Saturday, May 17, 2008

Apalah arti sebuah nama...

Buset deh.. judulnya tuh common banget yaa.. prasaan phrase ini banyak dipakai kalo orang salah nyebut nama.. entah itu nama orang, nama barang atau bisa juga nama produk..

Nama orang yang seperti apa sih yang paling aneh?

 

Waktu dulu nyari nama untuk kakaKeni, gue rajin ngeliat di website atau forward-an kumpulan nama dari temen-temen.. yang jelas pesen ibu gue, nama tuh musti yang gampang diucapin.. katanya siiih, kalo namanya aja udah susah, bisa jadi orangnya juga ngeyelan.. (apaaa coba hubungannya..)

Susah-susah gampang sih nyari nama.. waktu hamil 5 bulan, gue sama pipun sebenernya udah punya nama buat Keni.. tapi itu jadi rahasia kita berdua.. jadi kalo mau nyebut-2 jabang bayi di perut, liat kiri-kanan dulu.. heheheee... abis lucu aja kalo bilang "kaka keniiiiiiii.."

Gue punya tante, yang satu keluarga terdiri dari 6 orang cewek, yang namanya cowok semua.. ada Budi, Adri, Chandra, aduuh 3 lagi syapa yaa lupa.. ntar tanya nyokap dulu deh.. ya gitu, aneh aja.. sebenernya gue seneng nama Kenisha juga karena gampang dipanggilnya.. selain itu, Keni juga nama yang unisex, bisa laki bisa perempuan..

Ada juga temen cowok namanya kayak cewe.. namanya Tessa.. trus kalo di-email selalu ditulis Tessa (gender:pria)..hahahaaa.. ada juga waktu SMA temen gue namanya Fany Widia.. kalo gue, pernah dapet beberapa surat waktu ngantor dulu: Kepada: Bapak Pria.. hallah.. ngawur kaan..

Nama aneh yang pernah gue temuin, itu temennya kakak gue anak UKI dulu.. namanya Muhammad Yesus.. keren kaan.. tapi gue ngga senekad itu ngasi nama kalo misalnya nanti gue dikasi anak laki.. trus ada juga sekeluarga namanya Fisika, Kimia sama satu lagi juga lupa.. kalo ngga salah Aritmatik deh.. ada juga temen kakak gue yang lain, namanya Prima (berarti Satu), adiknya namanya Dua-n, adiknya lagi AGIT (3 dibalik).. hihi.. lucu juga..

Ponakan gue namanya kan Ryojiro.. trus, waktu itu dia nanya sama mamanya, kok aku namanya Ryojiro.. trus mamanya asal njawab, iyaaa.. soalnya kamu anak ke-2.. jadi Ryojiro, kalo kamu anak ke-3 namanya Ryojirolu... ngawur..

Yaa.. balik lagi Apalah arti sebuah nama.. buat gue, sangat berarti.. punya nama berarti kita nge-branding diri sendiri.. kita dikenal yaa karena nama kita kaan..

So, buat teman-teman calon ibu yang lagi mengandung, pikirkan dengan betul nama apa yang mau kita kasi buat anak kita.. mungkin ada beberapa tips dalam memberikan nama menurut aku lhooo..

1. Nama adalah doa.. jadi dengan memberinya nama yang indah dan bermakna, diharapkan dia akan menjadi pribadi yang baik
2. Cari nama yang unik dan ngga pasaran.. nama Bambang dalam satu kantor mungkin bisa lebih dari 5 orang.. kayak ada temen gue yang temen kantor satu divisi-nya punya nama sama persissss...
3. Nama haruslah gampang dieja.. kalo namanya Rumpelstilskin kan lidah bisa belibet
4. Ide memberi nama bisa dari tokoh karakter (yang baik tentunya).. temen gue punya anak namanya Kal-El.. asli dieja begitu lengkap dengan tanda dash-nya.. (Kal-El adalah nama kecil si Superman)
5. Tentukan mau berasal dari mana nama tersebut.. misalnya dari Arab, Sanksekerta, Perancis, Jerman.. tricky-nya adalah kadang-2 nama yang indah dari negara lain suka aneh jadinya kalo di Indonesia.. misalnya nama Kendi tuh kalo bahasa afrika berarti yang tercinta.. tapi kalo bahasa Indonesia kan artinya jadi tempat minum.. malah jadi ngga bagus..
6. Boleh-boleh aja kalau mau pake nama unik dari selebriti.. cuma kalo gue, nama selebriti cuma cocok buat nama guguk gue.. heheheee (Britney, Carlos Ferrero..)
7. Berdoa.. ini yang suka dilupakan.. ingat, nama tuh untuk seumur hidup.. berdoa semoga namanya benar-benar berkah.. 

4 comments:

  1. shakespeare bilang, apalah arti sebuah nama...
    tanpa nomer hape...

    ReplyDelete
  2. heheeee.. kalo nomor hape tanpa nama tinggal nanya doang yaa ..

    ReplyDelete
  3. wah bentar lage aku mo cari inspirasi nama neh ...

    ReplyDelete
  4. siip.. nanti aku kirimin bukunya..

    ReplyDelete