Wednesday, February 13, 2008

[Acara TV] Nanny 911

Menurut gue, ini acara wajib ditonton oleh setiap orang tua..

Nanny 911 ditayangkan di MetroTV setiap Sabtu jam 4 sore, siaran ulangannya hari Selasa jam 10 pagi.. gue seringnya nonton yang Selasa pagi (thanks MetroTV), karena sepertinya ditayangkan hari Sabtu tuh ngga tepat, karena kebanyakan keluarga tuh jalan-jalan tiap Sabtu sore..

Nanny 911 termasuk reality show, tentang sekumpulan Nanny (pengasuh anak) berpengalaman dari Inggris (yang terkenal dengan kedisiplinannya) termasuk Head Nanny-nya konon pengasuh anak-anak keluarga kerajaan Inggris.

Selama 7 hari, mereka akan membantu keluarga Amerika yang kesulitan mengatur anak-anaknya. Acara ini sarat dipenuhi oleh tips dan trik dalam mendisiplinkan anak, termasuk misalnya anak yang selalu tidur bersama orang tuanya, anak yang rebelion (selalu membangkang), anak dengan kebiasaan-kebiasaan buruk, serta berbagai masalah yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak..

Ternyata, anak yang bermasalah tidak hanya karena sifat si anak melainkan juga karena didikan dari orang tua yang dirasa membingungkan untuk si anak. Bahkan, nanny-nanny ini juga dikasi kewenangan untuk memarahi orang tua yang dianggap melanggar peraturan yang telah ditetapkan bersama..

Walaupun baru beberapa episode, ada garis merah yang gue ambil setelah nonton acara ini:

1. Orang tua (suami/istri) harus kompak dalam mendidik anak, kalau yang satu udah bilang ngga, yang lain jangan bilang iya
2. Apabila ingin menegur anak, tatap mata anak dalam posisi yang sejajar
3. Tegur anak dengan nada halus tapi tegas
4. Ngga masalah menghukum anak apabila anak menyalahi aturan yang telah ditetapkan bersama, tapi jangan lupa memberi pujian apabila ia mematuhinya
5. Mulai umur 2 tahun, anak dapat diajarkan bersikap dewasa, apabila kita terus menganggap anak kita adalah anak kecil, maka ia pun akan bertingkah seperti anak kecil
6. Berteriak dalam mendidik anak SAMA SEKALI ngga ada gunanya!

makanya, siape bilang jadi orang tua tuh gampaaaang? susyeee booow...

2 comments:

  1. Waa... dah keduluan ngereview.
    Btw aku juga suka banget ma acara ini. Sangat mendidik. Kapan yaa kita punya acara orisinil kaya gini. Yang ada cuma tiruannya Celeb yang ditugasin ngurus anak (lupa judulnya). Tapi tetep aja ga asik karena cuma buat lucu2an aja, ga ada elmunya hehe :p.

    ReplyDelete
  2. seleb de sitter, tiap hari sabtu.. tapi ketauan seleb-nya kurang dibekali pengetahuan dasar menjaga anak..

    ReplyDelete