Sunday, May 11, 2008

[Liputan] Makanan Kaya Gizi Pendamping ASI

Kerjaannya ibu yang mengurus anak dan bosen di rumah, ya begini ini... ikutan talk show seputar perkembangan anak atau topik menarik lain seputar tumbuh kembang anak..

Setelah waktu itu sukses ikut talk-show wirausaha, kali ini topiknya seputar makanan tentunya untuk kepentingan si kakak.. Kakak sekarang udah 6 bulan, masih ASI, tapi memang sudah waktunya diperkenalkan makanan padat (solid food)..

Dipandu sama model Arzetti Setiawan (dulunya Bilbina), disponsorin sama Nutricia, bekerja sama dengan RS Bunda dan majalah Mother and Baby, acara yang seharusnya mulai jam 9 pagi, molor jadi jam 10.. padahal pergi pagi tuh menuntut perjuangan lhooo.. secara gue biasa bangun siaang.. ya udah, jam 7 udah pasang alarm..

Sesampainya di RS Bunda, udah rame ibu-ibu dengan menggendong anaknya.. yang gue liat sih muka pipun langsung sumringah dan bahagia, karena tau kakak bakal ditinggal sama gue..

kakak bete nunggu acaranya ngga mulai-mulai...

Dari beberapa pembicara, diantaranya dari RS Bunda, Dr. Rismala Dewi SpA, dari Nutricia Bp Ray dan dari Dr. Ahli Gizi, lupa namanya siapa.. tak ketinggalan Editor in Chief-nya Mother and Baby, Mbak Intan.. mereka semua sharing mengenai do's and don't nya memperkenalkan MP (Makanan Pendamping) ke anak..

Yang paling penting:
1. Beri ASI Exclusive selama 6 bulan
2. Kenali tanda-tanda anak siap makan:
- selalu membuka mulut apabila ditempelkan sendok di mulutnya
- kerap kali mengecap
- senang melihat orang makan
3. Kenalkan makanan secara bertahap, dari 2 sendok makan menjadi 3, 4 dst
4. Kenalkan sayur-sayuran terlebih dahulu, karena secara naluri anak akan selalu menyukai gula (makanan manis)
5. Kacang tanah mempunyai kandungan protein yang BERBEDA dengan Kacang Kedelai (walaupun masih satu famili kacang-kacangan)
6. Memberikan bubur bayi yang mengandung SOYA (Kedelai) apabila terjadi alergi
7. Apabila tidak memberikan susu formula, ibu yang memberikan ASI dapat memenuhi kecukupan gizi anak dengan memakan makanan kaya gizi

Well, karena ada embel-embel Nutricia, maka yang banyak dibahas adalah tentang pemakaian bahan-bahan alami dalam setiap bubur yang diproduksi Nutricia (Meal Time). Semua bahan tanpa pengawet karena pengawet pun ditengarai dapat menyebabkan alergi.
Nutricia Meal Time tersedia untuk 6 bulan ke atas dan 9 bulan ke atas, dengan 12 pilihan rasa ditambah 3 pilihan rasa untuk si kecil yang alergi protein susu sapi, karena dibuat dengan protein kedelai.

Goody-bag-nya dapat 2, dari Nutricia Meal Time dan Mother and Baby.. dapat makan siang Hoka Hoka Bento juga.. lumayan di acara dapat kenalan baru dan bisa share mengenai perkembangan anak walaupun ngga dapet door-prize..

No comments:

Post a Comment