Wednesday, August 20, 2008

Bahaya Botol Plastik (Update)

Setelah 2 minggu lebih belum ada penjelasan dari LocknLock, maka gue pun melayangkan keresahan gue dengan mengirim ke surat pembaca Detik.com.

Dari beberapa komen yang gue baca, banyak yang mengira, gue tidak mengerti apa kode produk yang ada di bagian bawah botol/kemasan plastik. Bahkan ada juga yang personally mengirim email langsung menerangkan Kode 1/2/3 dst itu apa seperti yang sudah banyak gue baca di internet.

Sekali lagi gue tegaskan, gue bukannya tidak mengerti apa itu PETE/HDPE/PP/apapun kode jenis bahan plastik yang digunakan, tetapi yang ingin gue ketahui, apa penjelasan dari LocknLock mengenai produk botol air 1,2L dan 1,5L yang setelah gue periksa di bagian bawah botol, produk ini menggunakan bahan PETE yang direkomendasikan hanya untuk SEKALI PAKAI. Bahan ini juga yang dipakai oleh kebanyakan produk air minum kemasan. Sedangkan, LocknLock menggunakan bahan ini untuk tempat air minum yang tentu saja akan sering diisi ulang. Mencuci produk ini dengan air bersih saja tidak cukup, karena memang tidak disarankan untuk diisi ulang. Apalagi dengan harga yang relatif lebih mahal dari air minum kemasan, sebagai konsumen yang sudah menggunakan sejak lama tentu saja gue butuh jawaban mengapa bahan yang sudah jelas berbahaya masih juga dipakai untuk botol air minum. That's it!

Produk ini masih dijual di supermarket, walau gue perhatiin semakin lama semakin sedikit dan lebih mengutamakan botol sport / jug untuk kulkas yang memang sudah menggunakan KODE 5.

Semoga saja ada tanggapan.

7 comments:

  1. aku mendukung mu mbak, konsumen memang harus dapet penjelasan yang benar dari si produsen. cuekin aja komen2 sok tau di detik.

    btw, udh nanya langsung ke suara konsumen nya lock & lock?? apa tanggapannya??

    ReplyDelete
  2. sayang nya enggak mbak.
    kemaren ke carrefour udh coba nanya ke mbak2 sales nya lock&lock, sayangnya dibilang org nya lagi sholat (magrib), dan dia cuma petugas c4, bukan petugas lock&lock, jadi ga tau jawabannya...

    ReplyDelete
  3. wah thanks banget ya buat infonya..
    aku pakai tempat air, yang engga ada tulisannya malah material yg dibuat dari apa.. bagaimana dong??

    ReplyDelete
  4. mungkin dia juga ngga ngerti ttg hal ini..

    ReplyDelete
  5. menurut BPOM, 20 Agustus kemarin sudah dikeluarkan surat yang mengharuskan produsen bahan plastik untuk memperjelas dari bahan apa produk yg mereka buat..

    ReplyDelete