Thursday, April 30, 2009

[MP Writing Event] When I Was A Child

alias waktu ku kecil dulu..

aku, mbak Rina, mas Rian (di belakang) dan mbak Rima

Aku lahir sebagai anak paling kecil di dalam keluarga.. semua orang bilang, kalau anak paling kecil pastilah manja.. eit.. ngga semuanya lhoo.. walaupun memang bener aku tuh anak kecil yang dimanja, sama papa mamaku tentunya dan sering ngga rela kalau dibilang aku tuh anak manja.. (mandi jarang iyeee...)

Sebagai anak paling kecil, perbedaan umurku dan kakak-kakakku lumayan jauh.. 10 tahun dengan kakak tertua, 8 tahun dengan kakak nomor dua.. tentu saja hal ini membuat aku terus menerus merasakan "nikmatnya di-bully" sama kakak-kakak.. dari yang dibilang anak pungut lah, anak ngambil di tong sampah lah dan aku juga ngga pernah diajak ngobrol-ngobrol.. tetapi aku ngga pernah meragukan sayang dan cinta mereka.. soal ngejajanin, jemput sekolah,  jangan ditanya lagi.. mereka nunjukkin kalau mereka sayang banget sama aku..

Beda usia aku dan kakak lelakiku yang terpaut 4 tahun, membuatnya ngga bebas karena terus aku ikutin kemanapun dia pergi.. sampai suatu ketika, aku kapok ngikutin dia lagi, saat aku menemaninya jadi kiper waktu main bola, sebuah tendangan ke samping gawang mendarat telak di kepalaku..

Masa kecilku dihabiskan di kota Jakarta, dan sesuai dengan nama panggilanku sewaktu kecil, Ria, memang hanya suka ria yang selalu aku rasakan.. dari mulai les segala rupa sampai jalan-jalan keliling pulau Jawa, Bali dan Lombok setiap 2 tahun sekali.. sangat amat menyenangkan.. walaupun dengan mobil Honda Civic kecil, aku sudah pasti ngga pernah bisa duduk di kursi, melainkan.. di bawah kaki ibuku!! atau karena tubuhku yang kecil mungil, tidur di atas kursi pas kaca belakang juga muat..

Tetapi, karena papaku juga seorang ABRI, biarpun aku "merasa" dimanja, disiplin tetap nomor satu.. pernah suatu ketika, aku lupa berlatih piano sepulang les, begitu papa pulang, aku disuruh main lagu yang dipelajari di tempat les sampai bisa.. biarpun sampai nangis bombay, kalau belum lancar, harus main terus sampai bisa..

Tak heran aku pun jadi anak yang lumayan nakal.. sebagai kompensasi dari tindakan disiplin papa.. dan papa pun ngga hilang akal dengan menghukum yang aneh-aneh pula.. pernah aku dan kakak lelakiku dihukum naik sangkar burung kakatua yang besar, karena ketauan mau nyolong belimbing tetangga sebelah.. kakakku yang gweendhuut, naik ke atas asbes sampai jebol!.. karena naiknya berdua, maka kami berdua yang dihukum.. atau aku pernah naik ke wastafel sampai wastafelnya jatuh dan hukumannya adalah.. satu jam pegang wastafel yang jatuh.. tau dong gedenya wastafel yang buat cuci tangan kaaan.. harus aku tenteng, satu jam saaajaa.. ngga kebayang kan pegelnya..

Masa kecilku memang indah.. dan aku adalah anak yang beruntung.. hanya kasih sayang yang tiada putus yang aku rasakan dari semua hukuman papa.. hanya rasa cinta yang aku rasakan dari semua cubitan dan jeweran mama.. nilai-nilai luhur dan cinta kasih yang aku pelajari dari mereka, akan menjadi bekal bagiku untuk dapat mengajarkan kembali semua nilai baik yang aku dapat, kepada Kenisha.. sekarang atau nanti.. 
Terima kasih ku untuk papa mama, atas masa kecilku yang bahagia..

Tulisan ini diikutsertakan dalam MP Writing Event, When I Was A Child..
"Happy Birthday to Ezra.. semoga Ezra juga bisa merasakan dan melewati masa kecil dengan bahagia.."

14 comments:

  1. dan papa pun ngga hilang akal dengan menghukum yang aneh-aneh pula.. pernah aku dan kakak lelakiku dihukum naik sangkar burung kakatua yang besar, karena ketauan mau nyolong belimbing tetangga sebelah.
    ========================================

    sik..sik...aku mbayanginnya, sangkar burungnya seberapa gede sampe' bisa dinaikin mb Tria ? :-D

    ReplyDelete
  2. aku lupa berlatih piano sepulang les, begitu papa pulang, aku disuruh main lagu yang dipelajari di tempat les sampai bisa
    =================================

    ini hukuman yg positif banget lho ...pasti jadi makin jago main pianonya kan ?
    aku jg suka "menghukum" Iyog ngapalin perkalian kalau dia lupa sama urusan sekolahnya :)

    ReplyDelete
  3. ya ampiyunnnn sampe jebolin asbes, wakakaakkkkkk

    ReplyDelete
  4. hihi, nyumpel di bawah kaki ibu?
    dialasin bantal gak?

    ReplyDelete
  5. waaaahhh.. kalo skarang mah sangkarnya bisa jebol shan.. dulu waktu SD kan aku segede kelingking doang.. :p

    ReplyDelete
  6. hukuman memang harus yang positif kan.. ngga sekedar menghukum..

    ReplyDelete
  7. sebenernya ada tambahannya: kaca nako pecah 8 biji!!!

    ReplyDelete
  8. pake dooong.. biar tidur lebih nyenyak.. heheee...

    ReplyDelete
  9. anak bungsu nih.. asik kenisha pasti punya banyak abang, kakak sepupu yang "engga ngebully" tapi disayangsayang..

    masa kecil emang indah.. semoga selalu menjadi "kaca" buat kita kalau punya anak nanti.. bisa bikin lebih indah.. makasih sudah berbagi masa kecilnya ya tria..

    ReplyDelete
  10. kalo ini mungkin aku bisa sedikit prepare mbak.. berdoa aja semoga kenisha ngga nakal.. secara aku tuh dulu nwaaakal buanget.. (kata ibuku lhoooo.. heheheee)

    ReplyDelete
  11. kalu engga pasti pake handuk apa selimut kan.. panas lah..

    ReplyDelete
  12. lupa sih mbak, tu mobil dah ada AC apa belum yaaa?? hihihiii

    ReplyDelete