Tuesday, June 16, 2009

Storytelling Workshop (Goelali's Children Film Festival '09)

Dari waktu hamil, secara rutin gue ngebacain cerita buat kakakeni.. dan sekarang pun si kakak udah seneng baca.. apa aja sama dia dibaca.. dulu, gue ngefans banget sama beberapa storyteller atau pembaca cerita/dongeng kayak pak Raden, kak Seto, sama siapa tuh cowo yg agak gendut (lupa).. gue seringkali takjub sama cara mereka membawakan cerita.. dengan kata-kata yang sangat mudah dimengerti anak-anak, props yang beraneka ragam dan ngeliat muka anak-anak yang bengong dan menyimak cerita/dongeng yang dibacakan pun kadang bikin gue heran, sihir apa sih yang mereka punya sampai bisa buat anak-anak duduk diem dengan betahnya mendengarkan cerita dongeng selain si kancil??

mami, Putri Soehendro, Elena Zachnas

Awalnya gimana gue udah lupa, gue juga ngefans sama mbak Putri Soehendro.. buat yang belum tau dia siapa, baca aja blog nya di sini.. dari blognya lah gue tau bahwa bakal ada storytelling workshop dan gue semangat banget buat ikut! Menurut gue, membacakan cerita ke anak pun harus ada seninya.. gimana caranya biar si anak mau dan duduk mendengarkan cerita kita..

Tadinya gue pengen liat gimana caranya si mba Putri membawakan cerita, tapi apa daya, gue lupa kalo acaranya mulai jam setengah dua.. jadi, gue cuma ikut workshopnya aja yang mulai jam tiga sore..

Karena ini sifatnya workshop, maka terpaksa deh kakakeni gue titipin sama niangnya di rumah.. ngga disangka ngga diduga, gue malah ketemu sama temen SMP gue.. selama ini sih udah ketemu di FB, tapi baru kali ini ketemu lagi setelah sekitar 21 taun ngga ketemu..  nah, workshop ini dipandu oleh 2 orang yaitu mba Elena Zachnas, seorang komunikator, psikolog anak, bisa dibilang motivator juga, yang prihatin sama perilaku anak sekarang yang cenderung serba instant, selain mbak Putri sendiri, yang banyak mengajarkan tips and trick bercerita kepada anak..

Ternyata, peserta workshopnya kebanyakan guru-guru lhooo.. yang ibu rumah tangga justru cuma sedikit.. dari tanya-jawab aja keliatan bahwa bercerita kepada anak (murid) ngga semudah itu.. musti banyak improvisasi agar cerita yang dibawakan menarik..

Kata mba Putri, bercerita kepada anak harus ingat rumus 445.. apa itu 445?

4 pertama: dalam bercerita, harus ada 4 bagian, yaitu pembukaan, permasalahan, pemecahan masalah dan penutup
4 kedua: tokoh utama dalam bercerita kepada anak, maksimum 4 tokoh.. untuk anak dibawah 2 tahun, satu tokoh saja cukup
5: konsentrasi aktif anak dalam menyimak cerita menurut penelitian, ternyata hanya 5 menit sajaaaa.. jadi kalaupun lebih dari itu, anak tidak fokus pada cerita..

Cara mba Putri bawain workshopnya pun lucuuu bangeeet.. gue sampe terpingkal-pingkal ngeliat dia niruin berbagai tingkah anak-anak dari pengalaman selama dia bercerita kemana-mana.. asli kocak banget!

Sayang, acara workshop yang seru ini, ngga didukung sama persiapan panitianya.. gue kehabisan bahan makalah yang katanya dibagiin di akhir acara.. selain itu, gue juga kehabisan brosur sinopsis film anak yang akan diputer.. dan sayangnya lagi, acara semenarik ini juga sepertinya kurang publikasi.. buktinya tidak banyak pengunjung yang datang.. padahal ngga cuma workshop aja, tapi juga pemutaran film, lomba gambar, diskusi panel dll..

Buat yang mau kopdar sama gue.. (halaah ge-er) besok, gue dateng lagi ke Goethe buat dengerin storytelling by Putri, sama kumpul-2 komunitas reading bugs.. besoknya lagi, gue juga bakal dateng ke tempat belajar bahasa Itali, buat denger storytelling dari Ibu Murti..

see ya there!!

note: buat yang mau ikutan, silakan unduh jadwal GCFF'09 di bawah ini yaa... tenang aja.. gratis tis tis koookk...

14 comments:

  1. akhirnya tau juga kaya apa bentuknya putri suhendro. dia ini kan pengisi suara tokoh nuke di serial si boy versi radio dan jilid pertama versi bioskopnya.

    ReplyDelete
  2. eh iya, elena zahnas itu mantan dosen gue lho di psikologi. tapi cuma sebentar dia ngajarnya.

    ReplyDelete
  3. wuidiihh... brarti dah tuwir juga yaakk.. :p

    ReplyDelete
  4. asik deh cara dia ngebawain workshopnya.. nempel semua di kepala

    ReplyDelete
  5. Lokasinya dimana tria? Iya ya, kegiatan keren gitu maunya promosinya dikuatin ya. Btw tfs 445 nya ya..

    ReplyDelete
  6. Salah pilih EO kayaknya ya, mb?
    Jadi acara sekeren itu enggak kedengeran gaungnya sama sekali.
    Tapi salut ama dirimu lah, mb. Mau mengeluarkan effort demi kakaKeni.
    *ya iya lah, siapa lagi kalo bukan emaknye kan, ya? :p

    ReplyDelete
  7. kebanyakan sih jakarta pusat uni..
    mereka mungkin kurang menyadari kalau emak-emak tuh pasti antusias sama acara kayak gini.. lokasi sama jadwal bisa di-download di akhir postingan ini uni..

    ReplyDelete
  8. no comment deh.. mungkin mereka harus pake EO-nya JIFF, secara sebenernya acaranya serupa.. yaaah namanya juga buat anak.. ape aje nyang berguna pan harus dilakonin bukan??

    ReplyDelete
  9. wah erlangga sering tuh adain acara storytelling.. ga pernah ikutan ya?
    rumus 445 boleh juga tuh, emang ponakanku kalu diceritain 5 menit doang kabur.. :D tapi kalu bobo bisa tuh sampe tidur beneran..

    ReplyDelete
  10. iya mbak... nyesel juga yg kemaren di pejaten taunya telat.. mau dong mbak dikabarin kalo ada event storytelling lagi :p

    ReplyDelete
  11. Mo milih Jerman or Italia niy?
    Kayak world cup aza.....hehehe:)

    ReplyDelete
  12. hahahaaaa.. iya juga yaaah.. besok itali deh.. ikutan doong bawa mayumi

    ReplyDelete