Thursday, February 3, 2011

Lapor ke Bank Indonesia

Seperti yang pernah gue posting di sini, betapa menjengkelkannya kelakuan para tele-marketers yang seringkali mengirim sms atau menelepon di saat yang tidak tepat. Seringkali pula pertanyaan bodoh terlontar, seperti yang pernah gue alami, mereka ngga lagi terus terang kalau ini kartu kredit, setelah berbasa basi, lalu dia pun bertanya:


Sales kartu kredit: Gini bu, ibu punya kesempatan dapat diskon di sini bla bla bla
Gue: ini apa ya mba?
Sales kartu kredit: ini peluang ibu untuk mendapat diskon dan bla bla bla
Gue: KARTU KREDIT maksudnya?
Sales kartu kredit: ya semacam itulah bu
Gue: maksudnya?
Sales kartu kredit: ya bisa dibuat belanja dan ibu dapat diskon
Gue: dari mana ini?
Sales kartu kredit: P*****A AUTO 2000
Gue: kartu kredit kaaaaannnn??
Sales kartu kredit: ehehhee iya bu
Gue: maaf ya mba, saya udah ngga punya kartu kredit, tolong nama saya dicoret aja dari daftar kalian, dan saya udah ngga mau punya kartu kredit.
Sales kartu kredit: KENAPA BUUUUU???
Gue: #@$!! $$%^*!! *yaelaah suka-suka gue kaleeee...*

Well, udah senewen kayak gitu, gue dapet angin segar setelah baca di salah satu soc-med, bahwa kita bisa melaporkan ke BI jika sms/telpon penawaran KTA/Kartu Kredit sudah mengganggu yaitu dengan mem-forward SMS spam tersebut ke nomor 0858 885 09797, setelah gue googling, ternyata juga sudah ada beberapa media yang membenarkan di sini, sini atau sini.

Benar-benar pucuk dicinta ulam pun tiba, gue pun dengan semangat langsung mem-forward SMS-SMS tersebut dan mungkin sampai sempet jebol server penerimanya, jadi gue dapet notifikasi Network Congestion atau Invalid Number.
Sempet ragu juga sih, jangan-jangan cuma janji surga doang, tapi hari ini gue coba kirim lagi dan ternyata bisa lagi. Sepertinya siiih, kedatangan si sms-sms ini juga sedikit berkurang lhooo, agak sedikit gue perhatiin, ngga separah dulu yang sepagian bisa dapet 10 sms, sekarang sampe sore ini belum ada sama sekali.. apa karena pada harpitnas yaaa?

Yaa, semoga saja benar ada tindak lanjutnya.. karena sms spam/ telpon penawaran ini sudah semakin mengganggu. Banyak surat pembaca, baik di media cetak atau media elektronik yang mengadukan masalah ini. Yang gue heran, dari mana yaa mereka dapat data-data kita? apa bener ada jual-beli data nasabah?
Walahualam...

15 comments:

  1. sis.... boleh sy share artikel ini? mksh

    ReplyDelete
  2. huaa angin segar juga buat ku nih Mbak....makasih yaa..suka sebel sama sms nga kenal waktu..pernah pagi2 buta jg sms, sampe aku kebangun takut ada yang penting..tau2nya grrrrrrr

    ReplyDelete
  3. eh, penawaran KTA juga bisa dilaporin
    sering banget dapet sms model gini : dapatkan pinjaman KTA hingga 200jt, syarat fotocopy ktp dan kartu kredit. hubungi blablabla ...

    ReplyDelete
  4. naaahh yang kayak gini nih ngga tau waktu.. aneh yaa mereka.. ck..

    ReplyDelete
  5. Sis... sis... namanya masih mbak Tria kan? belum berubah jadi mbak Sis? :p

    ReplyDelete
  6. masih kok mas bro.. hallaahh... :D

    ReplyDelete
  7. nah kalu ada telpun kaya gitu dg kalimat pembukaan udah tutup aja. palagi sms tgl dilet. emang agak mengganggu.

    mereka dpt data gitu dr undian kayanya. ku pernah lihat tuh undian sabun terkenal yg alamatnya sebelah ktr dulu, nah dicatet deh seblom surat2 itu dihancurkan.. ato bisa jd ada sodara si cs di oriflame yg org kartu kredit itu. ato buku kuning alamat telpun kali.

    ReplyDelete
  8. mereka tuh pantang menyerah mba, ditutup yaa ditelpon lagih.. nah kalo pencurian data gitu deh biasanya.. nyebelin banget..

    ReplyDelete
  9. kita juga kudu pantang menyerah, baguslah dilaporin.

    data bisa dr mana aja. dulu sejak ikutan lomba ini itu yg kudu pake data pribadi ga mikir gitu. skr kalu nulis data suka mikir bakal dimanfaatin ga ya?

    emang nyebelin. sabar aja mamakeni..

    ReplyDelete
  10. sorry, aku tadi reply-nya kurang tanda tanya
    jadi maksudnya aku tanya *meskipun udah ditulis*, bisa dilaporin kan ya ??
    mau ngelaporin juga gitu ...hihihi

    ReplyDelete
  11. Setuju dengan mba Titin, kalo diminta no hp saya wanti2 ini area pribadi, kalo tidak wajib2 banget ya tidak saya kasih. Kalo email, boleh deh.

    ReplyDelete