Tuesday, June 9, 2009

Dilema si emak

Gue tuh mau mulai cerita aja udah geregetan duluan..

Jadi gini ceritanya, asisten yang bantu-bantu di rumah, si emak, umur udah sekitar 60-an, memang kerja di tempat gue ngga setiap hari.. cuma seminggu 3 kali dan itupun pulang hari.. emak tuh orangnya poloooos banget, apa adanya dan jujur banget.. duit yang suka ketinggalan di celana atau ketemu dimana aja pasti dikembaliin sama dia.. kembalian dari pasar dari yang seribu sampe puluhan ribu pun ngga pernah diambil..

si emak barusan cerita, bahwa dia lagi dititipin satu tas isinya "baju" sama keponakannya.. kalo nitip bisa berhari-hari.. biasanya sekitar seminggu atau 2 minggu, tas nya trus diambil lagi.. perlu gue tambahin, si keponakan ini ternyata mantan napi kasus narkoba.. dan udah berulang kali dicongok polisi.. nah, suatu ketika, si emak iseng ngeliat isi tas-nya.. dan tau apa isinyaa?? yakk betull.. GANJA!! yang kayak di tivi gitu, udah rapi dibungkus.. siap edar siap jual...

dengan berapi-api langsung gue bilang,"udah mak, LAPOR POLISI AJAAA".. tapi si emak ngeluh, kalo dia lapor polisi, pertama, dia bakal ribet sama urusan dipanggil polisi, sementara dia merasa kalo ngga kerja di rumah gue dia bakal ngga dapet uang.. kedua, andaikan dia lapor, dia takut DIBUNUH sama keponakan bangsat itu.. secara dia tinggal hanya berdua sama suaminya yang umurnya udah 70 taun lebih.. gue ngga heran sih, bisa aja lapor polisi trus si ponakan ditahan, tapi ada kemungkinan dia bakal bebas dalam waktu dekat kaan..

yang gue ngeri, nantinya pada akhirnya si emak juga yang ditahan, dianggap bersekongkol, atau polisi udah tau bahwa ada transaksi di rumah dia.. aduuuhh gimana dooong..

ada ide nggaaa??? kasian gue sama si emak..  secara gue geregetan banget sama si ponakan yang tega-teganya melibatkan emak sama urusan bangsat gini... sorry gue ngga bisa pake bahasa yang lumayan halus.. gue bener-bener kasian dan perlu way out..

please help..

UPDATE:

Jadi, kelanjutan dari cerita ini, si emak di saat dia libur, sibuk nelpon ke si ponakan yang susaaaaahhh banget buat dihubungin.. untungnyaaa, di rumah emak lagi ada cucu yang menginap.. akhirnya si emak berhasil buat ngehubungin istri sang ponakan dan dia bilang kalau (sembari memohon) kalau sebaiknya tas cepat diambil.. alasannya, sekarang di rumah ada cucu, nanti dia ngga tanggung kalau si cucu berantakin "baju-2"nya si ponakan.. and it works!.. si ponakan malamnya langsung ambil sambil marah-marah.. justru di situ kesempatan emak bilang kalo si cucu akan tinggal sama dia dan sebaiknya ngga titip apa-apa lagi di rumahnya..

CASE CLOSED!! what a relieved!!

24 comments:

  1. Lapor polisi aja.. Drpd tmbh parah

    ReplyDelete
  2. jangan sampe tria kena fitnah nanti..
    lebih baik main MOB alias siapa yang kuat ngancamnya...
    tria bilang aja tuh ponakan..kalau masih nitip2 tas... ntar lapor ke polisi...
    tapi kalau gak sanggup..gimana ya..
    ati2 aja deh..
    ntar tria n keluarga lagi yang difitnah....

    ReplyDelete
  3. Duh... duh.. kasian amat si-emak :(.
    Takutnya dia sih beralasan. Jaman sekarang masih sodara aja bisa nekat maen bunuh. Naudzubillah. Mudah2an ada jalan keluar yang baik.

    ReplyDelete
  4. 1. libatkan orang lain, orangtua tria misalnya yang punya "kenalan" polisi.. agar posisi tria lebih mantap.. jelaskan pakai pengacara kalu perlu.. sebab kalau libatkan orang hukum (sebaiknya sodara ato teman) bisa lebih "clear" bahwa tria berminat membantu dan jadi warga negara yang baik..
    2. si emak yang polos punya pikiran sederhana, ga mo ribet.. jadi jaminkan bahwa emak dan suami akan selamat.. walupun susah2 dulu sama polisinya bahkan bisa dianggap kaki tangan segala, tapi setidaknya emak tak ada maksud jelek..
    3. si ponakan sableng itu ga bakalan macam2.. karena dia yang melibatkan emak sendiri bukan yang lain.. ga bisa emak disalahkan deh kalau melapor dengan melibatkan orang hukum..

    ku jadi ikutan gregetan.. kalu ku mah langsung lapor polisi.. resiko siap ku tanggung..

    ReplyDelete
  5. waduh.. mendingan itu yang terakhir trus bilang sama ponakan, kalo tidak akan menerima titipan lagi dan kalau sampe titip2 lagi bakal dilaporin ke polisi.. ga jamin uy kalo lapor polisi bakal selamet semua pasti akhirnya tetep keluar duit juga..

    ReplyDelete
  6. justru aku ngga mau melibatkan diri dalam hal ini, uni..

    ReplyDelete
  7. justru ini yang dihindari si emak.. dia mungkin pernah trauma berurusan sama polisi mbak..

    ReplyDelete
  8. ini yang lagi diusahain sama si emak.. dia itu pura-2 ngga tau kalo isi titipannya gituan..

    ReplyDelete
  9. dilema banget yaaaa.... :( iya, mendingan juga emak bilang ke ponakan-nya kalo dia nga mau dititipin barang haram itu, bilang aja *pura-puranya* emak denger kalo polisi uda mulai mengintai rumah si emak..mudah2an bikin takut ponakan-nya itu jadi dia nga titip2 lagi tas-nya

    ReplyDelete
  10. kayaknya sih si ponakan ini justru memanfaatkan situasi rumah emak.. mereka kan suami istri udah sepuh-2.. karena bukan yg pertama kali dia nitipin tas itu..

    ReplyDelete
  11. waduh ngeri juga ya mba? bingung juga sih ngasih solusinya seperti makan buah simalakama.

    ReplyDelete
  12. iya mbak.. moga-moga ada jalan keluar terbaik deh.. doain si emak ajah..

    ReplyDelete
  13. waduh, gak ikut2an deh, mau ngasih solusi bisa aja ntar malah fakta dibelokkan, jadi ikutan kesangkut deh ....
    si emak suruh bilangin ponakannya aja, gak mau lagi dititip2in tas, takut ilang, gitu aja

    ReplyDelete
  14. belom ada solusi?
    semoga emak mau melaporkan ponakan.. kalu lama2 disangka menolong kejahatan loh..

    ReplyDelete
  15. sepertinya sih itu yang paling sip, shan...

    ReplyDelete
  16. enggak ah.. ponakannya juga aku ngga tau orangnya.. I'd better stay away with this.. udah selesai juga urusannya mbak.. biar aja tu orang kena batunya one day..

    ReplyDelete
  17. hati2 ya mamakeni.. kayanya orang kaya gitu bisa aneh2 loh.. doakan semua lancar deh semoga si emak juga baik2 saja..

    ReplyDelete
  18. makasyi ya mbak tiiin.. doain aja si emak selalu dilindungi Allah SWT..
    *peluk peluk peluuukk...*

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah mbak.. barangnya dah dibalikin..

    ReplyDelete