Sunday, June 15, 2008

Aku tak Berdaya..

Di suatu sore, seorang nenek yang sedang menggendong bayi sambil memberikan susu untuk si bayi kecil, menyapa gue..
"anaknya umur berapa?"
"oh.. Keni sudah 7 bulan.."
"sehat yaa.."
"Alhamdulillah.., adik bayi-nya umur berapa?"
"baru 3 bulan.."
"itu ASI?"
"oh bukan, susu formula.. abis mamanya kerja sih"
dalam hati, "emang ibu bekerja ngga bisa memberi ASI untuk bayinya?"

kemudian nenek tersebut berlalu..

ngga berapa lama, ketemu lagi di lorong aneka bubur bayi instan.. gue memang mempersiapkan bubur bayi instan apabila gue pergi-pergi sama Keni.. ibu si bayi tampak sibuk memilih bubur mana untuk adik bayi...
"yang kemarin ini kan udah ya mam.."kata ibu bayi ke neneknya si bayi
"itu rasa apa?"kata si nenek
"beras merah, stok banyak aja deh sekalian.."

sambil menghela nafas, gue ngga kuasa untuk berheran-heran diri..
bayi 3 bulan udah dikasi bubur instan??
di jaman era informasi seperti ini, ternyata masih ada aja ibu yang ngga tau perkembangan dunia kesehatan bayi.. padahal menurut gue, apabila memang si ibu bekerja, semestinya dia kan bisa menggali informasi mungkin dari teman-temannya yang sudah lebih dulu punya bayi..

selebihnya gue bingung, mau ngasi tau ya gue bukan dokter.. mau ngasi tau, lah kenal aja juga kagak.. mau ngasi tau, lu pikir lu sapeee???

*speechless...

8 comments:

  1. ck ck ck :( kasian banget anaknya...

    ReplyDelete
  2. duh...
    susah jg ya, kalo ngasih tau tar malah dijutekkin...hm...

    ReplyDelete
  3. duhhh... aku pasti ga bisa diam langsung seketika comment tuch...
    kasihan betul itu bayi. mudah2an sehat selalu ya , kasihan lambungnya :)

    ReplyDelete
  4. itu dia.. serba salah jadinya.. :(

    ReplyDelete
  5. bukan cuma lambung,rin.. kan memang umur segitu belum siap nerima makanan padat, secara di tiap bungkus bubur instan selalu ada tulisan "untuk bayi usia 6 bulan ke atas" bukan?

    ReplyDelete
  6. Jadi, bersyukurlah kaum ibu yang (minimal) doyan baca dan melek teknologi. Setidaknya mereka bisa ng-browse2 segala macam informasi hanya dengan satu klik, kan?

    Tapi jangankan soal makanan, Tri. Sedangkan children safety aja masih banyak yang nggak ngeh, kok. Misalnya saat bayi tidur jangan dikasih bantal dan selimut untuk mengurangi resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) ato yang sepele banget seperti 'jangan pernah meninggalkan anak (not even one second!) di dalam bak mandi -untuk ngambil handuk lah ato (apalagi) nerima telpon- ... etc.

    Yah, cuma bisa mengurut dada aja, Tri. Moga-moga kita semua bisa berubah menjadi lebih baik dan nggak kayak ibu-ibu yang kurang pengetahuan (ato bergaul) itu, ya? Amien. Biar anak-anak kita aman sentosa ... :)

    ReplyDelete
  7. bener banget.. apalagi penggunaan car-seat yg sering malah dianggap merepotkan..
    ya bagaimana lagi.. semoga anak-2 kita senantiasa sehat dan dilindungi oleh Allah SWT.. amiiin..

    ReplyDelete