Thursday, July 31, 2008

Bahaya Botol Plastik (Meminta Penjelasan LocknLock)

Mungkin udah banyak yang pernah denger, entah itu dari forward-an email atau liat di blog seseorang, hari ini gue mau lebih ngeh lagi soal botol plastik.

Seperti yang kita tau, produk plastik tuh pasti dipakai di semua rumah tangga. Bahkan air isi ulang yang galon pun kan pakai plastik.. Tempat air (jug) di rumah juga dari plastik. Terkait dengan pemberitaan di RCTI, disebutkan ada 7 jenis bahan plastik dan hanya 4 diantaranya yang aman dipakai untuk kemasan makanan atau diisi air secara berulang. Disebutkan juga, untuk tidak membiasakan memanaskan makanan di microwave dengan plastik, walaupun sekarang banyak plastik yang bisa dipakai untuk menghangatkan makanan di microwave. Ditakutkan, senyawa bahan utama plastik yaitu Bisphenol-A akan keluar dan berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma dan mengubah fungsi imunitas.

Yang paling aman digunakan, adalah kemasan plastik dengan kode 4 dan 5

Langsung gue cek semua botol maupun tempat air plastik yang ada di rumah. Banyak di antaranya yang ngga mencantumkan tanda segitiga ataupun jenis plastik yang digunakan. Untuk peralatan makan kakak semua aman, mulai dari botol susu, sampai Avent Cup menggunakan bahan plastik yang berkode 4 atau 5 dan ada tulisan food-grade (biasanya juga disimbolkan dengan gambar sendok-garpu).

Penemuan yang cukup mengejutkan gue, ternyata air tempat minum Lock&Lock menggunakan plastik dengan kode 1 PETE, yaitu jenis bahan plastik yang direkomendasikan HANYA UNTUK SEKALI PAKAI, sementara gue punya 2 yang 1200ml dan 1800(?)ml dan udah bertahun-tahun gue selalu pakai untuk tempat air!!

Dengan ini gue sangat meminta penjelasan dari produsen Lock&Lock, karena botol air minum itu juga sering gue pakai untuk air hangat apalagi kalau lagi ngga enak badan. Padahal, menurut matoa.org, jenis botol PETE/PET ini, apabila digunakan untuk menyimpan air hangat maka mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

Gue kasi bates waktu deh sampe 2 minggu, moga-2 staf locknlock bisa menghubungi gue lewat blog ini. Karena, gue liat produk ini masih dipasarkan di supermarket di Jakarta. Bukan hal yang ngga mungkin semua konsumen yang beli botol minum ini "tertipu". Kalau memang ngga ada penjelasan dari locknlock, yaaa gue pasti menyarankan semua orang untuk ngga beli produk ini, karena jelas berbahaya. Untuk sementara waktu gue ngga menggunakan botol ini untuk tempat air minum.

FYI, produk food-container lock&lock menggunakan plastik dengan kode 5, yang aman untuk dipakai berulang.

*klik di sini untuk download Tanda Pengenal Plastik

46 comments:

  1. Wah, gw juga punya nih botol Lock&Lock yang kaya gini agak lebih kecil. Belum pernah ngecek ke bawahnya..... Kalo emang kodenya 1, hmmm aneh juga ya, padahal kan merk ini lumayan diminati di Indonesia...

    ReplyDelete
  2. itu dia pit.. secara peruntukkannya juga spesifik buat air minum..

    ReplyDelete
  3. Aku juga punya banyak di rumah, dan memang pernah mau bilas pakai air panas... ehhh meleyot *gimana bahasanya yah?hehehe* semua... jadi seperti botol aqua disiram air panas.

    ReplyDelete
  4. yang aku baca, justru ngga boleh dikasi air panas, senyawa berbahaya-nya bisa aktif..

    ReplyDelete
  5. Yah tapi biarin aman ada sarat lho. Ada yg boleh panas atau ga gtu d

    ReplyDelete
  6. ngga ada sosialisasinya boleh air panas atau ngga..

    ReplyDelete
  7. maksudku announcement resmi dari produsennya.. atau paling ngga dikasi tau di"tempelan" di botolnya gitu lho jeung..

    ReplyDelete
  8. kalo sekelas lock n lock bisa lah, tapi kalo yg ece ece .. susah kali ya.
    trus kantong plastik juga ga semua bisa dipake buat tempat baso yg panas. atau plastik kresek yg item itu ga boleh buat wadah gorengan ... mau kemana mana bekel wadah/tempat /

    nah maksud akyuuu tadi tuh, dari yg boleh itu yg boleh kena panas yg mana yg ga boleh yg mana jeuuung ..

    ReplyDelete
  9. kalo yang kode 4 atau 5 atau yang ada tanda food-grade, bisa ji.. tapi yaaa, waktu gue di lombok, kalo mo beli bakso ditaruhnya langsung di plastik kresek!!! hebat nggaaa... :p

    ReplyDelete
  10. saya baru membeli botol air 1.5 Ltr. Dan saya sangat kaget begitu membaca di surat pembaca detik com. Pdhl iklan yg dipajang di mall mengatakan "New Tupperware". thanks ya udh terbitkan di surat pembaca....Tinggal nunggu penjelesan dr Lock& Lock aja.

    ReplyDelete
  11. coba dicek lagi mbak, betul ngga ditulisnya PETE (segitiga nomor 1), kalau iya berarti sama kayak saya punya..

    ReplyDelete

  12. Sharing untuk moms and dads (forward dari milis sebelah):

    Salah seorang teman tiba2 nelpon trus bilang bahwa dibawah tiap botol susu ada kode dalam segitiga dimana ada beberapa kode yang sebaiknya jangan dipake untuk bayi. Wah kita selama ini selalu make tanpa mikir. Nah gw udah bikin beberapa riset kecil.
    Segitiga yang dimaksud diatas adalah Resin identification code dimana kode ini lah yang dipake untuk menentukan type dari bahan plastik supaya nantinya bahan tersebut bisa dipilah untuk di daur-ulang.


    / 1 \
    PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/ tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Boto-botol dengan bahan #1 dan #2 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.


    / 2 \
    HDPE High density polyethylene HDPE (high density polyethylene)biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu.sama seperti #1 PET,#2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.


    / 3 \
    PVC or Polyvinylchloride V atau PVC(polyvinylchloride) adalah plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap),dan botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal,hati dan berat badan.

    / 4 \
    LDPE Low density polyethylene biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol2 yang lembek. barang-barang dengan kode #4 dapat didaur ulang dan baik untuk barang2 yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. barang dengan #4 bisa dibilang tidak dapat dihancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan.

    / 5 \
    PP Polypropylene adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat penyimpanan makanan,botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.

    / 6 \
    PS Polystyrene biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam,tempat minum sekali pakai,dll. Bahan polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf.Selain tempat makanan,styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok,asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. bahan ini harus dihindari dan banyak negara bagian di amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara china.

    / 7 \
    OTHER acrylonitrile butadiene styrene acrylic,polycarbonate,polylactic acid,nylon,fiberglass. Other biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olaraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu bispheno1-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik polycarbonate.



    tuh kan pasti tambah binggung ajah? pokoknya sekarang ini kita selaku orang tua di tuntut untuk lebih teliti dalam memilih barang-barang plastik untuk anak kita. Apalagi banyak sekali produk lokal yang tidak mencantumkan kode RIC. Mending keluar biaya lebih daripada tidak aman untuk anak tersayang.


    Saran kita seh sederhana :

    · Selalu teliti saat membeli barang plastik
    · Baca dan ikutin aturan pemakaian dengan benar
    · Cuci, sterilkan dan simpan barang plastik anda di tempat aman (teduh, bebas debu, tidak lembab dan kalo bisa tertutup)
    · Ganti peralatan pastik secara berkala (misalnya: peralatan makan, botol, dot, dsb)


    Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  13. Kayaknya semua org pasti punya produk mereka deh....
    Sebaiknya kita jangan pake produk mereka lagi kali yah....

    Thank you

    ReplyDelete
  14. masih dijual juga kok di pasaran.. ur welkom..

    ReplyDelete
  15. aku salah satu pengguna lock n lock jg...^_^
    klo produk food container lock&lock emang hampir semuanya aku perhatiin pake kode 5, n banyak produk seperti tempat minum/botol minumnya pake kode 7...
    pernah memang disalah satu mall aku ngeliat produk digambar sis ini, dan betul kodenya 1...gak jadi aku ambil...pdhl mo buat nyimpen air minum di kulkas tuh...
    mending klo sdh tau kodenya gak usah dibeli deh....
    so....beware before we buy it dehh...!

    ReplyDelete
  16. akuurr..
    sampai saat ini blm ada penjelasan tuh..

    ReplyDelete
  17. aku baru aja beli neh, tp yang buat bekal makanan..
    wah kalo sebelumnya aku tau ga jadi beli ...:(
    skr jd takut make..
    thx banget ya infonya...

    ReplyDelete
  18. kalo yg buat makanan, rata-rata aman mbak.. mereka pakai yang <5>, tp yang buat minum aja yg aku perhatiin yg PETE <1>.. justru itu yg ngga dianjurkan buat tempat minum..

    ReplyDelete
  19. waah.. bahaya nih..dirumah pk yang ini jg...
    thanks ya buat info nya..
    apa reply dari lock n lock ya gak?

    ReplyDelete
  20. udah ditaruh di detik.com juga ngga ada tanggepan tuh mbak.. setiap ada konter locknlock di mall rata-2 yg jaga cuma sekedar jaga aja, ngga tau asal usul apalagi kode plastik berbahaya.. boro-borooo

    ReplyDelete
  21. aku smlm pun br beli n baru tersadar kl punya gw pun tertulis <1> PETE.Trus gw nemu site ini n br tau berbahaya...ntar gw mau coba e mail ke salah satu branch officernya yg di amrik sono..minta tanggapannya..ato temen2 semua mau rame2 tls e mail ke sana...coba aja kirim ke marcolee@locknlock.com..

    ReplyDelete
  22. gitu komentar dr pihak mereka...gw rasa aman2 aja kita pake berulang2 asal ga kena panas kali ya.....temen2 uda pada tulis ke mereka ga? tanggapannya gmn?

    ReplyDelete
  23. ikutan komen yaaa..
    seperti yg sering aku dengar.. sebenernya untuk masalah seperti ini, ada perbedaan cara bertanya diantara konsumen dalam negeri kita dengan diluar. Rekan2 didalam negeri, kebanyakan merasa tertipu karena membeli produk dengan tulisan PET atau PETE. Akan tetapi aku mencermati, rekan2 dari luar negeri lebih cenderung menanyakan "mengapa produk sekelas lock n lock memilih menggunakan PET untuk salah satu produk botol minum mereka? apa alasannya?"

    Kenapa sampai ada perbedaan seperti itu? sebenanya hanya karena diluar negeri sosialisasi n pengetahuan ttg memilih plastik n kodenya ini udah jadi kebiasaan mereka sehari2, sedang di tempat kita indonesia.. hal seperti ini tidak disosialisasikan.. Kita terima matang apa yg diproduksi orang lain.

    Menurutku, sebenarnya lock n lock, pigeon, chico dll tidak menipu (walau aku ga suka cara pigeon mencantumkan kodenya, yaitu di dos mereka, bukan dibotol), karena mereka sudah dengan jujur mencantumkan bahan mereka. bandingkan dengan banyak produk plastik lain yg blas sama sekali tak berkode. Menurutku itu malah kucing dalam karung.

    Salah seorang teman bilang "udah tau PET masih dibeli." lah.. masalahnya, kita yg ga tau PET itu apa. meski ditulis gede2 dibotolnya sampe kaya merk gitu, kita juga ga akan tau kalo itu bahan dari PET. Maksud temenku, kan udah ada pemberitahuannya sih.. siapa suruh kamu ga baca (ga baca, kalo definisiku = ga ngerti, walau dibaca kalo kurang pengetahuan juga ga akan ngerti..).

    dipikir2 kita nie baru aja pinternya yee.. wkwkwk ^^

    ReplyDelete
  24. betuuul sis irene.. menurut aku mereka sih bukan menipu, tapi memanfaatkan ketidaktahuan konsumen.. nah, dengan isu bahaya plastik akhir-akhir ini, tidak membuat mereka berhenti utk memproduksi kemasan dengan bahan yang berbahaya ini.. sekali lagi, konsumen yang "dipaksa" utk lebih pintar... sekarang untuk kita yang sudah mengerti, pastilah ngga akan beli botol dengan bahan dasar PET ini, tapi kasian kan yang ngga ngerti... apalagi dengan produk botol yang sama sekali tidak mencantumkan kode, sudah pasti ngga akan aku beli..

    yaahhh nasiiiib jadi orang indonesia... heheheee...

    ReplyDelete
  25. padahal gw percaya loh sama produk korea.. tapi gw emang ga pernah make buat air panas gimana ya?? punya 1 gw.. mending pake lion star dong???

    ReplyDelete
  26. kalo memang berkode 5, kenapa enggak?? :)

    ReplyDelete
  27. wah.. baru banget baca...
    tfs yah teman2...
    kudu lebih teliti lagi nih... apalagi yg punya anak2, ehm... moga2 mulai sekarang kita lebih cerdas n cermat ya say dalam segala hal.. biar ga gampang dimanfaatkan produsen atas keluguan **baca:ketidaktahuan** kita, hehhehe...
    tengkyu.. tengkyu.. tengkyu..
    salam kenal semuannya...

    ReplyDelete
  28. penegetahuan baru...
    jd kudu rajin2 buka internet nich...

    ReplyDelete
  29. jadi bingung nih. Kata L&L nya aman bisa dipake berulang2. tapi kan bahan PET ga aman. Jadi gimana?
    Tapi yang aku punya, botol minum yang kotak segi empat ada tutupnya, itu #5 lho. kalo yang laennya emang #1.

    ReplyDelete
  30. ya.. kembali semua berpulang kepada konsumennya kan..

    ReplyDelete
  31. siip.. thanks udah mampir mba..

    ReplyDelete
  32. prinsipnya, kalau ragu, lebih baik ngga usah dibeli.. mending beli yang jelas-jelas bertanda PP5, pada akhirnya kita sebagai konsumen kan yang menentukan.. :)

    ReplyDelete
  33. Saya jg pakai bbrp produk L&L. Utk wadah minumnya tertera #5. Jd aman dong. Ahamdulillah. Tp bbrp waktu yg lalu ada ibu2 yg blg bhw dia py meleleh begitu kena air panas. Mnrt sy, memang tdk smua produk bs dpakai utk air panas or sebaliknya. Jd ada baiknya, kita kudu rajin2 tanya ke penjualnya ttg keunggulan n kelemahan produ yg bakal qta beli. bukankah begitu? Let's be a smart consumen

    ReplyDelete
  34. Mba, botol lock&lock saya kode nya buka #1 tapi #7. sebenarnya kode #7 jg gak bagus kan ya? T__T kecewa bgt setelah sekian lama saya pake, tiap hari di bawa ke kampus. Udah gitu lock&lock kan harganya juga gak tergolong murah. Kecewa bgt deh pokoknya. :((

    Mba saya ijin ya tanda pengenal plastiknya saya buat di blog saya juga.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau jawab sebenarnya kode 7 itu artinya other atau yg lainnya. dan jenis kode 7 ini macem2 mbak. Nah setahu saya yg lock n lock ini dia ngambil bahan yg aman, kalau gak salah bahannya tritan.

      Delete
  35. silakan mbaa.. semoga info-nya berguna yaaa...

    ReplyDelete

  36. SILAHKAN DIPESAN MULAI DARI SEKARANG TIKET PAKET PERJALANAN ANDA UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH UMROH / UMROH PLUS TURKI / UMROH PLUS DUBAI / UMROH PLUS AQSHA / UMROH PLUS KAIRO & HAJI PLUS.....

    LABBAIK ALLAAHUMMA LABBAIK....

    YAA ALLAH KAMI PENUHI UNDANGANMU UNTUK DATANG KERUMAHMU...

    JADWAL UMROH 2015 –2016

    15 APR 15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH 09 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    09 APR 15 UMROH PLUS TURKI
    HOTEL*4/TURKISH 12 HARI = $2750 = SISA 25 SEAT

    11 APR 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2600 = SISA 25 SEAT

    15 APR 15 UMROH 2X JUMAT
    12 HARI = $1850 = SISA 30 SEAT

    15 APR 15 = UMROH 2X JUMAT
    15 HARI = $1950 = SISA 30 SEAT

    26 APR 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1775 = SISA 40 SEAT

    THN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    07 MEI 15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH = 09 HARI = $1800 = SISA 35 SEAT

    11 MEI 15 UMROH PLUS AQSHO ISRA MIRA’J
    13 HARI = $3400 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 = UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2700 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2500 = SISA 25 SEAT

    29 MEI 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH 12 HARI = $1900 = SISA 30 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH
    15 HARI = $2000 = SISA 30 SEAT

    TAHUN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA = 25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    PAKET UMROH RAMADHAN 2015

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    09 HARI = $2400 = SISA 30 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    12 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    $2900 = SISA 15 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    09 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    12 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    25 JUN 15 LAILATUL QADAR
    15 HARI = $2900 = SISA 20 SEAT

    11 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    09 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    8 JUL 15 = AKHIR RAMADHAN
    12 HARI = $3000 = SISA 20 SEAT

    5 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    15 HARI = $3200 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 FULL RAMADAHAN
    30 HARI = $4000 = SISA 25 SEAT

    5 JUL 15 ITIKAF RAMADHAN
    15 HARI = $2400 = SISA 25 SEAT

    17 DEC 15 UMROH PROMO
    09 HARI = $1650 = SISA 45 SEAT

    26 DEC 15 = UMROH TAHU BARU
    09 HARI = $1700 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS AQSHA
    12 HARI = $2600 = SISA 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KUOTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 = UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    Hubungi Segera Marketing Kami :
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    Pin BB 54EE5486
    DHONY HADI SYAHPUTRA

    SILAHKAN COPY PASTE LINK DIBAWAH INI
    ; http://donifatatour.blogspot.com/

    SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MEMANGGIL TIAP ORANG YANG MAMPU...
    MELAINKAN MEMAMPUKAN TIAP ORANG YANG TERPANGGIL, INSYA ALLAH DIANTARANYA ANDA..

    ReplyDelete
  37. kalau buat kode yang 1 / PETE/ PET itu kalau kena sinar matahari itu bisa meleleh gak ya?

    ReplyDelete
  38. Tahun 2021 nyesel baru baca ini.. ternyata punya sy juga kodenya 1 PET, mana punya banyak banget.bahkan ada yg 85 PC(ga tau yg ini aman atau ga) .. aq pikir yg merknya da famous kualitasnya udah bagus.. ternyata 😱😱😱

    ReplyDelete
  39. Baru liat blog ini, karena barusan beli lock&lock yang toples interlock di online, ternyata pas saya liat semua kode nya 1 PET duh mana beli banyak, nyesel banget kirain kode PP seperti tupperware.. apakah sudah ada penjelasan nya dari pihak L&L ? Hiksss
    Btw makasih blog nya bermanfaat kita jadi makin paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betulllll sedih sedih sedihhhhhh... klo emang pet 1 apa bedanya beli di toko plastik biasa

      Delete
  40. Aku baru aja beli online lock n lock buat wadah terigu biar syantikkkkkkk estetik... harga 3pcs yg 1lt 99rb mayannn ya kan. Pas diterima barusan diliat eh iya bawahnya PET 1 trus aku jg searching Ampe nemuuuu artikel ini... so sad... kemahalan yah wadah plastik skali pakai harga satu 😔
    BPA freee tapiiii aaahh... bener mending beli lion star PP 5

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete