Wednesday, February 16, 2011

[Oriflame] ALASAN

sama Ida dan Bapak Robert af Jochnick, businessman sukses founder Oriflame

Semenjak nyemplung ke dunia MLM Oriflame, gue semakin belajar mengenai perilaku banyak orang dalam menolak sesuatu. Gimana caranya, pokoknya bikin gue berhenti ngomong dan males lagi dengerin, lha wong tadinya gue juga gitu kok.. jadi buat mbak atau mas yang pernah menolak tawaran peluang bisnis Oriflame dari saya, tenang.. gue juga pernah kok nolak ibu direktur ini.. 

Yang paling gue coba untuk mengerti dan mendengar, adalah alasan yang mereka kemukakan. Lucu-lucu kalau dikumpulin jadi satu, kenapa lucu? soalnya menurut gue, alasan itu adalah satu kata yang emang udah ada, jadi ngga perlu dicari.. gampaaaang banget ngutarain suatu alasan. Kalo buat pelajar atau orang kantoran nih, alasan telat udah pasti apa? Macet. iya ngga? nah, macet mah emang tiap hari kalii.. atau lupa bikin pe-er, alesannya dicari-cari kemana-mana, yang ini lah yang itu lah, padahal alasan utamanya udah ketauan: males. ngga perlu dicari lagi sebenernya.. hehheeee

nah, alasan paling klasik kalau ditawarin bisnis Oriflame adalah, gue ngga bisa jualan. Alasan lain yang ngga kalah ajaib: gue ngga bisa ngomong.. ada juga yang seneng bilang, gue ngga punya temen.. nah seringkali semua gue rangkum jadi satu alasan: MALES.
Males, kalo jual-jualan, males, kalo nyari temen, males kalo nerangin sistem Oriflame.. tapi ngga males kalo liat bonus yang tiap bulan naik :)

Memang Oriflame bukanlah Money Game, Oriflame punya produk berkualitas tinggi yang HARUS dijual atau dibeli agar bisa membayar bonus para konsultannya. Tetapi, konsultan Oriflame bukanlah sales force murni, tapi mereka adalah Lifestyle Consultant.

Konsultan Oriflame menawarkan gaya hidup yang berbeda, gimana ngga beda, dengan bonus jutaan per bulannya, siapa yang ngga ngiler ibu-ibu Oriflame bisa makan di luar minimal tiap minggu sama keluarga, liburan kapan aja, beli segala sesuatu yang diinginkan, traktir sana sini (terutama traktir donlen :p) itu baru sebagian kecil dari gaya hidup betapa enaknya jadi konsultan Oriflame. Tentu saja, semua itu ngga diraih dengan mudah, penuh perjuangan dan obral ngomong sana sini.

Sukses tentu saja bukan suatu alasan. Sukses adalah pencapaian, seberapa besar ingin meraihnya, yaa tentu saja berbeda setiap orang. Saya ingin sukses di Oriflame, gue ngga punya alasan untuk ngga bisa SUKSES. SEMANGAT!!

22 comments:

  1. ah, tulisan lo keren nak.. wakakakakak..

    ReplyDelete
  2. saya kayak ngerasa disebut-sebut..
    wakakakakakak..

    ReplyDelete
  3. iya betul.. itu males.. :D adiku juga bilang gitu.. tapi tetep semangat kan ketemu prospek kaya gitu..

    ReplyDelete
  4. eh btw, udah lama gue pengen bikin tulisan soal alasan2 gini, ntar gue comot ide-nya yak!

    ReplyDelete
  5. waduh masa sih seekstrim itu mba?
    bukannya tiap orang sudah punya jatah pekerjaannya masing2...
    ada yang jatahnya memang pekerja kantoran, ada yang jatahnya pekerja oriflame... hehe cmiiw...

    dan kayaknya gak harus rajin oriflame-an untuk bisa jalan2 ke luar negri setiap saat atau makan2 enak bersama keluarga deh, kalau pencapaiannya harus itu semua... hehehe

    i mean, semua pasti punya porsi hidup masing2...
    kalau semua orang oriflame-an, gak asik juga kali yah kalo sama semua pekerjaan di dunia ini, hehe... inggal mana yang cocok aja...

    ReplyDelete
  6. waduh masa sih seekstrim itu mba?
    bukannya tiap orang sudah punya jatah pekerjaannya masing2...
    ada yang jatahnya memang pekerja kantoran, ada yang jatahnya pekerja oriflame... hehe cmiiw...

    dan kayaknya gak harus rajin oriflame-an untuk bisa jalan2 ke luar negri setiap saat atau makan2 enak bersama keluarga deh, kalau pencapaiannya harus itu semua... hehehe

    i mean, semua pasti punya porsi hidup masing2...
    kalau semua orang oriflame-an, gak asik juga kali yah kalo sama semua pekerjaan di dunia ini, hehe... tinggal mana yang cocok aja...

    ReplyDelete
  7. yang penting jangan mudah men-judge aja...
    nanti orang semakin males hehe...

    ReplyDelete
  8. semangat harus terus mbaaa.. udah biasa kaan lama-lama menghadapi penolakan..

    ReplyDelete
  9. iya jeng ari, ini konteksnya ngomongin oriflame lho yaa.. maksudku, bukan tiap orang yang kasi alesan utk join oriflame trus dijudge jadi orang males, bener juga tiap orang punya porsi masing-masing, aku cuma mendeskripsikan betapa mudahnya orang mengemukakan alasan, apapun bentuknya, entah itu ditawarin join oriflame atau ngga..

    ReplyDelete
  10. siip, yang aku kemukakan alasan yang sering diungkapkan ketika ditawarin oriflame lho yaa... padahal ada solusinya.. ngga bisa ngomong, nanti dikasi training, ngga punya temen, nanti dibantu cari temen dll. dll.... :)

    ReplyDelete
  11. hehe namanya juga pilihan...
    mungkin kalau konteksnya mengemukakan alasan ketika ditawari join oriflame, kalau masih bisa mengajukan alasan dengan sopan, itu artinya penolakan halus karena sudah punya ketetapan hati "untuk yang lain"... namanya juga jualan, pasti penawaran ada yang ditolak dan ada yang diterima karena cocok... jadi kalau aku rasa sih selama alasannya mereka kuat untuk menolak, mungkin tepatnya bukan malas kali ya... atau kalaupun terkesan malas, mungkin alasan yang dikemukakan terdengar klise, disebabkan karena nggak enak sama yang nawari hehe...

    but yes, setiap kali kita 'ngajak ngomong untuk sebuah penawaran, tentu lebih enak kalau berbicara dengan orang yang "memperhatikan", alih2 langsung cari alasan untuk menghindar... but once again, itulah seninya berjualan... :)

    cmiiw yaaaa triaaaaaa...
    tetap cemangatttttt!!!

    ReplyDelete
  12. eh iya, kalo aku sih, ga pernah nolak lohhhh triaaaa hahaha
    semua dijoinin aja dehhhh...
    kan aku gampangan, tinggal rayu ajah :))))))

    ReplyDelete
  13. iya jeeeeng.. secara aku juga udah kebal kok ditolak.. heheee... kadang memang ada yang ditawarin belum denger apa-2 udah langsung plek bilang gitu... hihihiii... :p

    ReplyDelete
  14. emoooooooohhh... ngerayu nya ngga usah buat oriflame.. yang lain aja yaaakk... hehehee.. ngerayu buat minta ditraktir tiket ke luar negeri misalnya.. hahahhaaa :D

    ReplyDelete
  15. hihihi, ga seekstrim itu ri, aku cuma menyimpulkan dr tulisan tria
    pd bbp org ada yg kasusnya banyak alasan = males

    ReplyDelete
  16. hihihi.....aku gak banyak alesan, tapi di tengah-tengah males nerusin
    ya gak pake' alesan juga, emang lagi males ajah *dasar !!*

    ReplyDelete
  17. wakakakakkaak.. shantiiiii...
    aku ngakak deh bacanya iniii...

    ReplyDelete
  18. ho oooohhhh.. aku juga suka maleeesss *nglirik bu dir ngeri ditoyor*

    ReplyDelete