang ini). FYI: disana komennya emang sengaja aku tutup. :p

    oke, aku naruh keiva dulu, ya ...
    dah tepar dia!
    *gantian ngelonin m'Agus :p

    ReplyDelete
  9. triaaa...tambahin satuu..
    jangan iklan lewat QN berkali2 atau berturut2 dlm 1 hari
    bikin org/calon buyer sebel & malah meremove OS kita dr daftar contact-nya

    ReplyDelete
  10. itu Ida kotak kue kan yg dimaksud?
    knapa dibilang keluarga sirkus?
    pd ngebadut semua ya?
    **kaboorrrr**

    ReplyDelete
  11. sama.. ku juga suka beli di inibuku.com.. selain dapat korting gede pun ga sampe seminggu udah sampe bukunya.. kalu ada yang tulalit (kertas kosong or robek), ga pake ribet udah diganti bukunya deh..

    setuju tuh jeng, ga suka deh kalu mo dagang pake pm dan pamer diblog orang..

    yuhuuu mamaK&K pidatonya mempan deh sampe sini..

    ReplyDelete
  12. nih setuju.. sering bete terima ginian..

    ReplyDelete
  13. iya dipostingan orang, ga etis ya..
    paling tidak di guessbook sih gapapa..

    ReplyDelete
  14. naah iya.. sebenernya niat jualan ngga yaa kang? :)

    ReplyDelete
  15. walaah, mari ramai-ramai berkomen dimari... gitu yaakk..
    laah kalo ngelonin mas Agus, Kayla kemanaa?

    ReplyDelete
  16. naaaahhh iya bener mbaa.. kadang malah QN nya ngga ada hubungannya sama jualannya, tapi menuh-2in inbox.. siip noted.

    ReplyDelete
  17. huuussshhh..jgn tanya2 ituuu...sensooorr..**lirik2 vina**

    ReplyDelete
  18. lengkap mba, ngga cuma badut kok disitu.. hihihiiii
    *mumpung orangnya ngga liat komen*

    ReplyDelete
  19. iya mba.. selain di tempatnya mba Titin yang aku tulis ini, inibuku.com, kutukutubuku.com juga favoritku.. karena pilihan bukunya BUANYAAAAKKKKKK

    ReplyDelete
  20. kalo QN menuh-2in Inbox doang sih mba Tin, tapi teteup ajaaa

    ReplyDelete
  21. sometimes itu memang jd trik dagang sih
    biar ga bosen/sebel sama QN yg isi jualan terus

    ReplyDelete
  22. di guestbook pun ada aturannya, ngga perlu pake ribet gambar, glitter-glitter ngga penting, cukup tulisan aja

    ReplyDelete
  23. ihihihiiiiikkkkk... aku pun mauuuu dikeloniiiiiiiiiiiiinnn

    ReplyDelete
  24. emang ada apa lagi?
    **mumpung orgnya lagi ga liat**

    ReplyDelete
  25. pokoknya lengkap mbaa sampe tenda-tendanyaaa adaa..

    ReplyDelete
  26. uni cek semua nih link..hahaha

    btw.. uni inget pertama kali belanja online itu beli sprei.. heheh sama mbak yuni. skrang masih kontak di MP..

    beli baju pertama kali .. hem.. sama dirimu deh kayaknya.. :) puas bangeeet..

    beli buku pertama kali.. gak mau disebut ah.. gak puas karena ada buku yang sesuai pesanan.. sekarang nyaman beli sama online book store yang di MP, yang udah jadi kontak duluan sebelum jadi penjual..^_^

    makasih sharingnya buu..

    tgl 31 juli ikutan kopdar MPID gak ?

    ReplyDelete
  27. dikelonin sapa? vina? **muka polos**

    ReplyDelete
  28. High five, m'Tintin!
    Service mereka memang wouke.
    Pertama kali belanja dari mereka pas jaman m'Agus ada conference di Denpasar.
    Jadi dari sini aku heboh milih-milih buku (yang mo aku list sebagai upetinya m'Agus), trus mereka (inibuku) ngirim pesenanku itu ke hotel tempat m'Agus nginep di Denpasar.

    Kualitasnya enggak kalah jika dibandingin jaman sekitar 10 tahun yang lalu ketika aku masih rajin pesen buku via internet ke Gramedia. *_*

    ReplyDelete
  29. Corongnya lebar soalnya, mb. :p

    ReplyDelete
  30. Eugh, kalo buat aku mah pa pa banget, mb.
    Yang jelas, kalo emang niat promosi ya jangan di halaman rumah orang lah.
    Invest waktu dan energi dengan menulis PM, kek.
    Atau minimal (pura-pura) mo kenal dengan si pemilik MP yang mo ditebengin iklannya itu atau gimana. Pinter-pinternya si seller aja lah.

    Karena ibarat orang jualan di dunia nyata, kita juga pasti bakal sebel kalo tau-tau ada bakul yang nyanggongin rumah kita dan lalu ketok-ketok seenak udelnya minta dibukain pintu meminta waktu buat jualan, kan?

    ReplyDelete
  31. berita terkini:
    m'Agus batal dikelonin.
    ternyata beliau udah tepar duluan.
    hihi, selameeet (batinku girang! :p)

    Sementara Kayla, udah mapan sejak jam 8.30-an tadi, mb.
    Makanya aku berani ribut dimari sambil nenenin Keiva (tadi).
    Karena satu persatu tanggunganku udah pada tumbang.
    Nah, jadi giliran emaknye online sampe jereng, dooooong ...
    (plus ngerusak jurnal orang lain juga!)

    ReplyDelete
  32. psst, kalo cuma kelon enggak perlu disensor, mb.
    Nah, kalo yang lebih pulgaro baru deh boleh direpan.
    *dengan asumsi m'Maya dan m'Tria udah baca jurnal Pulgaro-ku, sehingga aku merasa enggak perlu ng-link :p

    ReplyDelete
  33. nyengir baca komen ini ...
    karena jujur aja, kadang mataku emang suka perih kalo liat blog yang kebanyakan asesoris gitu, mb. Bahkan sampe ada yang komen reply pun nggak keliatan, loh! Saking ketutup ama background atau gambar yang bling-bling terlalu semangat itu.

    ReplyDelete
  34. Ongkirnya mahil enggak siy, Ni?
    hehe, maklum! Dulu jaman di Bandung aku hobby nggresek ke Pasar Baru.
    (uni tau arti kata nggresek kan, ya?)

    Nah, trus suatu saat gitu aku liat ada temen yang jualan sprei.
    Iseng lah aku browse jualannya itu.
    Whedew, ternyata dia ngambil marginnya kebanyakan.
    Udah gitu, ongkirnya mahil banget, pulak!

    Wah, mending aku nggresek ke Pasar Baru aja lah ketimbang belanja online, pikirku waktu itu. Ehk, biasa emak-emak. Hitungannya detail pisaaaan ...

    ReplyDelete
  35. eh... ini MP nya tria apa vina sih ? hihihi

    btw.. selameeet kenapa ituuuu ? hihihihi

    aneeeh.. hahahahaha

    ReplyDelete
  36. sekarang uni milih beli langsung aja vin.. soalnya deket ama rumah :) di depan pasar modern BSD itu ada toko sprey lumayan..:))

    ReplyDelete
  37. iya pernah baca juga cerita vina yang ini.. trus buku2nya ditaroh di tas golfnya mas agus kan.. :D nyengir onta deh bacanya..
    hebat ke hotel juga mereka mau, tepat waktu pula..

    ReplyDelete
  38. paling tidak ku cuekin doang.. melirik ogah2..

    ReplyDelete
  39. walah semua tumbang jadi merdeka.. ntar giliran mereka sekolah dan masagus kerja, emaknya yang tumbang.. :D

    ReplyDelete
  40. tahu ga vin, dari tadi ngakak baca bahasa mu itu loh.. di bambang disini juga..
    kebayang nasgor rasa evulgari apa tihai ya? eh disini ada corong lebar2.. bahasa maya banget gitu loh secara ini juga omongan maya2an kan?

    ReplyDelete
  41. paling asik kalu udah bulan diskon.. :D sampe 70% masa.. udah ga perlu keluar dan ga pake ongkos kirim pula, eh didiskon.. asik juga belanja online.. kalu diprotes malah diganti gratis lagi.. kaya gini kita jadi manja ya..

    ReplyDelete
  42. eh ada loh udah jadi temen, setelah ku ga pernah belanja malah diremove sama dia.. lucu juga.. kalu orang bertanya2 produk kan pengen tahu ya, blom tentu juga pengen beli..

    ReplyDelete
  43. Ini MPnya m'Tria.
    Tapi kan aku udah (merasa) jadi anak buahnya m'Ari di Aliansi Perusak Jurnal. :p

    ReplyDelete
  44. di guessbook ku ga ada yang gliter2 gitu deh ato bling2.. selama ini baru iklan baik2 saja.. kalu penuh2in mah mending tegorlah.. tapi justru malah kontak yang suka kirim kembang2 gitu segede gaban, selebar screeeeeeeeeeeeennn komputer.. udah protes malah dikirim lebih gede lagi.. untung masih sabar, kalu ga sabar tuh temen di remove aja kali ya..

    ReplyDelete
  45. haha!
    Inget aja niy m'Tintin.
    Salut deh ama memorinya.

    Eh, tapi tau enggak siy, mb?
    Ternyata sebulan kemudian (entah kebetulan atau karena pihak-pihak terkait sempat membaca jurnalku itu -idih, GR banget!) ternyata tas golf mulai diperketat quota-nya. Asem beneeeer! Jadi ribet lagi deh kalo mo nyelundupin buku, mb.

    ReplyDelete
  46. monggo jeng.. sirupnya diminum.. ini, cobain lhoo mpek-mpek, saya baru beli di OS yang asli palembang..
    Uni: waah, bajunya beli dimana jeng?
    Tria: oooo, ini di OS toko baju
    mba Tintin: ada cemilan ngga jeng Tria
    Tria: ada mba, silakan opak langsung dipesen dari Bandung lhoo, dikirim sehari sampe..
    Vina: yuk Keiva, tante Tria udah beli tuh kolam renang di OS intex, main air yuuk sama kakaKeni..

    whahahaaaa.. kenapa jadi pada ngerumpi disindang yaakkk... hihihihiiiii

    ReplyDelete
  47. daptar dulu tauuuu...
    *narik upeti dari calon anak buah*

    ReplyDelete
  48. Eemang jurnal apa yang dirusak siiih!!? Siapa perusak jurnal ituuuh?

    ReplyDelete
  49. haha!
    Untung semalem bablas ketiduran ketika Keiva nglilir.
    Jadi jurnal ini enggak semakin rusak oleh orang yang (merasa) sudah menjadi anggota Aliansi Perusak Jurnal (ngelirik ke ownernya aliansi)

    ReplyDelete
  50. Syarat adminnya apa aja, mb?
    Please, PM ya ...
    Sumpe, tertarik banget pengen jadi member.

    ReplyDelete
  51. sori OOT, maaf, mbak tria jadi order kaos kakinya ngga yahh? tolong reply PMku kalau memang ga jadi, biar kita sama2 enak, makasih.

    ReplyDelete
  52. Terima kasih atas infonya, meski aku kagak jualan.
    Soalnya aku digiring ke sini oleh mba revinaoctavianitadr

    ReplyDelete
  53. hehehe tria beli kaos kaki ya ? titip ya ? hihihi

    ReplyDelete
  54. Aku jugaaa ...
    Yang ada tempat buat jari-jari kakinya ya, mb!
    Punyaku udah buluk, niy.

    ReplyDelete
  55. hihi, sempet mampir ke link saya itu ya, Pak?
    Jadi gimana tips-tips yang ditulis oleh ibu Tria ini?
    Pas banget untuk dibaca para OS yang belakangan ini makin menjamur di MP, kan?

    ReplyDelete
  56. jadi mbaaaa... belum sempet liat lapaknya lagiii.. mau beli buat ponakanku juga.. sabar yaakk hihihiii :p

    ReplyDelete
  57. beneran nih? lucu-lucu lhoo kaos kakinyaa

    ReplyDelete
  58. beneran nih uni? kaos kakinya lucu-lucu dan murmer.. buruan gih kesana :)

    ReplyDelete
  59. ko aku belum terima PM-nya yaaa??

    ReplyDelete
  60. makasih tips2-nya Mbak Tria *penting dicatet juga oleh saya yang punya OS juga hihihihi*

    ReplyDelete
  61. udah dari tadi mbaaa.. aku liat foldernya kok udah ngga ada yaa yg isinya kaos kaki semua?

    ReplyDelete
  62. udah daritadi juga engga ada PM dari sis tria. kaos kaki readystock saat ini tinggal motif ben10 ama princess aja, duhh sori kalo reply disini cuz ga pernah nongol PMnya :(

    ReplyDelete
  63. kok bisa gitu yaa? mp lg error kah? soalnya ada yg mau aku tanya niih :((

    ReplyDelete
  64. infonya keren mbak..thanks banget yaaaaa

    ReplyDelete
  65. Abis baca postingan ibu keni, aku langsung belanja online.... 700 rb.... Hehehhehee... Emang peralatan kue sih. Di tengah hujan yg gak jelas, thnx GOD ada OS. 3 jam nganclep di warnet, telpon2an... Kelar juga. Tanpa harus desek2an di pasar dan jajan yg gak perlu. Keluar warnet hujan brenti. Enaknya sampe rumah barang sampe yaaaa

    ReplyDelete
  66. waaaaah.. asik asiiik.. aku belum pernah niih pesen kue di umi-nya adilia.. pengen deh nyobain black forest-nya yang konon oke betuuull.. :p enaknya belanja online ya gitu ra.. udah dapet harga murah, dengkul ngga perlu anjlok keliling ITC, barang nyampe di rumah tinggal unpacked deh.. hihiiii...

    ReplyDelete
  67. gara2 ada yang taroh ganja diselang2 golf dan stik2 golf gitu jadi diperketat tuh..

    ReplyDelete