Monday, March 16, 2009

Ibu yang bingung

Gue sampe bingung mo ngasih judul postingan ini apa..

Pengen share aja, mau gue quote surat pembaca yang gue baca di Kompas hari Sabtu, 14 Maret 2007

"Film Kartun dan Anak Sekolah
Beberapa waktu lalu, ANteve dan Global TV mulai menyiarkan film kartun untuk anak-anak. Tentu anak-anak suka. Masalahnya, waktu tayangannya tepat saat anak-anak bersiap berangkat ke sekolah.

Anak saya yang duduk di TK kecil dan III SD selalu nonton. Yang disebut terakhir sering terlambat masuk sekolah.

Anak saya yang di TK kecil itu beberapa hari ini tak mau lagi pergi ke sekolah. Katanya, lebih asyik menonton film kartun. Disuruh mandi pun dia kini sulit patuh.

Film kartun memang menghibur anak-anak, tetapi bila ditayangkan pada jam yang tidak tepat, bisa berdampak negatif.

Tolonglah kami wahai pengelola ANteve dan globalTV! Aturlah dengan baik jam tayang film kartun."

gue prihatin sama ibu yang ngirim surat ini.. buat gue, cocok banget dengan pepatah "buruk muka cermin dibelah"

iya.. gue belum punya anak usia sekolah
iya.. gue belum tau gimana nyuruh anak mandi
iya.. gue belum bisa ngelarang anak untuk nonton TV
iya.. gue belum ngerasain susahnya mendisiplinkan anak

iya.. gue... aahhhhhhhh..

seinget gue, waktu gue kecil, nyokap gue cukup disiplin untuk hal-hal seperti ini.. gue ngga terlalu pengen nonton ini itu karena nyokap galak!.. heheee

mungkin aja nanti kalau Kenisha masuk sekolah, dan andaikan gue mengalami hal yang sama dengan ibu ini, gue mungkin bisa bilang, ayo mandi.. kalau ngga mau sekolah dan maunya nonton TV terus nanti kamu ngga boleh nonton TV 2 minggu! atau, ngga mau sekolah nonton film kartun? ngga usah makan, nonton aja di depan TV terus, ngga boleh beranjak sedetikpun sampe magrib!

sharing dong moms.. mbak maya, shanty, mami siapapun yang punya anak usia sekolah...
apa iya sesulit ini sampe merasa perlu ngirim surat pembaca KOMPAS??

31 comments:

  1. waks.. saya belum pengalaman...
    *kabur pelan-pelan*

    ReplyDelete
  2. kalok gag mau anaknya nonton.. ya ibu bapaknya jangan nonton.... *extreme banget ya*..
    atau.. ya dibuat jadwal nonton aja.. sisanya, ajak anak main di luar daripada membiarkan dia menonton TV..

    ReplyDelete
  3. setuju bun..kenapa harus anak yang mengatur kita..justru orang tualah yang harus ngatur anak ...
    ada waktu belajar ada waktu untuk nonton TV ..

    ReplyDelete
  4. ati-ati mbak.. lantainya baru dipel.. licin..
    kikikikiiikkk... :p

    ReplyDelete
  5. setuju banget.. aku lebih suka Keni jalan-jalan daripada nonton TV..
    apalagi kalo ke mall.. hihihiii
    *maunyeee...

    ReplyDelete
  6. *tossss
    kayaknya tu ibu harus manggil Super Nanny.. :))

    ReplyDelete
  7. belum punya pengalaman.
    Tapi biasanya saya suka mengacak channel yang siarannya nggak bermutu. Jadi kalo Akhtar pengen nonton itu nggak bisa...

    ReplyDelete
  8. itu lho, search tunnelnya digeser dikit pake remote.

    ReplyDelete
  9. Temenku ada yang sampe kuliah nggak pernah nonton siaran TV lokal di rumahnya... ini karena ortunya menganggap siaran TV itu lebih banyak efek buruknya daripada bagusnya, jadinya secara berkala, pada waktunya, muter video2 yang dianggap mendidik.

    Gw ndiri jaman kecil dulu kalau sampe berani nggak nurut sama ortu, wah... gawat.... apalagi ngelawannya cuma gara-gara pengen nonton TV? WAAAHHH....

    Susah memang mendisiplinkan anak, tapi kalau itu yang terbaik ya susah juga harus dicari cara supaya berhasil.

    ReplyDelete
  10. nah ini kata kuncinya kang.. kadang-2 reaksi alami kita sebagai ortu, cenderung nyalahin orang kalo anaknya ngga bisa diatur.. :))

    ReplyDelete
  11. ajari anak pelan-pelan bahwa selain TV masih ada aktivitas lain yang lebih asik untuk dilakukan.

    disini pentingnya ortu memahami arti 'menemani' anak.
    kalo nemeninnya sambil baca buku, itu setengah hati namanya.

    dan juga kasih contoh.
    kalo bpk ibunya juga doyan ngejogrok di dpn TV, jgn salahin anak kalo mereka jadi hobby manteng di dpn TV.

    cuma 1 yg bikin aku heran: in the first place kenapa juga tuh ibu nyalain TV pagi2, coba? terang aja si anak anteng di dpn TV ...

    ReplyDelete
  12. itu jg yg bikin gw heran neng...
    atau paling ngga, diakalin gimana kek...

    ReplyDelete
  13. 4 kponakan ga pada gitu....
    bahkan kalao pada main kerumah pas minta disetelin tv mereka milih yg acara kartun, kalo udah jam nya buat belajar ya ditinggalin deh tuh tv..
    ga pake disuruh2 lagi.... cukup aku panggil namanya langsung kabur :D

    ReplyDelete
  14. hhmmm.. sepertinya lu cocok jadi super nanny ke rumah ibu ini deh wib.. :p
    hihihiiii.. :)))

    ReplyDelete
  15. wah kalo kasus nya anak tk atau anak sd ngga tau yaaa.... tapi yang jelas indira (1thn) suka banget sama DVD Barney. Tadinya sih cuman buat ngalihin perhatian dia kalo pas makan, jadi aturannya, Indira nonton DVD hanya saat makan, itu pun kalo emang pas makan anak ini ga bisa diem. Indira di rumah di asuh ma omanya dan seorang pembantu. Pas suatu hari, Omanya pulang kampung, Indira totally dipegang ma aku. Pas saat makan, duduk di high chair, ga betah anak ini, lalu aku pasanglah DVD Barney. Makan jadi lancar sih. Selesai makan, DVD masih diputer, aku ke belakang naro bekas makan dia. 30 detik, 1 menit, beberapa menit, kok Indira ga nangis2 ya manggilin aku... ternyata dia bener2 mantengin tuh Barney tanpa liat kiri-kanan. Sejak itu, semakin lah aturan di rumah diperketat... no TV more than 15 minutes a day!. Huaaaa.... doakan Indira ga jadi autis ya temannnn.... naudzubillahiminzalik...(kok jadi curhat)

    ReplyDelete
  16. haduuuhh belum pengalaman! mudah2an bisa mendisiplinkan Annabelle yah nga seperti ibu itu.....

    ReplyDelete
  17. iihhh.. amit-2 deh pit.. jangan sampe.. tapi barney masih okelah.. memang seumuran anak-2 kita seneng denger lagu dan 'moving object'..

    ReplyDelete
  18. Amiiin.. mudah-mudahan Annabelle jadi anak manis yang rajin belajar ya tin.. :))

    ReplyDelete
  19. paling gampang.. ga usah punya tipi saja.. anak2 diajak bikin aktifitas selain nonton tipi buat waktu luangnya.. seperti menggambar, main kuda2an sama ibu, main dapur2an, main petak umpet, main congklak, main gunting2 kertas, dll..

    secara ponakanku banyak tapi tak ada yang doyan nonton tipi tuh.. karena ibu dan bapaknya suka bikin sibuk mereka.. plus galak.. jadi jangan salahin antv dong..

    ReplyDelete
  20. setujuuu... anak harus digalakin biar nantinya ngga bikin bingung... kan buat kebaikan mereka juga yaakkk..

    ReplyDelete
  21. anakku juga kalo' pagi sbln sekolah setelin tipi, ada MickeyMouse clubhouse tuh jam 5.30 pagi
    tapi jam 6 waktunya mandi ya tetep mandi, waktunya sarapan ya tetep sarapan
    kalau gak mau anak nonton tipi, matiin aja tipinya, susah amat bu !!
    orangtua yg in-charge, masa' ortu malah nurutin anak, gimana siy ya ?

    ReplyDelete
  22. lebih parah lagi.. ini malah nyuruh station TV-nya buat ngeberhentiin..
    syape luuuuu?? hihihihiiiiii :)))))

    ReplyDelete
  23. Setiap orang, menurutku sih ya, beda. Mungkin ibu ini bukan tipe ibu tegas ke anaknya...jadi dia sampai desperado seperti itu.

    Semoga dia bisa nonton acara The Nanny deh. Aku sih banyak belajar dari sana. Padahal dulunya pernah diledek sama temen yang guru TK, katanya aku dimanipulasi Hana :D

    Soal nonton TV. Hana kan memang sarapan dan ganti bajunya itu di depan TV (dulu StarKid, sekarang Global). Awal2 sekolah dulu, sempat pakai acara bujuk-membujuk kalo soal berangkat sekolah.

    Tapi, alhamdulillah setelah Hana merasa sekolah itu lebih fun ketimbang nonton, dia semangat dan gak pake acara noleh dua kali ke TV sebelum brangkat sekolah. Dan, acara bujuk-membujuk pun berakhir sudah. Hehehe...

    Semoga si Ibu segera menemukan solusi yang tepat deh. Amin.

    ReplyDelete
  24. Makanya kalo nyari sekolahan yang gak jauh dari Sesame Street ditanggung si anak pasti nurut punya(percuma ada Mr.Elmo klu gak nurut!).:))

    ReplyDelete
  25. Insya Allah ya nad.. aku juga berdoa moga-moga Kenisha jadi anak yang nurut nantinya.. :))

    ReplyDelete
  26. hihihiiii... tau ajaaa gw suka Elmo... :p

    ReplyDelete
  27. salam kenal mba...anakku juga masih dua tahun...mudah mudahan bisa belajar mendisiplinkan...

    ReplyDelete
  28. salam kenal juga mbak.. terima kasih sudah mampir.. :))

    ReplyDelete