Wednesday, August 13, 2008

Mau Bebas Hutang?

Banyak orang yang ngga menyadari bahwa gaya hidup tuh bikin bokek.. jujur nih, jaman belum nikah dulu, jaman masih belum punya tanggungan, jaman gampang cari uang, ngga pernah kepikiran buat mengelola uang dengan baik.. beruntunglah teman-teman yang udah diajarin mengelola uang dari kecil.. dan sepertinya nanti gue akan terapin ke Keni..

Mengelola uang buat gue cuma sebatas debet sama kredit.. debet kalo ada pemasukan, kredit kalo gue ngeluarin uang.. waktu belum punya kartu kredit, lumayan masih bisa nabung.. tapi begitu punya kartu kredit, langsung maruk punya 6 kartu dan kesemuanya dari bank asing! *mikirin gaya doang ngga mikir utang..

belum lagi ada godaan kredit tanpa agunan yang bisa didebet langsung dari gaji.. walhasil, dulu gaji cuma sekedar numpang lewat doang.. boro-boro kepikiran mo investasi beli dollar, beli emas atau reksadana.. yang penting bisa punya henpon, mau belanja tinggal gesek, mau makan tinggal ambil cash pake kartu kredit.. sering juga makan rame-rame tapi bayarnya pake kartu kredit, jadi kita bisa ambil cash-nya tanpa kena charge kaaan?

tapi itu duluuuuuuuuu... sekarang aku telah bebaaaaaaaaaasss...!
udah direncanain sih, sebelum memutuskan untuk ngga kerja, semua hutang harus sudah lunas! dan itu sangat sangat amat melegakan.. berasa jadi orang paling kaya sedunia!

Ternyata membayar hutang tuh mudah.. intinya, ada niat dari kita untuk membayar hutang! Ngga ada cerita ngga terima telpon dari debt collector, ngga ada cerita foya-foya lagi.. inget lhoo, hutang kita ntar "ditagih" di akherat.. heheheee

Simpel aja sih caranya:
1. Jembrengin semua tagihan dan itung berapa sih total sebenernya kita berhutang. Di kasus gue angkanya lumayan bisa buat DP beli rumah..
2. Berhenti belanja yang ngga penting.. kalau udah niat mau bebas hutang, kartu kredit JANGAN DIBAWA! taruh aja di rumah, kalo perlu langsung gunting!
3. Telpon ke bank penerbit kartu kredit, tanya apakah kita bisa dapet bunga lebih rendah. kalau selama ini kita rajin bayar utang, maka sepertinya kita deserve dapetin bunga yang rendah.
4. Usahakan memakai kartu kredit (apabila terpaksa) hanya 15% dari gaji.. dan langsung bayar semua apabila udah gajian. Dengan begitu kita bisa ngga kena bunga.
5. Bayar kartu kredit yang bunganya paling tinggi terlebih dahulu. (saran dari Suze Ormon)
6. Cari pemasukan lain. Kalau dirasa gaji belum cukup buat bayar utang, bisa cari-cari SJ dong.. (side job)
7. Untuk kasus ekstrim, jual barang yang kita punya. Gue pernah, jual henpon buat ngelunasin tagihan henpon.. hebaat kaaan.. (buka aib sendiri )
8. Mulai menabung lagi. Saat ini gue berasa masih punya utang sama diri sendiri. rencananya tuh dulu, gue akan nabung 100 ribu dari gaji gue.. kalo diitung-itung, dengan masa kerja 8 taun, seharusnya gue udah punya tabungan 8X12X100 ribu.. berapa tuuuuh??? tapi skarang? duitnya udah antah berantah...

Begitu sudah ngga mau punya kartu kredit, gue langsung simpen semua kartu kredit gue, totalin semua jumlahnya dan tiap bulan gue bayar 10% saja dari total hutang.. Alhamdulillah semua lunas dalam waktu 10 bulan kaan?

Se-simple itu.. dan walaupun sekarang udah lebih mengerti soal kartu kredit, tetep aja gue sedikit trauma punya kartu kredit.. kata temen gue sih sebenernya kita tetep harus punya 1 kartu.. buat sesuatu yang sifatnya bener-bener darurat... iya ngga sih?

*gambar nyomot di sini
*artikel terinspirasi dari sini

26 comments:

  1. bener banget Mbak! Kartu kredit itu menjerat! Sekarang aku kemana2 cuma bawa 1 kartu kredit dan 1 kartu debet. Diusahakan utk makan dan belanja pake kartu debet, jadi kalo uda nga ada uangnya nga belanja dan makan yang murah meriah aja hehehehe

    ReplyDelete
  2. gwe juga tinggal nysiain 1 kk, ribet punya banyak2 hehe

    ReplyDelete
  3. aku setuju punya paling tidak 1 CC buat kalau berobat ke RS,atau buat beli persediaan makanan yg habis gara-gara kerabat nginep kelamaan misalnya ...hahaha

    ReplyDelete
  4. yang ini "practice makes perfect" tin... lama-lama terbiasa kok... :p

    ReplyDelete
  5. KK saya masih 4, mau nutup ditahan-tahan mulu sama penerbit KK.
    Pernah terjerat bunga gila CUMA gara2 tarik tunai 200 ribu, pernah juga kena bunga hampir 300ribu CUMA gara-gara ga mbayar full payment (pdhl kurang mbayar nya sekitar 100 ribu sekian aja). Jadi skrg selalu biasain bayar full payment on time...

    ReplyDelete
  6. selain ribet, bisa jadi kan-ker tokhh? heheheee

    ReplyDelete
  7. ini yang lg dipertimbangkan.. mas-ku tuh anti CC bangeeet.. :D

    ReplyDelete
  8. ditahan tapi kan dikasi voucheeeerr... huihihihiiiii.. :P

    ReplyDelete
  9. jangan anti banget deh ...siapa tahu butuh
    mas Alan waktu training ke jerman pernah susah dapetin money changer yg rate dollar ke euro-nya menarik ~berangkatnya buru-buru blum sempet nukar ke euro~
    solusinya tarik tunai euro pake' CC, ketika tagihan dateng, nukerin dollar ke rupiah buat bayar tagihan, masih nyisa lho ...hehehe

    ReplyDelete
  10. sebenernya saya cenderung setuju yg ini sih...
    udh pernah coba juga dgn hanya bawa 1 KK di dompet (yg lain ditinggal di rumah), eh sampe mall malah nyesel krn banyak diskon s/d 50% kalo pake KK tertentu, dan siyalnya KK itu malah yg ditinggal di rumah hehehe

    ReplyDelete
  11. jadinya kagak nahaaaaaan hehehe....

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah gak punya utang yang mesti dicicil tiap bulan.
    Alhamdulillah belum pernah kenal ama Kartu Kredit.
    Hidup aman-aman aja tuh:)

    ReplyDelete
  13. bisa buat traktir yah ntar kalo aku ke Jogja.. hihihiii ;))

    ReplyDelete
  14. kayaknya tau nih KK apaan.. hahahhaaa...
    *toss sesama andis.. anak diskon.. hihiii

    ReplyDelete
  15. aduuuh jangan sampe lis.. :) ngga usah diajak kenalan deh..

    ReplyDelete
  16. lagian sapa yang mau kenalan.
    Piss.... Ayo hidup tenang tanpa hutang:)

    ReplyDelete
  17. huhu...sementara gw dari dulu rencana2 melulu membabat habis utang2 gw.... udah mulai jalan, eh ada keperluan mendadak, kepake lagi deh tuh cc... sebelll!!!

    ReplyDelete
  18. ditaru di rumah aja pit.. moga-2 tips dari gue berhasil :p
    *tetap semangat

    ReplyDelete
  19. hihi, kebanyakan mikirnya memang masih kebalik gitu, Ya.
    Jadi kalo CC-nya keliatan banyak di dompet, malah bangga.
    Lah, harusnya kan malah malu karena berarti banyak hutang (kecuali tiap akhir bulan selalu dilunasi seperti kata kamu itu).

    Alhamdulillah, kalo aku prinsipnya sama kayak kamu, Ya.
    Sebisa mungkin jangan sampe punya hutang.
    Kalo enggak punya duit, ya jangan beli sesuatu sampe dibela2in nyicil.
    Dan kalo terpaksa pake CC, ya langsung dibayar akhir bulan.

    Sehingga kalo suatu saat m'Agus dapet rejeki lebih, itu bener-bener rejeki yang bisa ditabung dan nggak mubazir langsung kepake buat bayar hutang/cicilan.

    Bravo, Ya.
    Sering-sering nulis beginian, biar orang-orang makin melek dengan strategi keuangannya!

    ReplyDelete
  20. karena aku tuh dah kena batunya soal perutangan gini, makanya nulis ginian vin.. kartu kredit berendeng, gaji numpang lewat doang.. yang ada gali lobang tutup lobang..

    ReplyDelete
  21. hehe, intinya kudu dijewer dulu baru mudeng ya, Ya?
    gak pa pa, kok. yang penting sekarang udah insyaf. :)

    ReplyDelete
  22. fiuh.. setelah satu tahun jadi kreditor akhirnya resmi cek out dari sistem ribawi ituh... senang rasanya, hidup aman tentram gak mikir bayar utang...

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah ya mbak.. Ternyata nikmat lhoo hidup tak berhutang.. :) biarin deh dibilang wong ndeso ngga punya kartu kredit :p

    ReplyDelete
  24. Semoga Allah pujian
    kakak dan adik saya, menangis lagi untuk host yang menjawab doa-doa saya
    akan menjawab Anda, bagi mereka yang mengatakan tidak ada pemberi pinjaman yang tepat pada
    internet adalah pembohong, aku ingin kau tahu bahwa masih ada beberapa lender
    adalah pinjaman yang baik dan nyata, dan ada satu yang menjawab Allah doa-doa saya.
    Saya telah menjadi korban penipuan internet dan saya ditipu dari 53 juta sebelum
    Saya bertemu dengan seorang teman yang bercerita tentang salah satu pemberi pinjaman benar, pada awalnya, saya meragukan
    dia karena pengalaman masa lalu saya, saya takut tapi teman saya mengatakan kepada saya lakukan
    takut bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat membantu saya dalam keuangan saya
    masalah, saya mengambil keberanian untuk mencoba maka saya diminta untuk melakukan pembayaran untuk
    transfer kredit dan saya diberitahu teman saya dan teman saya memberi saya katanya bahwa saya
    harus takut, dan saya mengikuti dia dan saya melakukan pembayaran, tapi yang terbesar
    mengejutkan saya, setelah saya membuat pembayaran transfer, saya mendapat pinjaman saya di jam kurang
    t. Saya sangat senang, dan hari ini tanda ibu lily Dewan Pinjaman membuat saya yang saya
    pagi. Itu sebabnya saya membuat kesaksian ini bahwa Ibu tanda lily adalah kredit yang benar
    pemberi pinjaman di internet dan saya juga mencoba untuk memberitahu saudara-saudara saya untuk
    sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan ba korban seperti saya. jika Anda benar-benar membutuhkan
    pinjaman di internet, Anda lebih baik menghubungi Ibu lily dan saya berikan penuh
    jaminan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dari perusahaannya. Emailnya
    marklilyloancompany@gmail.com Tuhan memberkati Anda semua
    Semoga Allah pujian
    kakak dan adik saya, menangis lagi untuk host yang menjawab doa-doa saya
    akan menjawab Anda, bagi mereka yang mengatakan tidak ada pemberi pinjaman yang tepat pada
    internet adalah pembohong, aku ingin kau tahu bahwa masih ada beberapa lender
    adalah pinjaman yang baik dan nyata, dan ada satu yang menjawab Allah doa-doa saya.
    Saya telah menjadi korban penipuan internet dan saya ditipu dari 53 juta sebelum
    Saya bertemu dengan seorang teman yang bercerita tentang salah satu pemberi pinjaman benar, pada awalnya, saya meragukan
    dia karena pengalaman masa lalu saya, saya takut tapi teman saya mengatakan kepada saya lakukan
    takut bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat membantu saya dalam keuangan saya
    masalah, saya mengambil keberanian untuk mencoba maka saya diminta untuk melakukan pembayaran untuk
    transfer kredit dan saya diberitahu teman saya dan teman saya memberi saya katanya bahwa saya
    harus takut, dan saya mengikuti dia dan saya melakukan pembayaran, tapi yang terbesar
    mengejutkan saya, setelah saya membuat pembayaran transfer, saya mendapat pinjaman saya di jam kurang
    t. Saya sangat senang, dan hari ini tanda ibu lily Dewan Pinjaman membuat saya yang saya
    pagi. Itu sebabnya saya membuat kesaksian ini bahwa Ibu tanda lily adalah kredit yang benar
    pemberi pinjaman di internet dan saya juga mencoba untuk memberitahu saudara-saudara saya untuk
    sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan ba korban seperti saya. jika Anda benar-benar membutuhkan
    pinjaman di internet, Anda lebih baik menghubungi Ibu lily dan saya berikan penuh
    jaminan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dari perusahaannya. Emailnya
    marklilyloancompany@gmail.com Tuhan memberkati Anda semua

    ReplyDelete