Thursday, February 7, 2008

Sepakbola, Ribut Mulu Deh...

Sepakbola kita... apa ada yang bener-bener peduli?

Waktu itu pernah liat di SCTV ulasan mengenai persepak bolaan kita yang semakin hari bukan menunjukkan prestasi di kancah internasional malah lebih sering bikin geger di dalam negeri..
Tapi yang gue lita kok ulasannya di TABIR KEJAHATAN yaa? berarti, udah ngga berprestasi, malah ribut mulu antar suporter.. dan tentu saja keributan menjadi kriminalitas yang menjadi salah satu pemicu kejahatan..

Kalo menurut gue sih, yang menjadi pemicu keributan antar suporter di setiap pertandingan sepakbola ada 3 komponen yang perlu diwaspadai:
1. Pemain
Keributan antar pemain bisa memicu keributan antar suporter, pemain yang ngga sportif, kasar, arogan dan nyari ribut mulu mending diskors seumur hidup ngga boleh main.. percuma ngerekrut pemain asing yang seharusnya kita tiru sportifitasnya, ehh ini malah pemain asingnya yang kadang-2 ikut-ikutan main kasar.. payah

2. Wasit
Inilah subjek utama di setiap permainan sepak bola.. wasit yang ngga adil, berlaku tidak jelas di setiap keputusan dan tidak tegas, apalagi wasit yang menguntungkan salah satu tim, jelas-jelas memicu kemarahan suporter. Wasit dilemparin botol, dicaci maki, akhirnya dikejar-kejar suporter dan ujung-ujungnya kericuhan..

3. Polisi atau Pengamanan
Yang gue perhatiin sih, di setiap pertandingan bola kalo di Inggris sono, polisi jaga ngadepnya ke penonton, nah kalo di kita nih, polisi jaganya bergerombol dan nonton pertandingan juga..! Jadi kalau ada yang menjadi pemicu keributan di antara suporter, ngga ngerti siapa yang mulai.. padahal dia ada di sana..

Pada akhirnya, keributan di manapun juga pasti mengundang anarchisme, berapa banyak mobil yang kacanya pecah, orang yang palanya bocor, belum lagi tim kesayangannya harus diskors bermain tanpa suporter.. kan siapa yang rugi? kita sendiri kaan?
Coba deh, nonton bola sambil duduk manis tanpa harus bersikap anarkis, sesama suporter bisa dijadiin satu dalam satu tribun tanpa harus ribut, daripada lempar-2an batu, mending duduk bareng sambil makan kacang lebih baik kaaannn...??

No comments:

Post a Comment