Friday, July 23, 2010

Klondike Philosophy

Klondike, aneh yaa ditelinga.. buat yang belum tau Klondike, mungkin udah familiar sama yang namanya Solitaire.. entah apa hubungannya si Klondike dan Solitaire, (ngga minat googling) ternyata ngga disangka ngga diduga, dari sebuah permainan sederhana, gue bisa belajar banyak hal..

Permainan Klondike dimulai dengan susunan awalnya seperti kita bermain solitaire, yaitu kartu disusun deret 7 dengan 1 kartu di deretan paling kiri, setelah itu 2 kartu di sebelah kanannya, sampai yang terakhir 7 kartu. Total kartu ada 52 kartu seperti yang biasa terdapat dalam 1 pak kartu remi. Di deretan paling atas, ada setumpukan kartu yang terbuka per 3 kartu.

Cara bermainnya, kartu disusun secara berturut-turut, mulai dari King (raja) hingga As yang merupakan kartu terendah. Cara menyusunnya bergantian antara kartu dengan warna hitam dan merah. Jadi kalau paling atas King hitam, maka di bawahnya harus Queen merah, lalu Jack hitam, angka 10 merah dan selanjutnya. Apabila setting-nya disusun secara otomatis, maka kartu As akan otomatis naik ke atas sebelah kanan, yaitu yang nantinya akan disusun menurut suit-nya (Sekop, Hati, Keriting atau Wajik).


Semua serba sederhana, ngga ribet dan ngga pake mikir yang terlalu njelimet. Tapi setelah beberapa lama gue bermain Klondike, ada beberapa pelajaran yang bisa gue ambil:

1. Semua kartu bisa dianggap sebagai hidup kita. Kalau kita stuck dan ngga ada kartu yang bisa ditaruh, gue menganggap itu seperti ujian dalam hidup.

2. Apabila kita mempunyai 2 kartu sama, yang ingin kita taru di bawah satu kartu tertentu, misalnya, ada angka 8 merah, dan ada 2 kartu 7 hitam (keriting dan sekop) yang terbuka, itu adalah pilihan hidup kita. Apabila kita mengambil pilihan yang kita anggap baik ternyata salah, hidup pun harus berlanjut, ditandai dengan setumpukan kartu yang masih bisa kita mainkan.

3. Jika kartu yang kita ambil ternyata berkelanjutan, semua lancar hingga akhir, berarti pilihan kita benar dan kita musti bersyukur bahwa pilihan yang kita ambil ternyata benar.

4. Apapun keputusan yang sudah kita ambil, tidak bisa kita putar ulang, semua harus berlanjut.

5. Awal yang lancar, belum menjadi patokan segala sesuatu akan berjalan dengan baik. Gue sering mengalami permainan yang begitu lancar di awalnya, ternyata di pertengahan sudah tidak ada jalan lagi. Permainan akan berjalan lancar apabila kita menggunakan akal dan taktik sampai permainan selesai. Gue mengartikannya dengan kita ngga boleh cepet puas dengan apa yang sudah kita capai, dengan begitu kita selalu terpacu untuk lebih baik dan lebih baik lagi.

6. Apapun yang terjadi dalam hidup, ngga usah khawatir, sama seperti di permainan Klondike, semua yang sudah kita jalani, apabila gagal, selalu ada kesempatan untuk mengulang dan mengulang lagi, karena gue percaya, kegagalan adalah awal suatu keberhasilan, kegagalan adalah sebuah pelajaran agar kita bisa mencapai tujuan yang kita inginkan.

Tapi gue percaya, hidup bukan sekedar permainan, hidup adalah tanggung jawab. Menjalani hidup dengan pikiran positif dan menebar kebaikan dengan sesama, adalah yang gue pelajari selama ini. Alhamdulillah..


*gambar nyolong sana-sini.. udah lupa linknya yang mana

12 comments:

  1. astaga, aku kalo main ini mah main aja lho..
    sekarang gara2 baca ini, pasti pas ntar main lagi, pasti akan terasa sangat berat rasanya, karena sekaligus memikirkan jalan hidup saya kemudian hari..
    *sigh*

    ReplyDelete
  2. Gue dari dulu main pasti gatot mulu, blum pernah menang hiks..

    ReplyDelete
  3. memang itu tujuan saya selanjutnya.. whahahahhahaaaa... rasakaaaann..!! :p

    ReplyDelete
  4. coba lagi coba lagi mbaaa.. semangaat!

    ReplyDelete
  5. hehehe dibahas..:)))

    tria datang ya tanggal 31 ? kakak keni ikutan ya..:)

    ReplyDelete
  6. nomor 5 bener banget.. kayanya bukan cuma klondike/solitaire doang deh kita bisa belajar.. kalu dapat mainan yang gampang jalannya awal2, pasti mentok ditengah2, suka mikir juga gimana cara biar tunai gitu.. emang kaya gitulah hidup, jadi punya taktik dan persiapan, dan tentu saja hadapi dengan tanggung jawab apapun pilihan kita..

    kog sama ya, ku suka main game juga suka mikir kaya gitulah kita hidup..

    ReplyDelete
  7. saiyah sudah sering baca kata klondike.. itu kalo baca album donal bebek.. :p

    ReplyDelete
  8. setuju banget mba tin.. hidup punya semilyar pilihan.. semua tergantung kita yaa..

    ReplyDelete
  9. iya yaa.. sebelumnya ngga ngeh.. klondike kalo di donal bebek apa ya wib?

    ReplyDelete
  10. ga pernah baca donald bebek ya mamakeni?
    klondike itu gunung emas katanya (benernya loh, nama aslinya sih gunung yukon).. jadi cerita juga di donald bebek.. tuh sampe ku cari2 di eyanggugel..

    http://my.opera.com/qubitvn/albums/showpic.dml?album=370589&picture=5307964

    ReplyDelete
  11. ya ampuun mba tiiiin.. makasyi yaaa.. mari kita baca si klondike ini.. :))) *hugs*

    ReplyDelete