Thursday, January 20, 2011

[kakaKeni] Pindah Sekolah

Sejujurnya, saya bukan tipe orang tua rempong yang pilih-pilih sekolah buat anak. Saya salut buat orang tua yang sangat detail memilih sekolah anak, dari mulai fasilitasnya, guru-gurunya, materi sekolahnya dll. Sering gue lihat di milis parenting, banyak sekali yang mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi seputar perkembangan dan sekolah anak. Terutama metode sekolah yang saat ini banyak mengusung "bilingual".

Kalau saya, memilihkan sekolah untuk kakak, hanya berdasarkan kepraktisan saja. Biaya bulanan yang masuk akal atau deket dari rumah. Menurut saya, sekolah di usia kakak, hanya sebagai sarana bersosialisasinya saja, bermain, bermain dan bermain. Tapi tentu saja tidak sembarang bermain atau bersosialisasi, tetap saja ada pakem-pakem tertentu, seperti kebersihan sekolah, keramahan dan cara interaksi guru murid, dan sebagainya.

Kenisha mulai sekolah umur 15 bulan. Pertimbangan saya saat itu, dia perlu menyalurkan energi-nya yang sudah mulai "aktif". Banyak kegiatannya yang sepertinya tidak tersalurkan di dalam rumah yang tidak terlalu luas. Akhirnya saya pun memilih sekolah dengan pengajaran Bahasa Inggris, karena memang yang paling deket rumah, dan lagi pada saat itu kakak hanya masuk seminggu sekali, yang memang dirasa kurang.


Di ulang tahun ke 2, setelah kita pindah rumah, saya pun ternyata masih bisa memasukkan dia ke sekolah yang sama walaupun di cabang yang lain. Daya tempuh sekitar 20 menit mengendarai mobil dari rumah. Masih okelah.. Frekuensi masuk sekolahnya pun saya naikkan menjadi 2x seminggu. Enaknya sekolah franchise dan berwaralaba adalah kita ngga perlu lagi bayar uang pangkal. Cukup tunjukkan kartu dan langsung bisa diproses kepindahannya.

Sebelum masuk ulang tahunnya yang ke 3, mata saya tertuju pada spanduk besar saat melewati perumahan dekat rumah. Disana tertulis " menumbuhkan "MINAT" BACA dan BELAJAR ANAK Sejak Usia Dini (3-6 thn) ". Mengingat kakak yang sepertinya sudah mulai bosan di sekolah lama (karena setiap datang acaranya sama dan sepertinya dia menganggap dia sudah "expert") maka saya pun berdiskusi dengan si papi untuk memindahkan dia saja di sekolah ini. Ternyata, sekolah ini baru SEMINGGU saja ada.. dan untuk memperkenalkan, mereka membuka trial selama SEBULAN alias gratis ngga perlu bayar!


Seperti pucuk dicinta ulampun tiba, saya pun membawa kakak ke sekolah ini, dengan tujuan agak kakak (yang udah seneng sekali baca buku) bisa lebih fokus ke baca tulis, tanpa mengesampingkan konsep bermainnya. Yang lebih membuat saya lebih tertarik lagi adalah lokasinya yang hanya 5 menit berjalan kaki, dan biaya per bulan yang relatif lebih murah dan yang terpenting, pengajarannya berbahasa Indonesia, biar lebih nasionalis aja gitu.. heheheeee

Awalnya kakak masih kangen sama sekolah lamanya, tapi lama kelamaan enjoy juga. Walaupun banyak nyanyian-nyanyian baru yang harus dipelajari, paling engga sekarang dia udah ngga nganggep "enteng" lagi sama pelajaran barunya

14 comments:

  1. semangat kakakeni.. semoga betah di sekolah baru ya.. tapi ga nabrak gitu dari bilingual ke nasional? setidaknya di rumah ada kan bilingual juga? sambil bermain tentunya.. ponakanku kebanyak sekolah umur 6 bulan tuh, blom bisa jalan.. buat sosialisasi, walupun masuk 2 kali seminggu.. toh orang jakarta pagernya tinggi2, ga pada mau nenangga, gimana anak2 mo sosialisasi ya?

    ReplyDelete
  2. kaka keni makin cantiiiikkkkkkkk! :) bener Mbak Tria yang penting anak enjoy dan merasa nga terpaksa buat ke sekolah

    ReplyDelete
  3. keni makin cantik aja yaaa....
    skolahnya bimba yaa?
    met bermain eeeh skolah...

    ReplyDelete
  4. tambah cantikkk kakak Keni, kapan kopdar Alma lagi nih ?

    ReplyDelete
  5. bener banget mbaa.. sempet bingung, tapi ngga lama, karena dia kan udah familiar juga liat playhouse disney :) kalo dulu di rt ku masih bisa mba, soalnya kita kompak emak-2nya

    ReplyDelete
  6. makasi tante kristiiin, kapan aku bisa bertemu anna? untungnya kaka bisa cepet beradaptasi

    ReplyDelete
  7. hhhayuuuk, aku di depok skarang mbaaaa... huhuhuhuuuuu

    ReplyDelete
  8. tambah deket donk sama Ciledug ya :D

    depok enak, masih seger udaranya !

    ReplyDelete
  9. pilih lokasi deket rumah dan "pelajaran" yg gak terlalu berat, masuk dalam kategori pilihan utama buatku ...hihi, apalagi untuk usia sebelum SD ya :)
    kaka Keni kok udah gede banget yak, ketahuan udah lama gak ketemu, dulu masih imut dan minum asi

    ReplyDelete
  10. wuaaaa...kakakeni udah gede aja! Cantiknya gak luntuuuur...Slamat belajar & bersenang-senang ya kak!

    ReplyDelete
  11. iya bun, apalagi kalo abis ujan, dingiin bener..

    ReplyDelete
  12. betul shan, yg penting anak masih bisa main-main.. udah dewasa dia skarang, makin bawel.. gantinya asi yaa makannya buanyaaakk..

    ReplyDelete
  13. makasiii tante nanin.. ayo mari kita bersenang-senang...

    ReplyDelete