Sunday, June 22, 2008

AfirmASI

Kata afirmasi (affirmation) seperti contoh di atas menurut wikipedia adalah keyakinan akan sesuatu yang diyakini benar. Bisa dalam artian pengembangan diri, psikologi, kesehatan dan juga doa. Afirmasi biasa dipakai dalam pelatihan-pelatihan outbound yang biasanya berupa kalimat-kalimat positif entah itu mengenai diri kita maupun dalam tim.

Misalnya nih, ada seorang yang merasa rendah diri, merasa dirinya ngga ganteng.. atau misalnya penyakitan.. maka dia bisa memulai hari dengan bercermin dan mengatakan "aku ganteng" atau "tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan" terus menerus berulang ulang kali sampai diyakini itu benar.. tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan kembali rasa percaya diri dan membuatnya bersemangat..

Ternyata, dalam memberikan ASI pun kita harus percaya bahwa ASI kita akan cukup untuk bayi kita. Semua ada dalam pikiran kita, apabila kita yakini itu benar, maka ASI pun dapat mengalir dengan lancar.

Coba deh untuk membuat kartu-kartu berukuran 10 X 15cm, lalu tulis afirmasi-afirmasi di bawah ini.. biasakan untuk mengambil 1 buah kartu setiap bangun pagi, lalu katakan afirmasi yang tertulis.. ulangi terus sepanjang hari.. yakini bahwa ASI kita akan cukup selama adik bayi memerlukannya.. terus terang gue sendiri tidak memakai afirmasi ini, tetapi ada beberapa kalimat afirmasi yang setiap saat gue katakan pada diri sendiri.. seperti; ASIku akan cukup sampai Kenisha bosan.. ditambah juga dengan doa tentunya..

Silakan mencoba...

  • My breasts were made for nursing
  • Payudaraku dibuat untuk menyusui
  • My breasts are perfect
  • Payudaraku sempurna
  • Breasts are life-sustaining
  • Payudara adalah penopang kehidupan
  • Without breastfeeding there would be no human race
  • Tanpa menyusui, tidak akan ada kehidupan manusia
  • I will breastfeed, I can breastfeed
  • Aku akan menyusui, aku BISA menyusui
  • Breastmilk is life milk
  • ASI adalah susu kehidupan
  • Woman has maintained and saved lives with her breasts since the beginning of motherhood. I am woman.
  • Wanita telah menjaga dan menyelamatkan hidup dengan payudaranya sejak awal menjadi seorang ibu. Aku adalah seorang wanita.
  • My breasts belong to me and my baby
  • Payudaraku adalah milikku dan bayiku
  • My breasts will be/are magnificent milk fountains
  • Payudaraku akan/adalah pancuran susu yang luar biasa
  • My body knows how to make milk and nurse my baby and I will let it flow freely.
  • Tubuhku mengerti bagaimana menghasilkan susu dan menyusui bayiku dan aku akan membiarkannya mengalir dengan bebas
  • One feed at a time!
  • Menyusui setiap saat!
  • I am a fountain of utilitarian magnificence
  • Aku adalah pancuran dari segala kegunaan yang luar biasa
  • It's OK to need and ask for help learning to breastfeed.
  • Tidak masalah memerlukan dan meminta bantuan dalam menyusui
  • It gets better and easier each time I nurse.
  • Aku menyusui dengan lebih baik dan lebih mudah setiap kali
  • My new baby is learning to breastfeed with me.
  • Bayiku belajar untuk menyusuiku
  • In the next few days or so it will get much easier.
  • Dalam beberapa hari ke depan akan semakin mudah
  • I am creating a special bond with my nursing.
  • Aku menciptakan ikatan yang spesial (dengan bayiku) dengan menyusui
  • I am providing my baby with the best nutrition possible.
  • Aku memberi bayiku nutrisi terbaik yang bisa aku berikan

afirmasi diambil dari sini
gambar nyomot di sini

2 comments:

  1. Alhamdulillah, dua kali punya baby, ASI-ku lancar terus, Tri. Udah rejekinya Kayla & Keiva kali, ya? :)

    ReplyDelete
  2. bersyukur banget vin.. ada juga ibu-2 yang tidak seberuntung kita.. untuk itu diperlukan afirmasi ini, Insya Allah bisa lancar.. :)

    ReplyDelete