Tuesday, October 28, 2008

Anak Gemuk = Anak Sehat?

Siapa yang ngga gemes ngeliat anak kecil yang montoq dan genduut? Pengen deh nyubitin pipinya yang chubby dan lucu.. sudah menjadi hal yang umum di Indonesia, mengkondisikan anak gemuk dan montoq identik dengan anak yang sehat.. kenapa gue bilang gini? karena anak kurus selalu dianggap anak kurang gizi..

waktu Keni baru lahir, tiap nangis selalu dibilang, kurang kali ASI-nya.. sana gih kasi susu lain biar kenyang.. kuping gue sih udah kebal dengerin yang beginian.. bahkan, karena bayi nangis terus karena dirasa masih laper, anak tukang pijet gue umur 3 minggu udah dikasi pisang kepok!! gokil!.. emang sih hasilnya katanya tu anak gemuk dan montoq.. tapi, siapa yang bisa tau sih onderdil tu anak? gimana susahnya ginjalnya bekerja karena harus dipaksa bekerja sebelum waktunya.. ibarat beli henpon, lu liat casingnya aja yang bagus.. jeroannya?? ngga taunya dedel duel..

waktu kecil kita disuruh gemuk, begitu gede, akhirnya jadi punya krisis kepercayaan diri, walhasil diet mati-matian.. padahal, gemuk kurusnya anak selain dipengaruhi faktor makanan yang dikonsumsi, juga turunan genetik dari nenek moyang.. kayak gue nih, sekeluarga dari bokap nyokap tuh kelas berat semua.. jadi bakalan mimpi di siang bolong kalo ngarep badan jadi skinny kayak gwyneth paltrow.. mending gue kayak beyonce aja deh.. yang udah jelas lebih curvy dan lebih seksi tentunyaa..

balik lagi ke balita yang gemuk, selama berat badan anak ada di kurva yang aman (gue suka liat kurva perkembangan balita di klinik dokter atau di buku tumbuh kembang Keni), ngga perlu berlebihan kalo ngasi makan ke anak.. gue ngga pengen Keni ngerasain ngga enaknya dipaksa untuk ngabisin makanan seperti gue dulu.. jadi gue ngebiasain ambil nasi secukupnya, kalo kurang kan tinggal nambah.. yang penting Keni ngga ngerasa kepaksa kalo dikasi makan..

Gemuk juga bisa berpotensi mendatangkan berbagai macam penyakit laah.. sama aja kayak orang dewasa, bayi maupun anak kecil pun berpotensi punya penyakit kalau mereka kegemukan.. karena biasanya bayi gemuk tuh lebih banyak mengkonsumsi lemak dari yang seharusnya..

Jadi menurut gue, bayi montok sih boleh-boleh aja.. sampe ada bubur khusus buat bikin bayi lebih montok.. tapiiiiii, bayi sehat tuh lebih penting.. memang gue akui Keni sekarang kurang 2 ons beratnya dari yang seharusnya, tapi gue liat, gerakannya yang luar biasa aktif dan ngoceh tiada henti sampe kepintaran yang tiap hari makin bertambah.. gue ngga khawatir anak gue ngga montok.. gue malah lebih khawatir kalau dia jadi obes..

18 comments:

  1. iya sih... bayi montok selalu lebih ngegemesin... tapi kasian besarnya...
    jadi tetep gendut kayak aku... (menangis sediiihhh mode on)

    ReplyDelete
  2. aku waktu kecil kurus mbak.. gedenya: bales dendaaaaaammm... hihiii :))

    ReplyDelete
  3. jadi inget sama anak temen yang dari usia dua bulan bayinya dikasih pisang!

    bukannya membandingkan ya, secara dulu bun2 jaman kecil juga dikasih pisang, tapi yaaa jadinya punya problem di perut, pun anak temen bun2.

    Alma insya Allah baik2 aja (jarang ke dokter).

    ReplyDelete
  4. samaa.. naya di rumah dibilang kurang montoook..
    duh padahal gendong dah susah bangett

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah.. semoga anak-anak kita jadi anak yang sehat.. :)

    ReplyDelete
  6. yang penting aktif dan ngga males mbak...
    Keni mah udah lasaaaakkk..

    ReplyDelete
  7. BEEEH..LASAK pisaan bocaaah mbaaak..

    ReplyDelete
  8. Bram juga beratnya di garis ijo paling bawah, udah hampir kuning
    suka sutris juga mikirin gimana biar beratnya naik, secara makan nasinya gak bisa banyak
    tapi selama gak sakit2an, motoriknya bagus, dan tetep bisa masuk makanan dan susu, agak tenang hatiku ini

    ReplyDelete
  9. hehe Alma pun udah 2 tahun masih stag aja tuh di 11 kilo .. :D

    ReplyDelete
  10. Dulu sempat stress karena punya anak langsing. Rascha dari kecil relatif mungil jika dibandingkan dengan emaknya yang ukurannya jumbo dumbo lambada. Ngak percaya? Lihat aja foto2nya di http://omotusair.multiply.com/photos/ , bandingkan dengan ingatanmu akan Mamih. Langsung kebayang khan perbedaannya.

    Tapi kemudian setelah melihat Rascha tumbuh sehat, centil, cerdas dan lincah, Mamih udah ngak ambil pusing lagi kalo ada yang bilang anakku kurang makan. Biasanya aku sering jawab, "oh ya......." dengan tampang *apa ngak bisa lebih kreatif lagi?*. (dikiranya kita buta ngkali sampai ngak bisa ngelihat kalau anak kita langsing?).

    Cakwe deeeeeeh...........

    ReplyDelete
  11. Dulu ponakanku sampe disuruh dokternya diet gara2 dianggap kegemukan. Sekarang dah gede, kurus2 aja tuh, malah ga bisa gemuk kayanya *aneh*

    ReplyDelete
  12. Duh, babysitternya luna juga punya prinsip yang sama tuh mba.. Jadi dia punya target menggemukkan luna. Apalagi luna termasuk yg susah makan. Untungnya setelah dikasih tau pelan2 dia mau ngerti, yg penting anaknya mau makan, minum susu teratur, sehat, lincah, perkembangannya bagus..

    ReplyDelete
  13. brarti sehaat kaaaan.. no need 2 worry laaaaa... :)

    ReplyDelete
  14. iya shan.. yang penting masih bisa dan mau makan..

    ReplyDelete
  15. sama kaan sama Keni.. kalo aku lebih sadis lagi komentar orang.. "makanyaaa makanan Keni jangan lu makan muluuu... kasian tuh anak lu cungkring.." huuuuuu...

    ReplyDelete
  16. nah tuuuh.. kadang, dokter juga yang nyuruh bayi kita buat gemuk.. bingung dah..

    ReplyDelete
  17. waaahhhh... baby sitter yang hebat.. hihiii.. :)

    ReplyDelete