Monday, July 14, 2008

Zat Gizi pada ASI

Tidak ada yang membantah bahwa ASI adalah makanan kaya gizi untuk bayi.. Selain komposisinya sesuai dengan pertumbuhan bayi (mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, zat besi), ASI juga dilengkapi dengan zat pelindung (immunoglobin, lekosit, laktoferin, faktor bifidus, lisozin dan taurin).

Tapi tahukah bunda, zat gizi apalagi yang terdapat di ASI?

1. Kolostrum
Cairan kental berwarna kekuning-kuningan yang dihasilkan pada sel alveoli payudara ibu. Sesuai untuk kapasitas pencernaan bayi dan kemampuan ginjal bayi baru lahir yang belum mampu menerima makanan dalam volume besar.

2. Protein
Terdiri dari casein (protein yang sulit dicerna) dan whey (protein yang mudah dicerna). Kebalikan dari susu sapi, protein dalam ASI lebih banyak mengandung whey daripada casein sehingga protein ASI lebih mudah dicerna

3. Lemak
Lemak ASI adalah penghasil kalori (energi) utama dan merupakan komponen zat gizi yang sangat bervariasi. Lebih mudah dicerna karena sudah dalam bentuk emulsi. Penelitian Osborn membuktikan, bayi yang tidak mendapatkan ASI lebih rentan menderita penyakit jantung koroner di usia muda.

4. Laktosa
Laktosa merupakan karbohidrat utama pada ASI yang berfungsi sebagai sumber energi. Fungsi lainnya adalah meningkatkan penyerapan kalsium dan merangsang pertumbuhan laktobasilus bifidus (bakteri baik)

5. Vitamin A
Konsentrasi berkisar pada 200 IU/dl

6. Zat Besi
Meskipun ASI hanya mengandung 0,5 - 1,0 mg/liter zat besi, tetapi bayi yang menyusui jarang kekurangan zat besi (anemia). Hal ini disebabkan zat besi pada ASI lebih mudah diserap.

7. Taurin
Berupa asam amino dan berfungsi sebagai neurotransmitter, berperan penting dalam pertumbuhan otak bayi.

8. Laktobasilus
Berfungsi menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri e.Coli yang sering menyebabkan diare pada bayi.

9. Laktoferin
Bermanfaat menghambat bakteri stafilokokus dan jamur kandida.

10. Lisozim
Dapat memecah dinding bakteri sekaligus mengurangi insiden Karier Dentis dan Maloklusi (kebiasaan mendorong lidah ke depan akibat menyusu dengan dot)

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam ASI, masih ragukah bunda memberikan hanya ASI untuk sang buah hati?

Salam ASI

*sumber: Ibu Mariza
PT Mecosin Indonesia
email: Seputar ASI: mktmecosin@cbn.net.id

No comments:

Post a Comment