Thursday, January 13, 2011

[Oriflame] Satu Tahun yang Terbuang

Sekitar bulan April 2009, istri sahabat saya, namanya Ida, seorang ibu rumah tangga yang juga berbisnis kue mempunyai satu orang putra ganteng , mengajak saya gabung di Oriflame. Saat itu dia juga baru mulai di bisnis ini. Dengan penjelasan seadanya, pada saat itu sama sekali tidak tertarik mencoba. MLM? Multi Level Marketing? paling jual-jualin produk, ngajak-ngajak orang lain untuk jadi "korban" berikutnya, lalu, apa?

Tapi sayapun menganggap ajakan itu hanya “sekedar” ajakan, pengen tau, orang yang dengan semangat to the max sampai mana sih bisa mempertahankan semangatnya? emang gampang ngajak-ngajak orang gitu? dapetnya berapa sih?

So, setelah “dipaksa” mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran 39.900 rupiah, starter kit Oriflame pun sukses masuk ke kontainer dan hanya dibuka sekilas. Ngga pengen tau caranya gimana, ngga pengen liat barang-barangnya, intinya, ribet ikut ginian.

Tapi apa yang saya dapat? 1 tahun yang terbuang percuma. Kenapa?

Ida, si newbie yang ngajak saya bergabung satu tahun lalu, ternyata sudah melesat menjadi seorang LUAR BIASA dengan posisi Director di Oriflame, mempunyai BONUS mencapai lebih dari Rp 5.000.000,- (LIMA JUTA RUPIAH) perBULAN! KOK BISA??
Sementara dia tertawa-tawa dengan BB barunya (yang tentunya dibeli bukan dengan cara nodong suami), saya  hanya bisa memandangi henpon kacang yang sepertinya speakernya udah mulai rusak. Sementara dia punya (hampir) satu seri tas baru, dari travel bag, cosmetic pouch dan trolley bag yang super duper keren GRATIS dari Oriflame, tas selempang biru butut yang tetap setia menemani saya.

Ida bilang, beneran masih mau gini-gini aja? Kalau punya mimpi yaaa musti kerja, jangan ngomong doang, karena di Oriflame, MIMPI BISA MENJADI KENYATAAN!
OKE, sekaranglah SAATNYA SAYA HARUS PUNYA MIMPI!!

Karena vakum 1 tahun, nomor keanggotaan Oriflame saya pun hangus, dan dengan penuh rasa tanggung jawab, saya pun kembali melakukan pendaftaran, dengan optimisme dalam hati: kali ini pasti hasilnya BEDA!


10 comments:

  1. Terus terang, tadi aku sempet bingung mo ng-reply jurnalmu yang mana, mb.
    Secara langsung dibom bertubi-tubi begitu ... hihi!
    Akhirnya aku memilih yang ini.
    Karena ada cerita soal Ida-nya.
    Maklum, kalo ngomong soal Multiply, aku enggak akan pernah bisa lupa ama Ida.
    *halagh

    ReplyDelete
  2. Jadi selain ng-buang 365 hari, ternyata m'Tria juga membuang 39 ribu perak, ya?
    *ikut prihatin

    ReplyDelete
  3. apanya tuuuuh yg ngga bisa lupa? risol kribo yaaak? :p
    iya nih vin, pindahan dari tempat lain, pan udah dipreambule dulu di depannyaaaa...

    ReplyDelete
  4. iihh pamali buang uaaang.. 39 ribu perak itu kan uang pendaftarannya, tapi dapetnya kan lebiihh.. ihiiiyyy.. :)))

    ReplyDelete
  5. Enggaaak ...
    Dulu itu aku bela2in sign up ke MP kan karena penasaran pengen komen di jurnal2nya Ida. Yang akhirnya aku juga kesasar ke blognya m'Agung. Dan kalo mau tau, aku keblasuk ke MPnya Ida karena ngeliat blogroll-nya Aditya Mulya 'Jomblo'.

    hehe, muternya disitu-situ aja ya, mb?

    ReplyDelete
  6. hehe, percayaaaaaa ...
    Tetep semangat ya, mb!

    Dulu jaman aku masih SMP (kalo enggak salah) sempet ada Tante yang join Oriflame. Dan bahkan akhirnya aku jadi langganan beli body talc plus parfumnya apa, ya? Nah, tapi mungkin pada jaman itu (80-an gitu, loh!) Oriflame belom menemukan formatnya kali, ya. Jadi aja si Tante kurang sukses ...

    ReplyDelete
  7. trus ngeliat blog aku dari mana? hehheeee.. muter-2 ngga papa kan, asal ra mumet.. baydewei, foto jeng vina cantik lhooo.. *kasi cermin*

    ReplyDelete
  8. Oriflame udah ada dari taun 86 vin, ngga ngerti juga deh dulu skema bisnisnya gimana.. aku aja nyesel tau Oriflame, nyesel baru tau.. :p

    ReplyDelete
  9. itu ida sampe kudu "membuktikan" dulu baru mamakeni terbuka matanya eh terbuka otaknya.. :D

    ReplyDelete
  10. iya mba, dasarnya paling males banget ikut mlm, tapi malah baru tau kalo yg dulu-2 ngga kenal sama sistemnya.. malah banyak yg money game :(

    ReplyDelete