Saturday, July 5, 2008

Stroke Papa (dan daftar terapi)

Jadi inget dulu papa pertama kena serangan stroke, 4 April 2003, saat subuh dan papa mau ambil air wudhu.. tiba-tiba gue denger pintu kamar mandi berdebam dengan sangat keras.. *beeeeeeeng (karena pintu kamar mandi dari aluminium).. gue yang saat itu tidur bareng mereka (ketauan deh) langsung kaget kirain ada bom.. begitu tau papa di kamar mandi, gue langsung tanya,"kenapa pa?" dia jawab,"kok kayaknya kaki papa tiba-tiba lemes"..

terus terang pada saat itu gue ngga tau apa yang terjadi sama papa.. gue bantu papa berdiri dan pindah ke atas tempat tidur.. gue langsung bilang,"ayo kita ke rumah sakit".. dan papa pun setuju..

Begitu sampai di rumah sakit, ternyata tekanan darah papa 240/170, tinggi sekali.. dan papa langsung diberi tindakan ini itu.. gue yang pada saat itu tinggal bertiga di rumah, langsung sibuk telpon semua kakak-kakak minta cepet ke rumah sakit.. dan pada akhirnya gue baru tau, kalau itu yang namanya stroke..

begitu dokter dateng, beliau salut atas tindakan gue yang langsung bawa papa ke rumah sakit, katanya, serangan stroke bisa diatasi dengan lebih baik apabila penderita langsung dibawa ke rumah sakit dalam waktu kurang dari 3 jam setelah serangan.. gue juga bersyukur, jarak dari rumah ke rumah sakit juga ngga terlalu jauh, apalagi pagi subuh seperti itu jalanan masih lengang..

Pasca serangan stroke, papa lalu bergabung dengan YASTROKI (Yayasan Stroke Indonesia) cabang RSPAD Gatot Subroto. Di Yastroki, papa bergabung dengan IPS (Insan Pasca Stroke) dan berbagi info mengenai tempat-tempat terapi yang dibutuhkan untuk pemulihan syaraf-syaraf yang terganggu akibat serangan stroke.

Tercatat, ada 24 pengobatan terapi, baik itu alternatif maupun medis yang sudah papa datangi. Semua demi kesembuhan dan pemulihan. Dokter stroke papa pernah bilang,"stroke itu datang seperti kilat, pulang seperti siput" jadi harus sabar dan penyembuhannya tidak bisa instan. Sebagai keluarga penderita stroke pun kita juga perlu selalu beri dukungan dan juga doa tentunya..

Daftar Terapi:
1. Terapi Medik, RS Cikini
2. Pijat Perut, Sukabumi
3. Pijat Syaraf, Cijantung - Kalisari
4. Pemanasan Tenaga Dalam, Cililitan Kecil (H. Abubakar)
5. Tenaga Dalam dan Doa, Tebet (Subagyo)
6. Akupuntur, Patra Jasa (Dr. Susetyo)
7. Setrum Alami, Cibinong (Anda)
8. Setrum dengan Meja Listrik, Rawamangun (Ibu Diah)
9. Setrum dengan tissue, Kelapa Gading (Harto)
10. Hipnotis, Meruya - Kebon Jeruk
11. Tusuk Jarum Bakar, Batu Ceper
12. Sedot Gaib, Ciputat
13. Pijat Syaraf, Ciputat (Eyang Agung)
14. Pijat, Ciseeng
15. Sedot Kecup, Cipete (Petrus)
16. Refleksi, Kebon Sirih (Wandi)
17. Refleksi, Jl. Sabang
18. Pijat dengan pemanas, ATFG
19. Batu Giok
20. Periksa dan deteksi, Pejaten
21. Paranormal, Cipulir (Dewi)
22. Paranormal, Kalisari - Cijantung (Haryo Panuntun)
23. Doa, Rawamangun (Hendra)
24. Senam dan Terapi Wicara, Yastroki

Semoga syaraf motorik papa yang bermasalah bisa sembuh seperti sedia kala.. ngga tega kalau liat papa sedih sambil bilang,"kasian ya kakakeni, kakiang (baca:kakek) ngga bisa gendoooong".. huuuuu...

Mari kita jalani hidup sehat.. papa sepenuhnya sadar, kalau dia dulu ngga menjalankan hidup sehat.. sekarang papa udah stop daging kambing, jeroan dan sea-food.. banyak minum air putih, makan buah dan sayuran.. katanya, padahal kambing kan vegetarian, cuma makan rumput doang, kok bisa yaa karena kambing aku kena stroke.. sekarang aku jadi kambing deh.. heheheee... lha iyalaah.. makan kambingnya TIAP HARI.. (catet:tiap hari)..

silakan unduh artikel hidup sehat yang sekarang menjadi pegangan papa dan mama.. semoga kita pun terhindar dari penyakit yang makin lama makin aneh-aneh..

Insya Allah..

21 comments:

  1. Thx infonya yaaa.......duuuhhh jadi pengen pulang.....

    ReplyDelete
  2. papanya stroke juga yaa mbak niken?

    ReplyDelete
  3. Ngga.....mamaku tinggal sendirian, Papaku sich sudah meninggal 18 tahun yang lalu, waktu aku masih kecil, kalau mikirin soal kesehatan orang udah berumur, aku pasti kepikiran mama, karena mama tinggal sendirian, jauh pula.....

    ReplyDelete
  4. monggo di dl aja artikel nya mbak..

    ReplyDelete
  5. Amin.

    Papaku kmrn pembuluh darah di matanya pecah, katanya karena hipertensi (biasanya darah rendah soalnya)...kt dokter untung gak ke otak, bisa stroke...

    abis makan duren gak kira2 dan kambing...

    duh, dua2nya kedoyananku...gmana ya?

    ReplyDelete
  6. itu dia nad... aku jg suka banget sama duren & kambing, tips-nya adalah makan sepengennya aja, dan ngga boleh berlebihan.. kalo lg ngga pengen yaaa ngga nyari.. :)

    ReplyDelete
  7. Tul skale qta memang kudu hidup sehat tapi skali-kali ajak dunk makan sea-food...
    Tak tunggu loh!!!

    ReplyDelete
  8. beneran niiih.. lg pengen kepiting dimana yakk...

    ReplyDelete
  9. lah pengennya 5 buah duren plus 1/2 kambing, gmana dunks? hihihi kayak obelix yak...

    ReplyDelete
  10. dah coba No Sign Board lom? di Pac Plce........jangan skarang ya abiz masih di Hannover nech!!!

    ReplyDelete
  11. ole-ole yg byk yaa buat kakakeniiiii... hihihihiiiii :p

    ReplyDelete
  12. Thanks sharingnya Mba :-)

    Mudahan aku juga bisa mendisiplinkan diri, di Indonesia godaannya luar biasaaaaaaa
    *huhuhu, sudah naek 7 kiloan, ihiks*

    ReplyDelete
  13. kalo kata dokterku, penyakit datang dari apa yang kau makan.. heheee.. :)

    ReplyDelete
  14. saya doakansemoga sembuh dansehat semuanya..amin. temanku bisa terapi loh...

    ReplyDelete
  15. oya? terapi model apa? terima kasih untuk doanya..

    ReplyDelete
  16. Kabar baik nih bagi penderita stroke.. ada teknologi terbaru yaitu TRANSFER FACTOR yang bisa membantu penyembuhan penderita stroke karena Transfer factor merupakan molekul ajaib karunia Tuhan yang dibuktikan lewat sains.. setelah lebih dari 50 tahun penelitian dan telah mendapatkan rekomendasi dari kementrian kesehatan Rusia dan masuk ke dalam buku rujukan dokter (PDR) di Amerika, Transfer Factor mampu mempercepat penyembuhan penderita stroke...
    http://www.thetransferfactorindonesia.com

    ReplyDelete
  17. Alat apa sih TRANSFER FACTOR itu ? dapat diperoleh dimana dan berapa harganya ? mohon diinformasikan karena saya ini Sakit Stroke 5 tahun yang lalu. Siapa tahu alat itu bisa membantu penyembuhan saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  18. terima kasih lis terapinya, pasti kita cobain. tambahan buat sharing, di pluit ada sinshe yg berani nantangin bisa nyembuhin stroke bisa konsul via tv one atau suntv setiap jumat jam 22.00 atau telp ke tempat prakteknya di no 681 74808 / 091322385339 selamat sembuh...semua penyakit ada obatnya

    ReplyDelete
  19. Alamat lengkap dan no telp kecup petrus berapa?, thanks

    ReplyDelete
  20. Thanks for sharing, mohon bantuannya utk alamat lebih lengkap beserta nomer telp?

    ReplyDelete